Blog Profits Blueprint (1)

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, bahwa aku mempunyai niat untuk menerjemahkan isi dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Dan akhirnya niat itupun terkabul, dengan bebekal kenekatan, dan kemampuan yang terbatas, aku berusaha untuk membagikan isi dari ebook tersebut kepada yang berminat. Pada artikel ini Yaro akan menjelaskan mengapa dia ngeblog, dan apa keuntungan yang didapat dari blog.

How To Make Money Blogging

Apa yang akan kamu baca ini adalah hasil dari dua setengah tahun pengalaman dalam dunia blogging, dan lebih dari tujuh tahun pengalaman dalam dunia bisnis di internet. Petunjuk-petunjuk yang akan kamu dapat dari buku ini bersifat unik, karena petunjuk ini berasal dari orang (Yaro Starak) yang tahu betul dalam hal BUSINESS dan juga blogging, dan telah benar-benar menerapkannya untuk mencari uang melalui blog.

Tanpa kemampuan dan komitmen dalam hal membangun bisnis, kebanyakan blogger tidak pernah mencapai suatu titik, dimana mereka bisa berhenti dari pekerjaannya dan menjadi seorang blogger yang professional. Saya yakin ini juga yang menjadi faktor utama mengapa kebanyakan professional blogger mengalami kegagalan.

Kebanyakan orang kurang memiliki mindset dan mental atribut yang cukup untuk membuatnya menjadi seorang professional blogger. Tanpa keseimbangan antara taktik dan strategi yang tepat, maka semua tips, trik, petunjuk-petunjuk, teknik-teknik, studi kasus atau bahkan kata-kata bijak mengenai cara membuat tulisan yang bagus sekalipun, tidak dapat membawamu kesana (menjadi professional blogger). Kamu hanya akan membenturkan kepalamu ketembok (wataw !!) atau hanya bisa diam terpaku dan mengkhayal. (asal jangan yang jorok-jorok).

Inilah yang menjadi tujuanku (Yaro Starak) melalui ebook ini (Blog Profits Blueprint) untuk membuka mata dan mengembangkan pikiran bagi setiap orang yang ingin menjadi professional blogger dan menjadikan blogging sebagai sumber pendapatan utama. Bersiaplah untuk merasa terkejut, kecewa, dan akhirnya mendapatkan tenaga baru dengan sikap yang siap bekerja keras untuk membawamu pada keuntungan melaui blogging.

How I Discovered Blogging

Aku (Yaro Starak) mulai blogging semenjak November 2004 dengan tujuan memasarkan bisnis melalui internet, hal ini disebabkan karena aku diberitahu bahwa blog adalah sarana yang bagus untuk mendapat rangking yang tinggi di search engine. Semenjak aku mempublishkan blog dan memulai perjalananku di blogosphere akhirnya aku menyadari bahwa, selain untuk mendapat rangking yang fantastik di search engine, blog juga lebih dari sekedar alat pemasaran melalui search engine.

Blogs adalah outlets untuk kreativitas, blogs bisa mempengaruhi orang. Blogs adalah sarana untuk berkomunikasi, sumber pendidikan dan hiburan. Blog sebagai sarana penghubung, menyebarkan ide-ide, pemikiran dan pendapat. Blog hampir bisa menjadi apapun yang kita inginkan, tapi berdasarkan pengalaman yang kudapat, menurutku blogging adalah cara atau gaya hidup baru.

Setiap hari aku bisa menyalurkan hobby, menghubungkan ide-ide dan yang terbaik dari semua itu adalah aku juga mendapat bayaran. Bagaimana cara ku mendapat bayaran ? aku mengkomersilkan blog. Banyak cara untuk mengkomersilkan blog, dan caraku mengkomersilkan blog saat ini berbeda dengan cara yang kugunakan beberapa tahun yang lalu, bahkan mungkin cara yang kugunakan saat ini akan berbeda dengan cara yang akan kugunakan beberapa tahun nanti.

Mengkomersilkan blog bila ingin diartikan secara sederhana adalah, mengimplementasikan metode untuk menghasilkan uang dari artikel yang dibuat.Hal terpenting adalah mencari kesempatan untuk melangkah lebih jauh, dan mendapat penghasilan dari menulis tentang hal-hal yang disukai.

Blogging as a Business, Not a Job

Blogging sebagai bisnis, bukan sebagai pekerjaan. Saat aku berkata bahwa aku mendapat bayaran dari blog, yang kumaksud adalah bukan dibayar sebagai penulis. Professional blogger bagiku berarti bukan tentang, bagaimana mencari kesempatan untuk menjadi seorang penulis lepas. Professional blogger adalah tentang membangun bisnis, asset online, dan investasi tak terbatas untuk menghasilkan uang saat ini dan masa yang akan datang.

Ebook yang kamu baca ini (Blog Profits Blueprint) adalah kunci untuk menjadi seorang professional blogger, dan menjadikan blog sebagai penghasilan utama dengan cara mengelolanya sebagai bisnis.

Blogging bagiku bukanlah pekerjaan untuk seumur hidup, dan juga tidak harus menjadi pilihan bagimu jika kamu tidak menginginkannya. Aku menghasilkan $4.000 sampai $6.000 secara konsisten perbulan melalui blog. Yang harus aku lakukan hanyalah terus menulis selama satu atau dua jam setiap hari. Itu adalah penghasilanku melalui blog, bukan dari hasil mengajarkan orang tentang cara ngeblog.

Aku tidak akan berbohong padamu, memang tidak mudah untuk mencapai ini, tapi juga tidak terlalu sulit. Ini bukanlah sesuatu yang harus kamu lakukan dengan kerja keras, tapi yang harus kamu butuhkan adalah konsisten dan yang terpenting adalah mental dan sikap yang benar untuk bisa membawamu sampai disana.

What's Next ?

Blog Profits Blueprint akan memberikan kunci-kunci dari ramuan yang berdasarkan pengalaman, pencarian dan pengujian yang dibutuhkan untuk sukses menghasilkan uang dari blog. Ada dua inti kategori dari ide yaitu Strategi dan Taktik.

Strategi berada pada posisi untuk mendidik pikiran tetang mengapa sesuatu hal terjadi. Strategi membantu memahami dan memprediksi apa yang bakal terjadi sebagai hasil dari aksi.

Taktik adalah langkah yang diambil, atau aksi untuk mencapai apa yang diinginkan. Kebanyakan taktik pada ebook ini adalah proses dan teknik yang akan kamu implementasikan, untuk menghasilkan uang baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Membangun strategi dan mengimplementasikannya dengan taktik yang benar, akan membawa pada keuntungan. Hal tersebut yang menjadi tujuanku melalui ebook ini, aku ingin memberikannya (melalui ebook ini) padamu sebagai petunjuk tahap demi tahap. Aku pernah menjalani semua itu, dan sekarang aku ingin kamu tahu bagaimana caranya, agar kamu juga bisa melangkah bersamaku untuk menikmati kebebasan hidup, mengekspresikan kreativitas, berkomunikasi dan berintraksi dengan orang lain, menikmati kestabilan dan kebebasan finansial, dan tentu saja the power of blogging (entah apa maksudnya).

Ini bukanlah hal yang rumit, ini hanyalah petunjuk sederhana yang menjelaskan apa yang pernah aku lakukan dan pelajari dalam perjalanan menjadi professional blogger. Bagiamana ? sudah siap ? Bagus !! tapi sebelum itu izinkan aku memperkenalkan diri (bersambung ke artikel berikutnya).