Belajar Mengkomposisi Photo
Eh mpok, ape aje ye, yang kite perlu'in untuk bisa menghasilin photo digital yang bagus? Ape photo yang bagus ntu hanya tergantung sepenuhnye pada kemampuan camera digital yang dipake? Atau mungkin juga, tergantung dari kemampuan orang ntu untuk menggunakan berbagai setting yang disedia'in oleh camera digital? Mungkin juge ya mpok ye?
Tapi kate yang nulis ebook ini, selain kedua hal diatas, agar bisa menghasilin sebuah photo yang bagus ntu, kite juga butuh sedikit kreatifitas, dan jiwa seni. Dan satu lagi yang tak kalah penting, bahkan sangat penting untuk kite miliki, kalo kite ingin bisa menghasilkan photo yang bagus-bagus.
Apa'an tuh bang?
Yaitu pemahaman yang solid mengenai aturan-aturan photography dalam hal komposisi, atau kalo dalam bahasa Inggrisnye, composition.
Komposisi? Apa'an lagi tuh bang?
Kate yang sipenulis, komposisi itu adalah semua hal yang berhubungan dengan cara kite untuk mengatur objek dalam suatu photo. Dan juga mengenai bagaimana cara menstransfer atau memindahkan ape yang ade di pikiran kite, atau ape yang ade di depan mata kite, menjadi sebuah karya seni photography.
Oo... jadi ntu yang dimaksud dengan komposisi tadi ye bang. Koq, selame ini aye kaga kenal ye, ame yang namenye komposisi. Kalo aye lagi motret, ya potret aje, kaga pake kompos-komposan segale. Ape petingnye sih bang, kite mempelajari mengenai cara mengkomposisi ini?
Nah, tuh die mpok. Kate si penulis, kite perlu mempelajari komposisi ini, sebab cara kite memandang suatu objek yang akan diphoto, berbeda dengan cara camera memandang objek tersebut.
Beda gimana maksudnye bang?
Begini mpok, ape yang dilihat oleh mata kite, akan di pahami, di nilai, dan di makna-i oleh otak kite. Sedangkan camera ntu kan kaga punya otak. Jadi, ape yang dilihat oleh camera, akan direkam secara apa adanya. Sebab, camera ntu kaga mempunyai dan mengenal rasa ataupun perasaan.
Selain kaga punya perasaan sama sekali, camera ntu mpok, ternyate punya beberape keterbatasan laen. Misalnye, katakanlah saat ini mpok sedang berade diatas sebuah bukit. Didepan sana mpok sedang melihat hijaunye hamparan pepohonan, dan padi-padi yang sedang menguning.
Saat itu mpok mungkin merasa sedang melihat sebuah pemandangan yang statis, diam, alias kaga berubah-ubah. Padahal sebenernya kaga mpok. Mata mpok lah yang membuatnya seolah-olah pemandangan itu terlihat diam, atau tidak berubah. Saat mpok melihat sekeliling, atau saat mpok memindahkan arah pandangan, tanpa mpok sadari, mata mpok sedang bekerja sama dengan otak untuk mengkomposisi ulang pemandangan itu.
Dan ade satu lagi kelebihan yang dimiliki oleh mate kite ini mpok. Apa'an tuh? Yaitu pupil. Pupil mate kite ini punya kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya. Pupil mampu mengubah-ubah ukurannye, setiap kali kondisi cahaye yang ade disekitarnye berubah.
Pupil mampu menyesuaikan dengan sendirinye, setiap kali kite mengubah arah pandangan. Dan hebatnye lagi, kite kaga menyadari hal itu. Kite kaga menyadari bahwa mata kite telah, dan sedang bekerja sama dengan otak, untuk menghasilkan sebuah pemandangan, yaitu ape yang sedang kite lihat.
Dan dengan meniru kemampuan seperti itulah, camera dibuat. Tapi sayangnye, camera tidak mempunyai kemampuan sepenuhnye seperti yang dimiliki oleh mata kite. Camera tidak mampu mengkomposisi ulang, dan menyesuaikan diri secara otomatis dengan kondisi cahaya yang diterimanye.
Itulah sebabnye mpok, kenape seorang photographer kaga bisa mengubah komposisi saat camera sedang merekam suatu objek photo. Apa yang terlihat oleh viewfinder saat itu, akan menjadi apa yang kite pada photo untuk selame-lamenye.
Sekarang, coba mpok lihat sekeliling mpok. Ape yang mpok lihat? Kalo mpok bener-bener peratiin, maka mpok akan melihat sebuah pemandangan dalam bingkai kotak, dengan sudut yang bulat. Kotak itu membentuk sebuah elips yang melebar. Dengan kata laen, mpok melihat dunia ini sebagai sebuah panorama yang sambung menyambung.
Sedangkan ape yang mpok lihat pada sebuah photo, adalah sebuah pemandangan yang tidak utuh. Dan itulah tugas sesungguhnye dari seorang photographer mpok. Seorang photographer ntu, harus mampu memindahkan panorama yang dilihatnye, menjadi sebuah photo yang menarik. Tentu aje dengan cara mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam dunia photography.
Begitu deh mpok, kira-kira pentingnya mempelajai cara mengkomposisi bagi kite yang sedang belajar photography ini. Dengan mempelajari cara mengkomposisi, diharapin nantinye kite jadi tahu bagemane caranye memindahkan apa yang terlihat atau terbayang dalam pikiran kite, menjadi sebuah photo yang menarik.
Aturan-aturan Cara Mengkomposisi
Nah, gimana mpok? Ape mpok sekarang sudah mulai mengerti dan memahami ape maksud, dan tujuan kite mempelajari cara mengkomposisi ini?
Iye bang, aye mulai ngerti sekarang. Kite membuat photo itu kan terkadang sebenernye karena kite ingin menyampaikan sebuah pesan atau kesan tentang ape yang kite lihat dan rasa'in. Tapi, seringkali, karena kite kaga tau teknik-teknik photography, pesan atau kesan yang itu jadi kaga bisa dimengerti oleh orang yang melihat photo ntu. Aye jadi makin tertarik dengan dunia photography ini bang.
Wah bagus tuh, kalo mpok sekarang sudah mulai sadar dan insyaf, serta menyesali segala perbutannye yang telah lalu. Mudah-mudahan aje tobat mpok ntu diterime ame Yang Maha Kuase. Nah, kalo gitu sekarang kite mulai mempelajari aturan-aturan cara mengkomposisi. Berikut ini aturan-aturanye mpok:
Mengisolasi Focal Point
Jangan takut mpok, jangan bingung dengan istilah focal point ini. Focal point itu adalah objek utama yang terdapat dalam sebuah photo. Misalnye sebuah gedung, orang, ataupun hewan. Dengan kata laen, focal point itu adalah titik utama yang akan diperhatikan oleh orang, saat melihat sebuah photo.
Kate yang nulis ebook ini, menentukan objek utama dari sebuah photo, adalah hal pertama dan utama yang kite lakukan sebelum kite memotret. Dan berdasarkan pengalaman dari si penulis ini, dia seringkali menemukan fakta bahwa banyak photographer pemula yang gagal dalam proses ini.
Emangnye kenape bang? Ape akibatnye kalo kite kaga nentu'in objek utama terlebih dulu saat akan memotret?
Akibatnye? Kate sipenulis, kalo kite kaga tahu objek mane yang bakal menjadi focal point, maka kite akan sulit untuk memberi penekanan pada elemen tersebut, saat kite mulai mengkomposisi. Dan hasilnye? Sebuah photo yang membingungkan. Sebab photo itu tidak diatur dengan benar.
Photo itu tidak bisa menjelaskan, objek mane yang ingin ditonjolkan pade orang yang melihatnye. Biar lebih jelas, coba mpok lihat photo di bawah ini. Dan coba mpok tebak, objek mana yang menjadi focal point-nye!
Dari photo diatas kite jadi paham, tanpa focal point, mate kite akan mencari-cari objek mana yang kira-kira paling menarik perhatian. Sebab itulah, seorang photographer harus menentukan terlebih dulu focal pointnye, lalu mengatur agar agar objek tersebut benar-benar terlihat menonjol. Gitu lho mpok.
Ooo... gitu toh bang. Bener juga ye. Tapi bang, gimane kalo seandainye objek yang bakal kite jadi'in focal point ntu terlalu besar atau lebar? Misalnye kite kepengen memotret sebuah rumah. Nah, kalo kite cuman fokus pada objek rumah ntu aje, ape nanti hasilnye malah kurang menarik?
Kate sipenulis, kalo objek yang bakal dijadi'in focal point ntu terlalu besar, maka kite perlu mengaturnye dengan cara menambahkan elemen-elemen tambahan di sekelilingnye. Teknik ini bisa kite gunakan misalnye saat membuat photo pegunungan. Contohnye bisa dilihat pada photo dibawah ini:
Dari photo diatas, kite bisa melihat teknik yang digunakan oleh penulis ini. Disitu terlihat sebuah traktor, cabin, dan sebuah pegunungan sebagai latarnya. Sebuah pemandangan yang umum kite lihat. Dan pegunungan itu memenuhi hampir semua bagian dari photo. Karena sebenernya, pegunungan itulah yang menjadi focal point dari photo tersebut.
Penulis itu menyertakan cabin, traktor, rerumputan, dan pepohonan sebagai elemen-elemen tambahan. Sebab, kalo yang terlihat hanya pegunungannya saja, maka photo itu mungkin akan terlihat kurang menarik.
Nah, ntu tadi mpok aturan pertama saat kite akan membuat komposisi dari suatu photo. Kelihatannye rumit juga ye mpok. Ato mungkin karena kite kurang latihan aje? Mungkin juga ye mpok. Emang perlu waktu untuk bener-bener menguasai cara memilih objek atau focal point ini. Makin sering latihan, tentunye akan semakin baek.
Iye ye bang. Ternyate photography ntu kaga semudah yang aye kira. Tapi juga kaga ribet-ribet amat kalo kite sudah mengerti teknik-teknik dan konsep-konsep dasarnye. Lalu aturan keduanye ape bang?
Untuk aturan kedua dan berikutnye, kite akan membahasnye di artikel sambungan mpok. Sebab, kalo ditulisin semua disini, ntar artikelnye kepanjangan dan ngebosanin. Jadi, biarkan aye istirahat dulu dengan tenang. Besok-besok kite sambung lagi ceritenye. Ok mpok?