Pria dan Wanita Menggunakan Internet Secara Berbeda

Saat berbicara tentang online marketing, kita harus tahu siapa yang paling berpotensi sebagai calon konsumen. Itu artinya, kita harus tahu apa yang sedang mereka cari, dan bagaimana cara mereka menggunakan internet. Informasi ini dapat membantu menarik kita untuk menarik perhatian mereka, dan menyampaikan pesan marketing di depan audience yang tepat.
Sangat penting juga untuk menyadari bahwa pria dan wanita punya kebiasaan online yang berbeda. Dulu, masih sangat sedikit wanita yang bisa mengadopsi internet. Tapi sekarang tidak lagi. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang berusia di bawah 65 tahun belajar internet lebih cepat di banding pria.
Wanita menggunakan internet untuk melakukan riset. Sedangkan pria lebih suka menggunakan internet sebagai sarana entertainment. Saat kita mengetahui hasil studi yang telah dilakukan mengenai perbedaan cara pria dan wanita menggunakan internet, kita bisa memanfaatkan pengetahuan ini untuk memposisikan produk secara online. Coba kita lihat hasil studi yang telah di lakukan oleh Pew Internet and American Life.
Pria lebih suka menggunakan internet untuk:
  • Membaca berita
  • Membeli jasa travel atau memesan tempat
  • Memeriksa score pertandingan dan mencari informasi olahraga
  • Mencari berita terbaru mengenai politik
  • Berpartisipasi dalam online auctions, misalnya eBay
  • Menulis content untuk di publikasikan secara online
  • Mendownload music
  • Membeli dan menjual stocks, obligasi dan mata uang
Sebuah penelitian yang di lakukan pada 2007 juga menunjukkan bahwa rata-rata pria cenderung online lebih lama dan menghabiskan waktu untuk mencari hiburan secara online serta melakukan riset mengenai teknologi-teknologi terbaru.
Sedangkan wanita menggunakan internet untuk:
  • Mendapatkan informasi mengenai kesehatan
  • Membaca informasi yang bersifat religius dan spiritual
  • Mendapat akses dan berpartisipasi dalam support group
Hasil penelitian yang di lakukan oleh Burst Media pada awal 2009 mengatakan bahwa:
  • 62.3% wanita menggunakan internet sebagai sarana utama untuk mencari informasi mengenai produk yang ingin mereka beli.
  • 51.7% wanita mempelajari internet sebagai sarana untuk tetap berhubungan dengan keluarganya.
Seperti yang bisa kita lihat, pria go online untuk mencari kesenangan dan informasi. Sedangkan wanita lebih suka go online untuk mendapat informasi yang bisa membantu mereka dalam menjaga diri dan orang-orang sekitarnya. Jadi jelas sudah, meski pria dan wanita sama-sama menghabiskan waktu untuk online, tapi pengaruh gender sangat terasa terhadap apa yang mereka lakukan di internet.