PREsell .. Bagaimana Caranya

Master Affiliasi

Strategi dan taktik mu sebagai affiliasi secara langsung akan memberikan effek pada conversion rate. Bagian ini akan berhubungan dengan bagaimana cara melakukan PREsell secara efektif.

Mari kita lihat pada contoh mengapa affiliasi yang mendapat conversion rate rendah menciptakan mindet negatif, kita akan melihat dari bagaimana cara mereka menjangkau pengunjung, apa yang dikatakan, dan bagaimana mengirimkannya.

1) Bagaimana cara mu menjangkau pengunjung.

FAAs atau Free-For-All Sites adalah contoh yang bagus tetang bagaimana cara untuk tidak menjangkau pengunjung. Pada sebagian besar kasus, FAAs membuat mu menjadi tidak menyenangkan dan tidak berguna, tidak perduli apapun yang kamu katakan, kamu sudah salah dari awal.

Aku sudah meminta kepada semua affiliasi dari 5 Pillar mengenai kisah sukses FAA beberapa waktu yang lalu .. bukan hanya satu kisah sukses! Bandingkan cara ini dengan betapa pintar dan terbukanya pikiran pengunjung mu saat dia menemukan mu melalui search engine.

2) Apa yang kamu katakan kepada pengunjung.

Jangan membuat sebuah situs yang murni didedikasikan untuk upaya keras menjual produk dari merchant mu. Bayangkan seorang pengunjung yang datang ke situs mu dan langsung membaca sebuah sales pitch. Pengunjung ini akan berusaha bertahan, karena dia tidak mengenal mu.

Kemudian, jika dia mengklik ke situs merchant mu, yang akan dia dapatkan lagi adalah sales pitch di situs SiteSell.com. ==> Negative x 2!

Dengan kata lain ... Jangan pernah mendedikasikan situs mu hanya untuk satu produk dari satu perusahaan saja.

Tidak perduli apapun yang kamu lakukan, tidak perduli betapapun jujurnya kamu, pendekatan seperti ini selalu berakhir dengan "berbau" sales pitch. Itu secara langsung akan menghilangkan kesan bahwa kamu orang yang jujur, bahwa kamu benar-benar menyukai produk tersebut.

Pengunjung mu akan salah menanggapinya, dan menganggap dedikasi mu hanyalah untuk menjual. Ingat! Dia tidak mengenal mu. Akan jauh lebih baik jika kamu membangun konsep yang berhubungan dengan produk dari perusahaan tersebut dan produk dari perusahaan lain yang sejenis.

Dengan membangun content yang berhubungan berarti kamu melakukan PREsell. Dan kemudian mendapat klik melalui "in-context" text link.

3) Bagaimana cara mu mengirimkan pengunjung ke merchant

Banner adalah contoh terbaik tentang bagaimana cara untuk tidak mengirimkan pengunjung ke situs merchant mu (kecuali jika kamu merasa tidak terlalu bersemangat untuk mempromosikan produk tersebut. Banner hanyalah sebuah iklan, dan kamu tidak ingin menempatkan dirimu disitu).

Secara singkat dan sederhananya .. orang akan merasa “pitched” saat mereka mengklik pada banner. Dan orang yang merasa “pitched” akan sulit untuk disuruh membeli. Sekarang, untuk langkah yang paling kritis ..

Coba kamu review situs mu atau apapun yang orang lain maksudkan sebagai cara yang kamu gunakan untuk menjangkau, berbicara, dan mengirimkan pengunjung ke merchant. Tempatkan dirimu pada posisi konsumen mu.

Apa yang akan dia pikirkan, bagaimana perasaannya, pada ketiga langkah yang kamu lakukan diatas? Jika kamu melakukan semuanya dengan benar, selamat Bung! Seharusnya conversion rate mu tinggi. Tapi jika kamu tidak, atau jika kamu melihat beberapa kesalahan besar dalam membentuk mindset pengunjung.

Maka coba perhitungkan berapa besar CR mu nantinya, jika seorang pengunjung menemukan mu sebagai orang yang bonafide (menemukanmu melalui search engine), kemudian dia menjadi teman mu (atau memujamu jika kamu melakukan pekerjaan yang benar-benar hebat) karena kamu memberikan content yang exelent, dan akhirnya mengarahkannya dalam kontex sebagai rekomendasi.

Kesimpulannya?

Sebelum kamu melakukan sesuatu. Maka selalu pertimbangkan bagaimana aksi-aksi ini akan memberikan effek kepada mindset dari pengunjung mu ...

  1. Bagaimana kamu menjangkau pengunjung?
  2. Apa yang kamu katakan kepadanya?
  3. Bagaimana kamu mengirimkanya?

Masuk ke kepala pengunjung mu. Selami bagaimana perasaannya pada setiap langkah yang kamu lakukan. Apapun yang akan kamu lakukan, pertimbangkan dampaknya bagi pengunjung mu. Jika tidak bisa membuatnya menjadi lebih terbuka untuk membeli, don’t do it! forget it!

PREselling sebenarnya adalah tentang bagaimana menjual dirimu kepada konsumen, dalam setiap langkah yang kamu lakukan. Kau menjangkau target yang tepat dengan metode yang akurat, berikan hal yang bermanfaat, dan pada waktu yang tepat berikan editorial content, rekomendasikan dia ke situs merchant mu setelah dia bisa menghormati dan menyukai mu. Maka CR mu akan meningkat pesat, hebat!

Mengapa PREselling bisa bekerja dengan begitu baik? Karena sebenarnya penjualan yang dilakukan melalui program affiliasi melalui dua proses. Proses ini dibutuhkan untuk mengirimkan “Most Wanted Responses,” (MWR) kepada mu dan merchant mu.

Nah, sebagai affiliasi, apa MWR mu? Nop .. bukan, bukan itu, bukan untuk menghasilkan penjualan. Itu adalah langkah kedua, dan MWR dari merchant mu. MWR mu adalah mendapatkan klik (ke situs merchant) dari pengunjung dengan mindset terbuka untuk membeli.

Biarkan situs merchant melakukan tugasnya dan menghasilkan penjualan. Aku jadi teringat saat aku sering berkata pada pithcer baseball favorite ku, Joel Leonoff .. “Joel... you don't have to strike 'em all out. You’ve got a great team behind you. Let them do their job.”

Begitu juga dengan merchant mu .. Biarkan mereka melakukan tugasnya. Lakukan saja tugas mu dengan baik. "Top 100" 5 Pillar Affiliasi kami semuanya memberikan content yang bermanfaat. Mereka hanya melakukan PREsell. Dan menyerahkan selebihnya pada team mereka, yaitu kami di SiteSell.com untuk menghasilkan penjualan.

Ada dua langkah proses yang perlu dilakukan untuk bisa menjual ..

  1. Kamu melakukan PREsell untuk membentuk midset "terbuka untuk membeli" dan klik ke situs merchant mu.
  2. Merchant mu menghasilkan penjualan

So, apapun yang kamu akan lakukan, bagaimanapun cara mu melakukannya, semua itu harusnya bisa menarik pengunjung mu selangkah lebih dekat untuk mengirimkan MWR mu .. yaitu mindset "terbuka untuk membeli."

Mungkin kamu bertanya. "Ken, jika aku menyerahkan sepenuhnya pada situs merchant untuk menghasilkan penjualan. Aku masih belum bisa melihat bagaimana hal itu bisa mempengaruhi conversion rate ku. Bukankah akan lebih baik jika aku menjualnya langsung melalui situs ku sendiri?"

Pertama, mari lihat situasi yang kami alami secara langsung, yaitu dengan cara menggunakan Make Your Site SELL! 2002 (MYSS! 2002) sebagai contoh.

Katakanlah bahwa kamu mempunyai situs dengan traffik yang besar, situs yang berisi semua hal tentang web marketing, dan mempunyai banyak content yang bermutu tentang marketing dan cara menjual di internet. Jika kamu menulis sebuah review yang bagus berjudul "“The BIBLE of selling on the Net,” Make Your Site SELL! 2002 ...

Itu berarti kamu tidak sedang melakukan selling, kamu melakukan PREselling. Lagi pula, situs mu dengan content yang berkualitas itu sendiri sebenarnya sudah melakukan PREselling kepada pengunjung mu.

Sedangkan review mu itu sendiri harus kamu buat dengan jujur dan merefleksikan perasaan mu tentang MYSS! 2002, kamu menulis itu dengan tujuan untuk memberikan keuntungan kepada pembacamu yang memang membutuhkannya. Jika kamu melakukan ini dengan benar, CR mu akan membengkak.

Tapi jika kamu menulis hanya dengan tujuan untuk mendapatkan SELL maka saat pengunjung membaca review mu dan terkesan seperti “hard-sell sales pitch,” dengan cepat kamu akan kehilangan kredibilitas dari audience mu. However ..

Katakanlah bahwa kamu tidak mempunyai mega-content, tidak memiliki situs dengan traffik yang super tinggi dan e-zine seperti e-zine nya Allan Gardyne atau Ralph Wilson Stature. Tapi kamu benar-benar sangat menyukai produk dari SiteSell. Dan alasan itu yang menyebabkan mengapa kamu begitu bangga bisa mewakili SiteSell.

Lagi pula, kamu memang tidak pernah berniat hanya ingin memaksakan suatu produk kepada orang lain, suatu produk yang tidak kamu percayai benar-benar bisa memberikan manfaat.

Maka kamu memutuskan untuk membuat situs yang meneriakkan tentang MYSS! 2002 dan semua produk Sitesell lainnya. Kamu jujur dalam setiap kata yang kamu gunakan. Dan kamu merasa bangga dengan situs mu itu, kamu tahu bahwa dengan melakukan hal itu sebenarnya kamu sedang membantu pengunjung yaitu dengan cara memberitahukan kepada mereka mengenai produk dari SiteSell.

Whoooaaa! Mari kita pindahkan fokus dari dirimu sejenak. Mari kita pindahkan fokus ke midset pengunjung mu. Seperti yang sudah aku katakan diatas, bahwa ..

Coba masuk ke kepala pengunjung mu. Selami bagaimana perasaannya pada setiap langkah yang kamu lakukan. Apapun yang akan kamu lakukan, pertimbangkan dampaknya bagi pengunjung mu. Jika tidak bisa membuatnya menjadi lebih terbuka untuk membeli, don’t do it.

So saat kamu melihat situs mu, mungkin kamu melihat sebuah situs yang jujur dan mencoba untuk berbagi manfaat yang diberikan oleh MYSS! 2002 kepada pengunjung mu. Tapi ingat! Pengunjung mu tidak mengenal mu atau mengetahui apa motivasi mu sebenarnya.

Dan sangat mungkin yang tampak olehnya adalah upaya untuk menjual. Apalagi dengan tidak adanya content lain, itu akan membuat sangat sulit bagi "orang luar" untuk melihatnya dari arah yang berbeda.

Tidak perduli apa yang kamu lihat dari situs mu. Jika pengunjung hanya bisa melihat sebagai upaya untuk menjual, itu berarti kamu sedang melakukan SELLING, bukan PREselling. Itu artinya dua proses diatas sekarang menjadi SELL-SELL.

Redundancy = Turned OFF customer = LOW CR.

Tapi jika kamu membuat content yang bagus dan mengarah ke klik, kamu akan tampak seperti teman yang sedang membuat rekomendasi dan bukan seorang asing yang sedang membuat sales pitch. Dan jika kamu membuat situs yang benar-benar exelent, kamu akan tampak seperti seorang ahli terpercaya yang sedang berusaha membantu orang lain.

Recommendation = Turned ON customer = HIGH CR.

Dengan kata lain, jangan memaksa pengunjung mu untuk mengklik, buatlah agar dia sendiri yang ingin mengklik. Itu akan membuat perbedaan jika pengunjung mu merasa bahwa memang idenya sendiri untuk mengirimkan MWR mu (mindset terbuka untuk membeli).

Pertanyaan lain?

"Tapi bisakah kamu .. Ken .. memberikan contoh kongkret tentang bagaimana cara menggunakan content untuk melakukan PREsell?" OK, kongkret yang akan kamu dapat. Mari kita kembali ke contoh diatas. Jadi kamu sangat suka dengan MYSS! 2002 dan memutuskan ingin membuat sebuah situs tentang Net Marketing.

Whoah! Ini rekomendasiku .. Jangan membuat situs Web marketing lagi. Sudah ada jutaan situs dengan tema ini. Seandainya aku yang mempunyai ide untuk menjual MYSS! 2002 saat ini, maka aku tidak akan melakukannya. Sudah sangat terlalu banyak sekali yang melakukan hal seperti itu. Dan saat ini hampir mustahil rasanya untuk bisa bertahan dan bersaing jika kamu membuat situs dengan tema itu.

However...

Jika kamu bisa menemukan sebuah cara yang unik untuk mempresentasikan mengenai Web Marketing, suatu cara yang tidak pernah dilakukan oleh orang lain dan kamu pikir akan memberikan manfaat dan orisinil, maka lakukanlah. Bahkan sekalipun nantinya, seperti yang aku contohkan diatas, situs itu tidak didedikasikan hanya untuk menjual produk dari SiteSell.com saja.

Buatlah variasi. Misalnya, jika kamu suatu saat nanti ingin membuat tulisan tentang bagaimana cara menulis sales copy yang benar-benar meyakinkan di internet, maka selesaikan artikel itu dengan 3 text link dari 3 buku favoritmu yang juga tentang copy writing.

Sebagai contoh, seiring dengan banyaknya masukan yang aku terima setiap hari, membuat Make Your Words Sell! melesat jauh ke depan pada posisi pertama. Sama seperti Tiger Woods jika dalam dunia golf.

Tapi aku tetap mengikutkan posisi ke 2 dan 3 dalam rekomendasiku. Mengapa? Pertama, hal itu akan memberikan content extra. Kedua, itu akan menambahkan extra kredibilitas pada pilihan pertama (ahem!). Dan ketiga, itu akan memberikan ku tiga kemungkinan link yang akan diklik oleh pengunjung.

Selain itu, sebaiknya sertakan juga buku favorite mu tentang menulis "offline" copy dalam artikel mu itu, yang biasanya juga dari program affiliasi yang kamu ikuti. Dengan begini, berarti ini adalah sebuah situasi WIN-WIN-WIN, dimana kamu, pengunjung mu, dan merchant semuanya jadi pemenang.

Sekarang, coba pikirkan tentang hal ini ..

Mengapa aku merekomendasikan bahwa kamu jangan membuat situs "another Web marketing,” dan jangan mendidedikasikan situs mu hanya untuk menjual produk dari SiteSell? Itu karena aku tahu, jika kamu melakukannya maka kamu hanya akan membuang waktu.

Dua langkah SELL-SELL tidak akan berhasil. Untuk beberapa saat mungkin bisa. Dan mungkin kamu akan menghasilkan beberapa penjualan. Tapi kamu tidak akan menghasilkan uang yang cukup untuk membuat mu tetap termotivasi membangun bisnis mu.

Dan aku lebih suka memberikan mu cara yang lebih powerful, pendekatan yang lebih baik, dan mendapatkan hanya sedikit bagian dari kesuksesan dan perhatian mu. Mau bukti? Semua affiliasi kami yang paling sukses memberikan hanya sedikit perhatiannya pada SiteSell.com.

Sebagai contoh, mari kita lihat situs dari affiliate guru Allan Gardyne,associateprograms.com. Kamu lihat kan, kamu tahu, Allan menghasilkan ribuan dollar dari kamu setiap bulannya, tapi dia hanya memberikan bagian yang kecil dari situsnya untuk produk-produk dari SiteSell.com.

Kesimpulannya? Jika kamu ingin membuat dan membangun situs yang berhubungan dengan Net Marketing, pikirkan dulu baik-baik. Cari konsep baru, atau teknik yang unik, atau trend baru yang kamu pikir akan menjadi hal yang penting, dan jadilah orang yang pertama melakukannya. Jangan hanya menjadi “me too.”

Dimana kamu bisa mencari konsep yang bagus untuk situs mu? Di dalam dirimu! Karena kamu tahu hal-hal yang orang lain tidak ketahui .. hal-hal yang orang mau membayar mu untuk mengetahuinya. Kamu mungkin mempelajari hal-hal itu dari pekerjaan atau dari hobby.

Ada kesempatan yang bagus yang mungkin belum kamu sadari, dari hal-hal yang sudah kamu ketahui. Semua itu berada tepat di depan hidung mu. Seperti yang kamu lihat, semua orang adalah ahli dalam suatu hal.

Semua ini adalah tentang bagaimana membuat sebuah situs yang berdasarkan tema (Theme-Based Content Site). Apa tema mu? .. Misalnya kamu menyukai hal-hal yang konkret (concrete). Yup, semen. Dan semen sudah menjadi hobby mu, hasrat mu, selama bertahun-tahun..

Maka tulislah tentang .. Concrete statues. Concrete painting. Decorative concrete. Concrete in the garden. Repairing concrete. The various types of concrete. Hand trowels. Juga hal-hal yang bisa dilakukan dengan blokc sement. Concrete trade shows. Concrete and swimming pools. Concrete molds. Cleaning concrete. Ready mixed concrete. Concrete countertops.

Anyway, katakanlah bahwa kamu memutuskan untuk membuat sebuah situs yang berisi semua hal tentang concrete. Home page mu akan menjelaskan bahwa situs mu berisi semua hal tentang concrete, mulai dari struktural sampai estetika.

Kamu juga akan membuat content yang bermutu dan fokus pada keyword. Sebagai contoh, halaman mu tentang concrete statues menjelaskan semua hal tentang bagaimana cara membuat statues yang bagus untuk rumah dan kebun.

Kamu bahkan bisa mengembangkannya ke dalam beberapa subtopik lagi, misalnya tentang bagaimana cara memasarkan dan menjual statues.

Yang akan kamu buat adalah content yang sebenarnya, bermanfaat, content yang bisa memberikan apa yang pengunjung mu cari melalui search engine. Dan kamu juga mengarahkan pengunjung menggunakan "in-context" text link dalam content tersebut yang merujuk ke ..

  • Buku-buku tentang topik yang sedang dibahas.
  • Suplier-suplier untuk concrete molds, trowels, dll.
  • Concrete supplier!

Sudah terbayang apa yang akan terjadi? Dengan menulis tentang topik yang kamu ketahui dan cintai maka itu akan membuat pekerjaan mu menjadi lebih mudah. Nanti aku juga akan menunjukkan kepada mu bagaimana cara menuliskannya agar mendapat skore yang tinggi di search engine.

Dengan memberikan content yang bagus, itu berarti kamu sudah melakukan PREsell kepada pengunjung, dan akan meningkatkan clicktrough (traffik ke merchant) dan juga conversion rate mu (sales). Dan dengan membuat variasi dari beberapa program affiliasi yang berhubungan dan merchant yang bagus, itu akan membangun income mu dari berbagai sumber hanya dengan menggunakan satu situs.

Begitulah cara yang seharusnya. Tolong dicatat .. Aku lebih suka hanya mendapatkan bagian yang kecil dari situs mu misalnya seperti ini ... mungkin berupa tombol link bertuliskan “Powered by SiteSell.com” atau mungkin sebuah halaman tentang “How You Built This Page.” Jika kamu bisa menemukan cara untuk menempatkannya di situs mu, maka lakukanlah!

OK, sekarang kita sudah bisa menyimpulkan bagian ini kedalam beberapa point. Bagian ini akan aku beri judul ... “Jalan Untuk Menjadi Seorang Master Affiliasi"

Semakin sering aku meneliti affiliiasi yang bergabung dengan 5 Pillar, semakin banyak teknik PREselling yang aku temukan. Tapi, apapun yang mereka lakukan, mereka semua pada akhirnya akan melakukan hal yang sama .. yaitu "Mengirimkan pengunjung ke merchantnya dengan mindset terbuka untuk membeli."

Apa kuncinya? PREselling. Bukan selling. Kamu harus tahu bagaimana cara melakukan PREselling! Tujuan dasar dari kursus affiliasi ini adalah memberikan pendekatan yang paling produktif bagi affiliasi untuk mendapatkan income. Kursus ini akan menunjukkan kepada mu bagaimana cara melakukan PREsell, yaitu jalan mu untuk mencapai CR 5-10%. Dan pada saat yang sama, memaksimalkan traffik ke situs merchant mu.

Dan aku rasa ini telah membawa kita pada kesimpulan .. Jika kamu membangun traffik yang tinggi ke situs mu .. dan jika situs mu mendapat click-through rate (CTR) yang tinggi ke merchant yang kamu wakili .. dan jika kamu bisa mengkonversinya menjadi penjualan dengan persentase yang tinggi ..Bukankah itu merupakan jalan untuk menjadi juara affiliasi dengan penghasilan yang tinggi?

Mari kita simpulkan semua point mengenai PREselling melalui pertanyaan ini .. Mana yang akan kamu respon .. Seorang asing dengan sebuah Sales Pitch? Atau .. seorang teman yang banyak pengetahuan dengan rekomendasinya?

Sebelum melanjutkan pada hari ke 2, please .. selesaikan tugas hari pertama mu, dan buat catatan dari tujuan yang ingin dicapai. Dan dengan tujuan itu, maka pada pelajaran hari ke 2 .. Kamu akan mengetahui mana yang lebih baik .. Membuat rencana .. atau memperbaiki kesalahan? Mudah bukan? Bersiaplah untuk menang!

“By failing to prepare, you are preparing to fail.” - Benjamin Franklin (1706-1790).

Bagian perencanaan adalah bagian yang terpenting dari seluruh bisnis affiliasi mu. Yep, beberapa diantara kamu bahkan mungkin belum memulainya. Aku tahu kamu benar-benar ingin segera melakukannya. Tapi kamu terpaksa menundanya untuk melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu .

Tapi saat kamu sudah menyelesaikan persiapan ini, jalan mu akan segera terbentang. Tidak ada lagi yang harus diperbaiki saat kamu sudah memulainya. The few hours or so that you spend here, in preparation, will determine exactly how big your success will be.

Sebagian besar orang gagal dalam bisnis apapun yang mereka geluti karena mereka tidak membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu. Itu benar tiga kali (bukan sekali) bagi yang ingin berbisnis di internet dan benar lima kali untuk apapun yang akan kamu lakukan.

Mengapa? Jika kamu ingin berbisnis di internet, tapi kamu memilih konsep yang salah, mengembangkan topik yang salah, memilih program affiliasi yang salah. Sudah pasti kamu akan mendapat hasil yang salah.

Kembali ke masalah persiapan. Kamu sudah memulai perjalanan dari arah yang benar saat kamu sudah menyelesaikan persiapan awal. Yaitu memahami PREselling dan effeknya bagi conversion rate (hari ke 1). Langkah ini adalah pondasi untuk semua aksi berikutnya. Ada tiga persiapan lagi yang harus dilakukan, yaitu:

• Mencari ide untuk konsep situs mu

Cari ide yang mempunyai potensi tinggi. Temukan konsep terbaik untuk situs mu. Lalu sempitkan konsep tersebut untuk mendapatkan satu konsep yang paling berpotensi. Ingat, itu membutuhkan waktu. Membangun bisnis yang berpotensi besar atau membangun bisnis dengan potensi yang kecil membutuhkan waktu yang sama. So, investasikan waktu mu untuk memaksimalkan hasilnya nanti.

• Mengembangkan topik yang memiliki kemungkinan tertinggi untuk mendatangkan profit

Kembangkan ratusan keyword pada topik yang menjadi fokus konsep mu, kemudian sempitkan lagi untuk memilih yang paling tinggi kemungkinannya untuk mendatangkan profit. Tenang, ini akan kita pecahkan saat aku mengenalkan pada mu beberapa sarana yang ada di internet yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya.

• Kembangkan, Sisihkan dan Kelompokkan Program-program Affiliasi Terbaik

Saat inilah dimana semua kesenangan dimulai. Dengan berdasarkan konsep dan topik yang sudah kamu kembangkan, kamu akan memilih program-program affiliasi yang membuat mu tertarik dan cocok dengan konsep mu.

Jangan terburu-buru dalam melakukan langkah-langkah dalam tahap persiapan ini. Langkah-langkah ini memang mudah, kamu mungkin akan tergoda untuk segera menyelesaikannya. Tapi jangan! Sekalipun kamu anggap langkah-langkah ini tidak sulit, sebenarnya langkah-langkah ini memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

Semua ini adalah proses. Gunakan waktu sebanyak yang kamu butuhkan dalam setiap langkah. Tidak ada yang memaksa mu untuk segera menyelesaikannya. Perencanaan yang matang dan perhitungan yang tepat akan memuluskan jalan mu.