Peluang Bisnis Affiliasi dari SiteSell

Aaah.. akhirnya selesai juga catatan ku mengenai ecourse Affiliate Master, yang berisi semua hal tentang cara membangun bisnis affiliasi. Mudah-mudahan catatan-catatan itu bisa berguna nanti. Mungkin aku belum bisa menerapkan semuanya saat ini, karena kendala permodalan. Tapi siapa tahu, suatu hari nanti aku mempunyai kesempatan untuk mempraktekkannya.

Mengapa aku repot-repot mencatatnya diblog ini? Ada banyak alasan mengapa aku melakukan itu.

  1. Karena aku mudah lupa, dan terkadang agak sulit memahami apa yang aku baca. Terutama bila yang aku baca tersebut menggunakan bahasa yang tidak aku kuasai. Dengan menuliskan dan mengartikannya sebisaku, ingatan dan pemahaman ku menjadi relatif bertambah.
  2. Lumayan buat tambahan content blog ini. Terus terang aku masih kesulitan untuk mencari bahan tulisan di blog ini. Daripada aku menulis yang tidak ada gunanya, maka kupikir lebih baik menulis yang ada gunanya, buat aku sendiri, syukur-syukur jika bisa berguna juga untuk orang lain.
  3. Aku ingin berlatih menulis. Sebagai pemula, aku belum banyak pengalaman, terlebih pengetahuan dalam hal tulis menulis.
  4. Melatih disiplin. Aku merasa menjadi sedikit terikat saat memutuskan untuk mencatat semua yang ada di ebook tersebut. Walau sering merasa malas. Tapi sedikit membantu untuk memacu dan memberi motivasiku.

Anyway, walaupun sudah bergabung kedalam 5 Pillar Club, dan membaca ecourse Master Affiliate, aku sebenarnya masih bingung dan tidak tahu apa yang dijual oleh SiteSell.com sebenarnya. Apa produk mereka? Atau jasa yang mereka berikan? Dengan rasa penasaran akhirnya aku obok-obok isi SiteSell.com. Aku jadi penasaran.

Baca sana, baca sini, banyak kali yang yang harus dibaca. Sampai pusing aku, harus mulai dari mana, dan apa hubungan satu dengan yang lainnya. Setelah merasa pusing, mual-mual, perut kembung dan muntah-muntah, akhirnya aku meninggalkan situs SiteSell dengan perasaan hampa.

However, ke esokan harinya aku iseng coba-coba ke SiteSell lagi, siapa tahu kali ini aku mendapat sedikit kejelasan mengenai apa yang dijual SiteSell sesungguhnya. Kejelasan itu aku dapat setelah aku coba-coba, iseng-iseng, ngalor-ngidul di forumnya SiteSell. Forum ini memang disediakan bagi anggota 5 Pillar Club.

Setelah membaca beberapa postingan dari anggota, akhirnya aku mendapat sedikit pentunjuk. So, apa yang sudah aku dapatkan sejauh ini. Hm.. belum banyak sebenarnya. Tapi biarlah aku catat saja yang sudah aku mengerti sejauh ini. Mungkin nanti aku akan mendapatkan lebih banyak informasi dan mengupdate catatan ini.

Jadi apa SBI itu sebenarnya? Dan apa yang dijualnya?

SBI atau Site Build It! adalah perusahaan yang memberikan jasa untuk membangun bisnis online. SBI memberikan bantuan kepada siapapun yang ingin membangun income melalui bisnis di internet. SBI adalah untuk siapa saja. Siapapun yang ingin serius membangun online bisnis. Baik orang-orang yang teknis ataupun orang yang sama sekali awam dengan hal-hal teknis.

Bagaimana cara kerja SBI? Dan jasa apa yang diberikannya? Seperti yang sudah kita baca pada ecourse Master Affiliate. SBI memberikan semua sarana yang dibutuhkan untuk membangun online bisnis. Mulai dari mencari ide untuk menemukan konsep, melakukan riset untuk mengembangkan konsep, melakukan riset melihat prospek dari konsep tersebut.

Melakukan riset untuk mengembangkan konsep yang sudah dipilih, hingga mencapai level yang bisa mendatangkan profit. Membuat situs. Membangun traffik. SBI menyediakan semua tools yang dibutuhkan untuk melakukan itu. Dengan menggunakan jasa yang diberikan SBI, itu berarti jalan untuk sukses dalam membangun online bisnis sudah dalam genggaman.

Tapi mengapa harus menggunakan SBI? Bukankah kita bisa melakukan semuanya sendiri? Misalnya mencari konsep, mencari keyword, membuat situs, dan membangun traffik? Betul, 100% betul. Kita bisa melakukan semua itu sendiri, kenapa harus mahal-mahal membayar orang-orang SBI.

SBI mungkin bukan untuk orang-orang yang sudah sangat ahli dalam bisnis internet. SBI mungkin bukan untuk orang-orang yang sudah berpengalaman dan piawai dalam bidang internet marketing. SBI mungkin bukan untuk orang yang sudah karatan dengan hal-hal teknis yang berhubungan dengan HTML, FTP, JavaScript, PHP dan tetek bengek lainnya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah situs yang bisa menghasilkan income. Singkatnya, SBI mungkin bukan untuk Internet Markerting Expert.

Tapi coba kita pikir. Contohnya aku. Aku tidak tahu apa-apa mengenai internet marketing. Tidak tahu mengenai teknik-teknik membuat situs. Apalagi tentang cara membangun traffik. Singkat, zero. Tapi aku mempunyai keinginan untuk membangun bisnis di internet. Bagaimana aku bisa membangun bisnis online ku?

Jika aku ingin melakukannya sendiri, itu berarti aku harus mempelajari semua hal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis di internet. Mulai dari mencari konsep, keyword, situs, program affiliasi, dan traffik. Mungkin jika otakku cukup brrilian, atau mungkin jika aku adalah orang yang sangat beruntung, aku bisa membangun online bisnis ku hanya dalam tempo 2-3 tahun. Dan tidak terlalu banyak kesalahan yang aku perbuat. Hingga tidak terlalu banyak uang dan waktu yang terbuang.

Tapi bagaimana sendainya kemampuan otakku biasa-biasa saja, keberuntungan ku juga lumayan jarang kudapat. Tapi aku punya keinginan yang sangat kuat untuk meencoba keberuntungan ku di dunia bisnis internet. Hal ini tentu membuat aku jadi berpikir, berapa lama waktu yang aku butuhkan? Berapa uang yang harus aku keluarkan? Dan apa resiko terburuk yang mungkin aku dapatkan?

Disitulah kegunaan dari SBI. Dengan menggunakan jasa SBI, berarti ada orang-orang yang ahli, dan bekerja dibelakang layar. Pemilik produk dari SBI, tidak perlu dipusingkan dengan hal-hal yang berbau teknis. Pemilik SBI hanya tinggal memikirkan bagaimana cara membuat content yang bagus. Bagaimana membuat content yang bisa memberikan hal yang berharga kepada pembacanya. Hingga bisa mendapat klik, yang akan memberikan income kepadanya.

So, singkatnya. SBI memberikan peluang yang besar bagi orang-orang yang masih awam maupun yang ahli mengenai internet bisnis untuk membangun bisnisnya sendiri. Dengan menggunakan jasa yang diberikan oleh SBI, maka bisa meminimalkan kesalahan, dan pemborosan, baik dalam hal penggunaan waktu, tenaga dan biaya. Hal ini tentunya hanya berlaku untuk mereka yang sudah mempunyai modal finansial cukup kuat, dan sayangnya aku bukan termasuk salah satu dari orang-orang yang beruntung itu.

Yup, ini pemahaman yang aku dapat mengenai SBI sejauh ini. Jadi aku sudah sedikit tahu apa dan untuk siapa SBI, aku tinggal mencari cara untuk mempromosikannya. Siapa targer pasar dari produk SBI? Yaitu orang-orang yang ingin atau sudah mempunyai bisnis. Bisnis apa saja?

Didalam SiteSell Promo Center, aku melihat ada beberapa bisnis spesifik yang menjadi target dari SBI. Siapa saja mereka?

  • The SBI! Small Business Locator - Orang-orang yang mempunyai atau sedang mencari bisnis skala kecil.
  • Store Build It! - Pemilik atau bagi yang ingin membuat dan memiliki toko online.
  • Travel Means Business - Pemilik bisnis travel.
  • InfoPublishing, For The Aspiring Infopreneur - Orang-orang yang ingin membangun bisnis berdasarkan apa yang sudah mereka ketahui dan sukai.
  • WAHMs, "Work At Home Moms" - Bagi yang ingin berbisnis di rumah.
  • Funnel RELEVANT Traffic to Primary E-commerce/Corporate Site - Situs toko online atau situs perusahaan yang membutuhkan bantuan dalam hal traffik.
  • Master the Word to Webmasters - Para webmaster yang merasa kerepotan mengembangkan bisnis onlinenya, karena harus melakukan semuanya sendirian.
  • Affiliates - Affiliasi yang serius ingin membangun income melalui bisnis affiliasinya.
  • Network Marketers - Orang-orang yang ingin memasarkan produknya melalui network.
  • Online Auction Sellers - Orang-orang yang ingin membangun Auction bisnis.
  • For LOCAL Businesses with LOCAL Clients - Bisnis lokal yang belum mempublikasikan bisnisnya secara online.
  • For Those Selling a Service - Orang-orang yang mempunyai bisnis dengan cara menjual jasa dan ingin membangun bisnisnya secara online.
  • Referrers/Finders - Orang-orang yang ingin mendapatkan fee dari jasanya mencarikan client atau konsumen.
  • Selling Hard Goods - Orang-orang yang ingin menjual produk secara online.
  • Selling E-goods - Orang-orang yang ingin menjual produk-produk elektroniknya, seperti ebook, ephoto, software, dll.
  • Sales/Rentals - Orang-orang yang ingin menjual jasa penyewaan.
  • University Students - Para mahasiswa yang ingin membangun bisnis kecil di internet.
  • Web Hosting - Orang-orang yang mencari jasa hosting web.
  • Retirees - Orang-orang yang ingin menikmati masa pensiun dengan lebih baik.
  • Real Estate - Orang-orang bisnis real estate.
  • Work From Home - Orang-orang yang ingin berbisnis di rumah.

So, jika kamu kenal dengan orang-orang jenis ini. Atau jika kamu tahu cara mengjangkau mereka. Orang-orang yang serius ingin membangun bisnis di internet atau mengembangkan bisnisnya melalui internet. Orang-orang dengan kebutuhan yang serius. Yang mau membayar untuk waktu mereka. Yang lebih menghargai waktu, ketimbang harga yang harus mereka bayar pada SBI. Maka, bergabunglah dengan 5 Pillar Affiliate Program.

Kamu bisa menjual jasa yang diberikan oleh SBI dan mendapat komisi seumur hidup atau life time commission. Maksudnya? Yup, selama konsumen yang kamu kirim dan membeli jasa dari SBI terus berlangganan. Maka selama itu pula kamu akan terus mendapatkan komisi. Nikmat bukan!

Tapi bukan hanya menjual jasa saja. SBI juga menjual beberapa produk dari pihak ketiga. Produk-produk ini yaitu:

Jika kita perhatikan, semua produk tambahan ini masih mempunyai hubungan yang kuat dengan jasa yang dijual oleh SBI. Satu kata yang sudah akrab di telinga, SELL. SBI tampaknya menaruh perhatian yang sangat khusus pada kata ini. "SELL."