Tips Memilih Program Affiliasi

Saat ini semakin banyak perusahaan dan website yang menawarkan program affiliasi, ini berarti bahwa media internet semakin banyak digunakan sebagai salah satu sarana untuk memasarkan dan mengembangkan produk mereka. Dan kita bisa ikut berpartisipasi sebagai publisher yang mempromosikan produk mereka tersebut, kerjasama ini seharusnya saling menguntungkan.

Image Hosted by ImageShack.usUntuk ikut dan bergabung dengan program affiliasi saat ini sangatlah mudah, bahkan hampir semua website yang mempunyai produk dan jasa menawarkan program ini. Namun tidak tidak semua benar-benar bisa mendatangkan keuntungan bagi kita sebagai publisher. Karena itu diperlukan pengetahuan dan kehati-hatian dalam memilih program affiliasi. Jangan sampai kita hanya membuang waktu dan tenaga untuk hal yang sia-sia. Apa saja yang harus kita perhatikan sebelum mengikuti program affiliasi yang ditawarkan ?

Produk - haruslah yang bermutu tinggi dan banyak diminati atau dibutuhkan. Setidaknya kita sendiri mampu membayangkan dan memikirkan bahwa produk tersebut memang kita butuhkan. Menawarkan produk yang berkualitas rendah dan tidak dibutuhkan hanya akan meruntuhkan kredibilitas dan kepercayaan pembaca atau pengunjung terhadap kita. Karena itu berhati-hatilah dalam memilih produk yang hendak dipromosikan, pastikan bahwa produk tersebut benar-benar produk yang bermutu.

Perusaahaan - kita sebagai publisher harus mempunyai firasat yang baik terhadap perusahaan yang hendak kita promosikan produknya tersebut. Jika kita mempunyai felling bahwa ada yang tidak beres dengan perusahaan tersebut, lebih baik cari alternatif lain. Sebisa mungkin carilah informasi dari sumber yang dapat dipercaya mengenai perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. Website yang dimiliki oleh suatu perusahaan biasanya membuat halaman khusus yang memberikan keterangan tentang segala hal yang berkaitan dangan perusahaan tersebut. Halaman ini biasanya adalah halaman About US atau Contact US. Carilah dan bacalah halaman ini sebelum mengikuti program affiliasi yang ditawarkan.

Harga - semakin murah harga yang diberikan, semakin mudah pula kita untuk memasarkannya. Jangan melihat hanya berdasarkan persentase komisi yang kecil dari harga tersebut. Pikirkanlah jumlah pasar yang bisa kita jangkau dengan harga yang murah, jangan membuang waktu untuk menawarkan produk dengan harga yang sulit dijangkau oleh calon pembeli.

Komisi - sebisa mungkin carilah program affiliasi yang memberikan komisi yang besar, semakin besar komisi yang diberikan berarti semakin besar pula kesempatan kita untuk menghasilkan uang dari transaksi yang terjadi.

Alat (Tools) dan Pelatihan - perusahaan yang bagus akan memberikan pelatihan secara gratis tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari program affiliasi yang mereka tawarkan. Mereka juga menawarkan tools seperti banner untuk ditempatkan di blog atau website kita sebagai publisher, atau mereka akan menawarkan website yang bisa kita gunakan secara gratis untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka miliki.

Bantuan - kita sebagai publisher sering mengalami masalah apabila ada pengunjung atau calon pembeli yang menanyakan hal-hal yang belum kita ketahui mengenai produk yang dipromosikan. Untuk itulah bantuan atau support dari perusahaan tempat kita bergabung sebagai publisher harus bisa memberikan bantuan seperti ini. Perusahaan tersebut harus mudah untuk kita hubungi dan kita mintai bantuannya, baik secara online (email misalnya) ataupun melalui offline (telepon).

Harus membeli - kita seharusnya tidak harus membeli sesuatu dahulu untuk bisa bergabung dalam program affiliasi. Namun jangan salah mengenai ini, memang sebaiknya sebelum mempromosikan suatu produk kitalah yang lebih dahulu membeli dan mencoba produk tersebut. Namun hal ini seharusnya tidak menjadi paksaan, perusahaan yang bagus seharusnya lebih menekankan pada pelatihan dan pemahaman kepada kita mengenai produk tersebut. Maka dengan sendirinya kita akan membeli setelah kita tahu, yakin dan percaya bahwa produk tersebut memang bagus.

Transparan - jangan membuang waktu dengan perusahaan dan program affiliasi yang tidak menyediakan tools atau laporan yang memberikan data pendapatan dan penjualan yang telah kita lakukan secara transparan. Laporan pendapatan ini haruslah bisa kita akses kapanpun, sehingga kita bisa tahu perkembangan.

Proteksi - perusahaan atau program affiliasi yang baik akan melakukan hal terbaik untuk melindungi pendapatan kita sebagai publisher. Mereka akan memastikan bahwa kita akan mendapatkan kredit atau komisi dari penjualan yang kita hasilkan. Contohnya begini: setelah mendaftar dan bergabung dalam suatu program affiliasi biasanya kita akan mendapat URL khusus, URL ini yang kita gunakan untuk mengarahkan atau mengirimkan pengunjung ke situs perusahaan yang kita promosikan. Dan perusahaan tersebut akan mencatat bahwa pengunjung tersebut berasal dari kita.

Contoh kasus: website yang kita promosikan adalah www.abc.com dan kode affiliasi kita adalah 123 maka kode URL kita adalah www.abc.com/123 orang atau calon pembeli akan melihat ini, dan menganggap bahwa kita adalah orang ketiga yang mencari dan akan mendapat keuntungan. Pada awalnya mungkin mereka akan menggunakan URL yang kita berikan, dan mereka mengunjung website yang kita promosikan. Namun mereka tidak melakukan pembelian, dan beberapa hari kemudian mereka mengunjungi lagi website tersebut untuk melakukan pembelian namun tidak menyertakan kode affiliasi kita.

Perusahaan atau program affiliasi yang baik akan melindungi kita dari praktik pencurian semacam ini, mereka mempunyai system yang akan mencatat dan mengenali IP address dari pengunjung yang berasal dari kita. Sekalipun pengunjung tersebut baru berkunjung lagi setelah beberapa hari, minggu atau bulan. Program affiliasi yang bagus biasanya akan memberikan perlindungan hingga mencapai waktu antara 3-6 bulan dari saat pertama calon pembeli berkunjung.

Pembayaran - pada akhirnya kita ingin mendapatkan bayaran dari usaha yang telah kita lakukan. Bermacam cara yang ditawarkan oleh program affiliasi untuk melakukan pembayaran, baik berupa check, transfer antar bank, dan lain-lain. Dan bisanya pembayaran akan dilakukan setelah pendapatan kita mencapai batas minimun yang telah ditentukan. Proses pencairan dana ini biasanya juga membutuhkan dana kompensasi. yaitu dana yang dikeluarkan untuk membayar jasa dari perusahaan atau bank tempat transaksi terjadi.

Pastikan untuk mencari informasi dan memahami mengenai pencairan ini, dan pastikan bahwa program affiliasi tersebut memberikan kejelasan mengenai hal ini sebelum kita memutuskan untuk bergabung dengan suatu program affiliasi.

Beberapa point ini sepatutnya kita jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk bergabung dengan suatu program affiliasi, jangan sampai waktu dan tenaga terbuang percuma karena mengikuti program affiliasi dari perusahaan atau website yang tidak jelas asal-usulnya. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai program yang kita ikuti dari blog atau sumber-sumber lain. Nah ..!! selamat berjuang, semoga berhasil.