Top 100 Blog Tips

Mencari tips-tips terbaru dan mempraktekkannya sudah menjadi hobbyku semenjak mulai mengenal blog dan membuatnya, dari hobby ini aku mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga.

Tips-tips seperti ini akan banyak membantu bagi kita terutama yang masih lugu dan lucu-lucunya. Karena itulah tek pernah puas rasanya aku mengumpulkan dan mengkoleksi berbagai tips yang pernah ku dapat. Berikut ini beberapa tips yang berhasil kudapat, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan lainnya.

  1. jika belum membuat blog, buatlah segera.
  2. tulislah tentang apa yang disukai.
  3. jika mau lebih serius beli domain sendiri (suatu hari nanti)
  4. pastikan nama domain tersebut sama dengan nama blog.
  5. cari nama blog yang pendek dan mudah diingat.
  6. gunakan Wordpress (masih belajar Wordpress)
  7. gunakan Wordpress plugins
  8. ngebloglah dengan konsistent (sedang diupayakan)
  9. tulis sedikitnya 5 artikel setiap perminggu (sudah tercapai)
  10. banyak-banyak membaca.
  11. lebih banyak lagi membacanya.
  12. berinteraksi dengan blogger lain (sedang diupayakan)
  13. buat komenter yang berkualitas di blog lain (juga lagi diupayakan)
  14. buat komentar yang lucu (memang hobby).
  15. jadilah pengkomentar yang pertama (setuju banget, komentar pertama biasanya lebih berkesan)
  16. backup blog mu (belum tuh !!)
  17. buang kalender di sidebar (emang nggak pernah pasang)
  18. pilih topik dengan bijaksana, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil (yang sedang-sedang saja)
  19. ikut berpartisipasi di online forums (belum sempat)
  20. tempatkan link di signature (ini biasanya kalo buat account di forum)
  21. gunakan blog carnivals (belum tahu maksudnya)
  22. isi adalah raja (setuju buanget)
  23. customize blog template (masih coba-coba)
  24. gunakan trackbacks (baru sadar gunanya)
  25. sederhana tapi manis (buat apa rumit-rumit, bikin pusing)
  26. join social bookmarks
  27. join network blog (salah satunya mybloglog)
  28. tulis tentang “Top 10″ (baru satu)
  29. gunakan tags
  30. gunakan pings
  31. tulis tentang “How to” (kalo tutotial sama kali ya)
  32. buatlah postingan yang scannable (belum tahu maksudnya)
  33. daftarkan blog di directories
  34. ajukan pertanyaan pada pembaca (sedang diusahakan)
  35. gunakan Feedburner (belum minat ah)
  36. jadilah pelawak eh salah maksudnya gunakan rasa humor
  37. jadilah pemurah (tapi jangan murahan)
  38. tawarkan pada pembaca untuk mens-subscribe (bener nggak yah bahasanya)
  39. siapkan postingan cadangan (ini berguna sewaktu-waktu lagi kehabisan ide)
  40. tawarkan pembaca untuk men-digg postingan (kayaknya di Indonesia belum populer tuh)
  41. tempatkan icon RSS subscription di setiap halaman (some day)
  42. tulislah artikel “series” (udah tuh, mungkin nanti mau buat lagi)
  43. jawab komenter (pasti !!)
  44. link balik (tentu !!)
  45. gunakan fonts yang mudah dibaca (bener)
  46. dapatkan backlink dari .edu dan .gov (susah la yau)
  47. pecah atau bagi postingan yang panjang menjadi beberapa bagian (sama dengan seri dong)
  48. bereksperiment dengan berbagai sumber
  49. tulis artikel yang bisa dijadikan “pillar” (maksudnya ??)
  50. gunakan Google Analytics (sudah Om !!)
  51. study those numbers (apaan nih maksudnya ??)
  52. lakukan interview melalui email (belum ada terget)
  53. jadilah diri sendiri. (jangan jadi pencuri !!)
  54. berhati-hatilah pada duplicate content
  55. gunakan RSS untuk membaca dari blog lain.
  56. baca blog lain sebanyak mungkin.
  57. fokuskan pada tema yang tak terbatas waktu.
  58. tulislah halaman “About” (masih malu)
  59. tempatkan photomu di halaman “About” (belum punya)
  60. buatlah halman “Advertise Here” mu sendiri (nanti aja deh kalo udah banyak pengunjung)
  61. gunakan meta tags dengan bijaksanan.
  62. pelajari tentang dasar-dasar SEO (sedikit-sedikit sih udah)
  63. gunakan gambar pada postingan jika memungkinkan (udah juga)
  64. berikan hal yang berharga pada pembaca (apa ya ??)
  65. tempatkan iklan dengan bijaksana (masih nyoba)
  66. sabaaaaaaaar... (some time win - some time loose)
  67. pertimbangkan untuk mencari partner yang sesama blogger (ada yang mau ??)
  68. masukkan artikel dalam directories (caranya ?)
  69. berbagilah dengan yang lain, tentang hal-hal apa yang membuatmu berhasil (bagi dong !)
  70. berbagilah juga tentang kesalahan yang pernah diperbuat (banyak, ada yang mau ?)
  71. baca Problogger.net (langganan dong)
  72. jangan penuhi sidebar dengan icons (iya deh).
  73. singkirkan blogrolls yang panjaaaaaaaaaaang.
  74. bereksperiment dengan Google Adsense (ho'oh)
  75. bereksperiment dengan Text-Link-Ads (blom)
  76. link dengan blog lain sesering mungkin (ngelink yok !!)
  77. buatlah pengunjung mudah untuk menghubungi mu (hmm...)
  78. gunakan judul dengan efektif
  79. tawarkan email subscriptions (ada yang mau nggak yah ?)
  80. selalu jawab pertanyaan (yup !!)
  81. selalu menjawab komentar (tadi rasanya udah)
  82. gunakan Technorati (udah juga)
  83. gunakan subscription pada komentar (maksudnya ?)
  84. gunakan tools yang powerfull (emang hobby nyari-nyari nyang gituan)
  85. menulislah dengan sentuhan kepribadian
  86. jadilah ahli di topik yang dipilih (butuh waktu Om !!)
  87. jangan rely pada “linking posts” (mengapa ?)
  88. selalu berikan pemikiran mu sendiri
  89. gunakan warna yang simple (uh..uh)
  90. bergabung pada blogging projects (misalnya ?)
  91. coba mengenal bloggers lain secara personal (sedang diupayakan)
  92. buat daftar artikelmu yang terbaik (ada nggak ya ?)
  93. punya gaya tersendiri
  94. aturlah kategori.
  95. berbicara langsung dengan pembaca
  96. buatlah strukture URL yang effisien
  97. tempatkan link yang functional pada footer
  98. gunakan sumber lain atau artikel lain sebagai references
  99. pertimbangkan untuk menggunakan podcasts (mungkin nanti)
  100. buat daftar "Top 100 "