Sukses di Bisnis Network Marketing

Kamu pasti sudah tahu, siapa yang kami maksud dengan network marketing itu, betul? Yep, betul sekali. Seorang network marketing itu adalah orang yang menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan, untuk memasarkan produk atau jasanya, lalu mendapat penghasilan baik dari hasil penjualan, maupun perekrutan.

Menurut mu, model bisnis seperti ini menarik tidak? Yep, tentu sangat menarik. Kenapa, apanya yang menarik? Yep, karena biasanya, tidak butuh modal besar-besaran untuk memulai bisnis model beginian. Dan karena modalnya kaga besar-besar amat, berarti resiko yang bakal dihadapi juga kaga amat-amat besar, betul?

Dan itu artinya, hampir semua orang bisa melakukannya, betul? Yep, betul, hampir semua orang pasti bisa. Kalo emang hampir semua orang pasti bisa, tapi kenapa koq tidak semua orang bisa sukses dengan model bisnis beginian? Padahal, katanya, bisnis model beginian mudah dan murah untuk dijalankan? Apa masalahnya?

Nah, itu juga yang kami pengen tahu. Kami sendiri juga sering merasa heran dan bingung, kenapa koq tidak semua orang bisa sukses ngejalanin model bisnis yang beginian. Kami juga ingin tahu rahasia-rahasia apa yang ada di balik kesuksesan seseorang yang ngejalanin bisnis beginian. Kamu pingin tahu juga?

Konon, ada tiga prinsip utama yang harus di ketahui dan dilakoni oleh tiap orang yang kepingin serius ngejalanin dan ngenikmatin hasil yang berlimpah dari model bisnis beginian. Yaitu:

  • Tidak ada jalan pintas. Hmmm... sayang sekali. Padahal banyak orang menginginkan jalan pintas. Bahkan konon, katanya nih... hampir semua orang yang merasa tertarik bisnis model ini, pada awalnya karena mereka menganggap bisnis model ini adalah jalan terpintas untuk mencapai apa yang menjadi impiannya.

Padahal... nyatanya... bahkan bisnis model beginianpun ternyata tidak bisa menjanjikan jalan pintas. Bahkan model beginianpun ternyata mensyaratkan pelakunya untuk selalu siap bekerja keras dan bekerja cerdas. Dan itu harus dimulai dengan cara menguasai skill-skill yang telah terbukti keampuahannya.

  • Tidak ada alasan. Wah... ini lebih susah lagi. Apalagi buat mereka yang telah terdidik untuk selalu pintar mencari alasan. Konon, kalo kepingin sukses dibisnis model ini, pelakunya harus menjauhkan sifat selalu mencari-cari alasan diluaran. Maksudnya?

Setiap kali mengalami kegagalan, si pelaku tadi mestinya segera sadar, bahwa ada sesuatu yang salah dan harus segera dirubah. Dan perubahan yang dimaksud bukan dengan cara mencari perusahaan, sistem, atau ide yang baru. Melainkan, dirinyalah yang harus diperbarui.

Mungkin sikapnya, cara dia mempresentasikan diri, cara berkomunikasinya, atau cara dia memahami bagaimana bisnis tersebut bekerja. Kalo bener-bener kepingin sukses, si pelaku tadi musti berhenti mencari-cari alasan dan selalu menyalahkan hal-hal yang berada diluaran. Begitulah kira-kira maksudnya.

  • Tidak ada hadiah untuk sekedar mencoba. Maksudnya? Karena bisnis ini sepertinya murah dan mudah, maka jangan heran jika banyak orang yang ingin mencobanya, yep mencoba. Dan begitulah akhirnya, mereka memperlakukan bisnis ini sebagai bahan percobaan. Dan hasilnya?

None, nol, zero, nothing, nada. Memang benar bisnis ini murah dan mudah. Tapi jangan tertipu oleh kemurahan dan kemudahannya. Bisnis model beginian bisa juga menjadi sangat kejam dan menyakitkan, kenapa? Yep, karena dia tidak akan memberi ampun buat mereka yang sekedar coba-coba.

Salah satu sebab kenapa tidak semua orang bisa mendapat hasil dari bisnis model begini adalah karena sebenarnya memang tidak semua orang siap untuk melakukan apa yang dibutuhkan. Itu artinya, bisnis ini hanya akan memberi hadiah kepada mereka yang memang sudah siap dan layak untuk menerimanya.

Jadi begitulah, itu tadi tiga prinsip utama yang katanya... harus dianut, dipercayai, dipahami, dan dilakoni oleh orang yang kepingin sukses dan menjadi seorang network marketing superstar. Gimana menurut lo? Apa kau percaya dengan semua kata-kata mutiara nan indah bak permata itu? Percaya? Baguuuus. Tapi... apa tiga itu saja sudah cukup?

Sayangnya belum. Konon, selain tiga prinsip yang cukup menakutkan tadi, masih ada beberapa hal lagi yang harus diketahui oleh orang yang kepingin sukses dibisnis model network marketing ini, yaitu:

Berani Bermimpi.

Kenapa harus berani bermimpi? Yep, karena konon... katanya... banyak orang yang menganggap bisnis model beginian tidak lebih dari sekedar mimpi. Coba pikir... dengan modal yang hemat, hasil yang berlipat-lipat, bonus dan hadiah yang begitu memikat, bisa dapat mobil bahkan pesawat, dan hanya butuh waktu yang singkat... bagaimana mungkin orang tidak akan menganggapnya sebagai mimpi?

Apalagi dengan kondisi seperti sekarang, mao beli minyak aja susah... apalagi beli mobil, betul? Dan memang begitulah kira-kira... kenyataan yang harus dihadapi oleh orang-orang yang menjalani bisnis model ini. Hanya mereka yang tetap berani untuk terus bermimpi saja... yang bisa bertahan. Selebihnya?

Punya Arah dan Tujuan

Mimpi... konon... kegagalan yang sering dialami oleh orang-orang yang pernah menjalani bisnis model beginian, antara lain karena mereka menjalankannya seperti saat sedang bermimpi... tak jelas, tak berarah, dan tak beraturan.

Padahal, meski bisnis ini seperti mimpi, tapi tetap membutuhkan perencanaan yang matang dan profesional. Tanpa perencanaan, tanpa perhitungan, tanpa arah dan tujuan, bisnis model begini... sepertinya akan tetap seperti mengejar mimpi.

Percaya Kau Bisa

Henry Ford bilang... ‘‘If you think you can, or think you can’t, you are right.’’ Dan Henry Ford ternyata benar. Bisa atau tidaknya seseorang untuk sukses di bisnis model beginian... amat sangat tergantung dari apa yang dipercayai oleh orang itu sendiri. Jika dia percaya dia bisa... maka dia bisa. Atau sebaliknya.

Melakukan Apa Yang Sudah Direncanakan

Punya perencanaan, arah, dan tujuan saja, ternyata tidak cukup. Perencanaan, arah, dan tujuan yang jelas, tidak akan berarti apa-apa, jika tidak dikerjakan, betul? Apalagi masing-masing perusahaan yang menjalankan bisnis model ini, biasanya punya perencanaan yang berbeda-beda.

Dari yang paling sederhana, sampe yang rumit dan butuh pemahaman tingkat tinggi. Dan itu bisa membingungkan, terutama buat pendatang baru. Mungkin karena merasa pusing dan bingung itulah, akhirnya mereka frustasi dan malas untuk mengerjakan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Dan akibatnya?

Bertanggung Jawab

Konon... dalam bisnis model ini... tak perduli seberapapun bagus produknya, atau seberapa hebat perusahaan yang diikuti, atau bahkan seberapa matang perencanaan yang telah dibuat, sukses atau tidaknya seseorang itu... sepenuhnya... berada ditangan orang itu sendiri, 100%. Kenapa?

Yep, karena menjalankan bisnis model ini, sama persis seperti seseorang yang sedang menjalankan perusahaannya sendiri. Dialah sang Komisaris, Direktur, Bendahara, sekaligus... pekerjanya. So, maju mundurnya perusahaan yang dia pimpin, sepenuhnya berada di tangannya sendiri.

Mungkin itu juga yang menyebabkan banyak orang yang gagal menjalankan bisnis model ini. Kenapa? Yep, antara lain karena mereka terlalu bergantung pada orang lain. Mereka hanya ingin hasil, dan orang lain yang mengerjakan tugasnya. Tapi mereka lupa, orang lain juga punya keinginan yang sama. Lalu, siapa dong yang bekerja?

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus di ketahui dan dimengerti oleh orang-orang yang kepingin sukses di bisnis model network marketing. Apa cuma itu? Tentu tidak. Itu belum semuanya. Masih banyak lagi hal-hal yang harus di ketahui dan dikuasai kalo bener-bener kepingin menjadi superstar di bisnis network marketing. Tapi berhubung waktu dan kesempatan, maka kami cukupkan dulu segitu. Besok-besok kita tambah lagi... biar banyak.