Cara Bikin Blog Ngetop

Eh Gan, gimana yah... cara bikin blog biar ngetop?

Kalo menurut bang Darren Rowse, Problogger.net-nya bisa segitu ngetop antara laen karena dia punya elevator pitch.

Elevator pitch itu adalah sebuah gambaran umum mengenai suatu ide. Misalnya mengenai suatu produk, jasa, informasi, blog, dan laen-laen.

Elevator pitch ini penting karena memudahkan kita untuk ngejelasin pada orang-orang tujuan kita bikin blog, dengan harapan biar orang jadi tertarik tentunya.

Biasanya, para pengusaha yang ingin memulai bisnis dan sedang mencari investor, akan membuat elevator pitch.

Dan salah satu alasan kenapa kita perlu membuat elevator pitch ini adalah agar kita sebagai blogger, jadi tahu dengan jelas mengenai tujuan dari blog yang akan di bikin.

Mengetahui dengan jelas tujuan kita membikin blog juga bisa membantu kita saat ingin:

  • menulis content

  • mempromosikan blog

  • mencari pengunjung

  • mengoptimalkannya di Search Engine

  • menjalin hubungan dengan blogger lain

  • membangun merek

  • mendesign blog

.... dan masih banyak lagi berbagai kemudahan lain yang bakal lo dapet dari sebuah elevator pitch.

Alasan Laen untuk Membuat Elevator Pitch

Tentu saja gan, selaen buat ngemudahin elo, elevator pitch juga bisa lo pake' ntuk bermacem tujuan, dengan bermacem cara pula. Misalnya, lo bisa manfaatin itu sebagai cara yang briliant untuk ngasih tahu ke orang-orang tujuan lo bikin blog.

Antara laen melalui:

1. Tag Line

Menurut bang Darren, salah satu teknik yang powerful untuk ngasih tahu tujuan lo bikin blog adalah dengan menuliskannya ke dalam tag line. Sebuah tag line yang deskriptif dan attraktif adalah cara yang hebat untuk memikat pengunjung.

2. Halaman About

Kata bang Dareen, halaman About di dalam sebuah blog (kalo ada), adalah salah satu halaman yang paling banyak dibaca orang yang baru pertama kali datang ke blog lo dan kepingin tahu lebih banyak mengenai lo.

Jadi, halaman ini adalah tempat yang ideal untuk ngasih tahu tujuan lo bikin blog, dan kenapa mereka harus mendengarin lo.

2. Topik obrolan

Entah dalam suatu kegiatan, interaksi bisnis, atau sekedar obrolan, topik dari blog lo tuh biasanya akan selalu muncul. Dan interaksi ini bisa jadi saat yang ideal buat ngasih tahu tujuan lo bikin blog.

3.  Kartu Nama

Lo mungkin sering bertukar kartu nama, dan jujur saja, biasanya beberapa hari kemudian lo sudah lupa siapa ngasih tuh kartu.

Nah, menurut bang Darren, kalo lo nambahin elevator pitch ke dalam kartu nama lo, itu bakal ngemudahin orang buat ngingetin siapa elo dan apa yang bisa lo berikan.

4. Memancing media

Ini kalo lo kepengen blog lo diliput oleh media. Lo tahu kan, wartawan itu umumnya sangat sibuk dan kepengen serba cepet.

Nah, kalo lo punya elevator pitch yang efektif, itu bakal mudahin mereka buat mengingat siapa elo, dan bisa memberi mereka alasan yang kuat untuk mau mendengarkan apa yang ingin lo omongin.

5. Memancing Blogger Laen

Ini juga sama. Blogger laen tuh umumnya cenderung jadi mudah tertarik kalo lo bisa ngasih gambaran yang jelas tentang tujuan lo bikin blog. Sebab kalo tujuan lo kaga jelas, mereka mungkin jadi males buat ngelayanin lo.

6. Email Signature

Menurut bang Darren, dengan menambahkan elevator pitch ke dalam signature, mungkin orang akan lebih mudah untuk memahami tujuan lo bikin blog.

Di forum juga sama, signature lo yang disertai deskripsi singkat mengenai blog yang lo bikin, bakal lebih memotivasi orang untuk tahu lebih banyak.

7. Profile di Media Sosial

Profile lo di media sosial juga sama, misalnya di Facebook. Selain berfungsi buat ngarahin orang ke blog lo, elevator pitch juga bisa ngasih mereka alesan yang kuat buat ngedatengin blog lo.

Nah, menurut lo, dimana lagi kita bisa manfaatin elevator pitch?

Cara Bikin Elevator Pitch untuk Blog

Okelah kalo begitu, sekarang kita mulai nyadar bahwa ternyata bang Darren itu emang bener, elevator pitch itu emang penting.

Tapi sekarang masalahnya, gimana cara bikin elevator pitch untuk blog?

Menurut bang Darren, sebenarnya ada banyak topik yang bisa lo pilih untuk dijadi'in elevator pitch, berikut ini beberapa yang direkomendasikannya:

1. Pecahkan suatu masalah atau kebutuhan

Menurut bang Darren, salah satu tujuan dia bikin blog, adalah untuk memenuhi suatu kebutuhan atau menyelesaikan masalah yang dihadapi orang-orang.

Nah, begitu juga dengan lo, pilih suatu masalah atau kebutuhan orang-orang yang ingin lo puaskan. Lalu sampaikan itu dalam elevator pitch lo.

2. Tentukan audience

Buat siapa lo bikin blog? Siapa yang ingin lo pancing perhatiannya?

Jika tujuan lo bikin blog adalah untuk kalangan tertentu, sertakan hal ini ke dalam elevator pitch.

3. Buat sejelas mungkin

Jangan biarin orang laen menebak-nebak apa sebenernya tujuan lo bikin blog karena elevator pitch lo menggunakan bahasa yang terlalu canggih dan ga' jelas.

Jadi, buatlah elevator pitch lo dengan bahasa yang sesederhana dan sejelas mungkin.

4. Buat sesingkat mungkin

Jaman sekarang tuh, semua orang maunya serba cepet. Jadi, to the point aja deh gan. Kaga usah bertele-tele. Singkirin aja dah kata-kata yang menurut lo ga perlu, biar elevator pitch lo jadi lebih singkat.

5. Unik

Misalnya dengan nyisipin kata-kata yang menurut lo lucu, menarik, energik, attraktif, creatif, dan inovatif ke dalam elevator pitch. Tujuannya tidak laen biar orang jadi tertarik dan penasaran.

6. Menggelitik

Elevator pitch saja emang belon tentu cukup untuk membuat orang tertarik. Tapi setidaknya, usahakan agar itu bisa menarik minat mereka untuk tahu lebih banyak.

Lo emang kaga perlu ngejelasin semaunya di dalam elevator pitch, tapi cobalah untuk menyisipkan kata-kata yang akan melekat lebih lama di pikiran orang yang mendengarnya.

7. Energik dan asyik

Lo harus usaha'in agar elevator pitch lo kaga garing dan ngebosenin. Usahakan agar orang laen juga bisa ikut ngerasa'in betapa besarnya perasaan yang lo miliki terhadap blog yang lo bikin.

Menurut bang Darren, ini sangat penting. Sebab, jika pitchingan lo ngeguna'in bahasa yang garing dan ngebuat orang ngantuk, maka jangan harep dia mau ngebaca blog yang lo bikin.

Tunjukkan pada orang-orang bahwa lo punya hasrat dan semangat yang luar biasa terhadap topik yang lo pilih. Tapi lo juga harus inget, jangan terlalu berlebihan. Nyantai aje, ye!

8. Gunakan pertanyaan

Sadar atau tidak sadar, orang cenderung tertarik untuk menjawab dan terlibat dalam suatu pertanyaan. Jadi, tanyaan pada mereka melalui elevator pitch.

7. Bersiaplah untuk memberikan penjelasan lebih lanjut

Elevator pitch adalah sarana untuk memancing obrolan, yang di design untuk mengarahkan orang agar tertarik untuk berinteraksi lebih lanjut. Lo emang ga perlu mengatakan semuanya di dalam pitch, tapi lo harus siap untuk ngasih info lebih lanjut saat orang lain mulai tertarik.

Nah, itu tadi beberapa point yang mungkin bisa memberi lo ide untuk membuat elevator pitch. Ada yang ingin lo tambahkan?

Gimana Gan? Udah jelas belon?

Oke, mungkin lo penasaran dan butuh contoh seperti apa sih elevator pitch itu sebenarnya, betul kaga?

Baeklah, mungkin kita bisa nyontoh elevator pitch-nya bang Darren di ProBlogger. Berikut ini elevator pitch yang dia gunakan: ProBlogger helps Bloggers Build Exceptional Blogs.

Gimana? Udah jelas? Masih bingung?

Mungkin beberapa tips berikut ini bisa sedikit membantu:

  • Mulailah dengan mencari kata-kata yang berhubungan dengan blog lo.

  • Gunakan kata yang muncul di pikiran saat lo memikirkan blog yang lo bikin.

  • Bujuk dua atau tiga orang temen lo untuk nge-gambarin blog lo dalam satu kalimat.