Cara Meningkatkan Produktivitas

Sering aku berpikir betapa tidak produktifnya diriku ini, betapa malasnya aku, betapa banyak waktu yang telah tebuang percuma, dan beberapa betapa lainnya yang tidak mungkin untuk sebutkan satu-persatu disini.

Kemudian aku berpikir lagi (berpikir mulu kapan berbuatnya) adakah cara untuk merubah diri ini agar lebih produktif. Adakah trik-trik yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas ? adakah kamu mengetahuinya ?

Lalu kumanfaatkan internet untuk mencari informasi yang kubutuhkan tersebut, ternyata ada banyak blog dan website yang memberikan cara untuk meningkatkan produktivitas dan membuat kita jadi lebih produktif. Beberapa diantaranya yang berhasil kukumpulkan (kumpulin aja nggak dipraktekkin, percuma !!) ada disini :

Cara-cara Meningkatkan Produktivitas

Tinggalkan - cara yang paling efektif untuk menyelesaikan pekerjaan adalah dengan meninggalkannya, eit jangan salah paham dulu. Yang ditinggalkan disini adalah pekerjaan yang tidak ada manfaatnya. Mengerjakan hal-hal yang tidak terlalu bermanfaat membuat kita menjadi tidak produktif.

Target harian - pikiran yang tidak terfokus membuat kita mudah bingung, akibatnya pekerjaan menjadi sulit untuk diselesaikan. Hal ini bisa dihindarkan dengan cara: tetapkan target harian, pilih cara untuk menyelesaikannya, dan selesaikan !!

Yang berat duluan - seringkali kita menunda pekerjaa yang tidak kita sukai, atau pekerjaan yang kita anggap berat dan mengerjakan yang disukai duluan. Namun pekerjaan yang berat tersebut tetap menunggu, dan ini menimbulkan rasa tidak nyaman. Kerjakan yang berat terlebih dahulu, baru yang lebih ringan.

Kondisi puncak - cari dan temukan pada waktu-waktu kapan kita merasa pada kondisi puncak, misalnya pada saat pagi sampai menjelang siang. Jadwalkan pekerjaan-pekerjaan penting pada waktu-waktu ini, dan kerjakan hal yang kurang penting diwaktu selain ini.

Jangan ganggu - alokasikan sebagian waktu untuk menyendiri dan tidak mau diganggu, ini agar kita bisa bekerja dan berkonsentrasi. Jadwalkan pekerjaan yang membutuhkan perhatian pada waktu ini, dan jadwalkan pekerjaan yang lebih ringan pada waktu yang lainnya.

Target kecil - sebelum mengerjakan sesuatu, targetkan dalam skala kecil dan usahakan untuk mencapainya. Misalnya pada saat kita akan membuat artikel, targetkan untuk menulis setidaknya 100 kata, kerjakan dan jangan meninggalkannya sebelum terget tercapai.

Berpacu - sebelum melakukan suatu pekerjaan, tentukan barapa lama kita harus menyelesaikannya dan kerjakan selama waktu yang telah ditentukan. Tidak perlu terlalu mengkhawatirkan berapa jauh kita bisa melakukannya, yang penting kita sudah mempunyai limit waktu yang harus dikejar. Hal ini bisa mendorong kita untuk bekerja lebih cepat.

Kelompokkan - kumpulkan dan kelompokkan pekerjaan-pekerjaan yang sejenis, dan kerjakan pada satu waktu atau saat yang bersamaan. Hal ini bisa menghemat waktu, dengan sekali jalan bisa melakukan beberapa pekerjaan yang sejenis sekaligus.

Kerjakan lebih awal - misalnya: bangun lebih pagi (sekitar pukul 5) dan kerjakan hal yang paling penting duluan. Dengan begitu kita akan selesai lebih awal daripada orang lain.

Menyendiri - carilah tempat yang membuat kita merasa nyaman dan tidak ada yang menggangu. Ini untuk membuat kita lebih fokus pada pekerjaan tanpa merasa terganggu dengan keadaan sekitar.

Percepatan - usahakan untuk selalu lebih cepat, membaca lebih cepat, menulis lebih cepat, berjalan lebih cepat, bekerja lebih cepat dan bergerak lebih cepat.

Tenang - kurangan stress dengan berusaha tetap tenang.

Jadwalkan - tuliskan dan jadwalkan apa-apa yang harus dikerjakan, ini cara yang terbaik untuk membuat kita lebih fokus dan terarah.

Kerjakan segera - cara terbaik untuk menghilangkan kebiasaan menunda-nunda adalah dengan segera mengerjakannya. Kerjakan segera bila telah jelas tujuannya. Sekalipun apa yang akan dikerjakan belum direncanakan dengan sempurn,.kita bisa menyempurnakannya sambil jalan.

Keputusan - begitu kita mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan, tentukan waktu untuk menimbang dan menghasilkan keputusan yang mantap. Segera setelah keputusan diambil, kerjakan !!

Batas waktu - tatapkan batas waktu sebelum mengerjakan, dan gunakan batasan waktu ini untuk melacak sudah sejauh mana kita melakukannya.

Janjikan - janjikan pada teman, keluarga atau siapapun bahwa kita akan menyelesaikannya. Hal ini untuk memacu semanagat dan segera menyelesaikannya bila tidak ingin menjadi malu.

Tepat waktu - apapun resikonya usahakan untuk selalu tepat waktu.

Membaca - gunakan waktu luang untuk selalu membaca.

Gambaran - gambarkan dibenak kita bahwa kita telah mencapai apa yang ditetapkan. Yakinkan pikiran bahwa hal itu benar-benar terjadi, maka hal itu benar-benar akan terjadi.

Hadiah - beri dirimu penghargaan secara teratur setiap kali berhasil menyelesaikan atau mencapai tujuan yang ditetapkan.

Berlanjut- di saat berkhirnya hari tentukan apa yang akan dikerjakan esoknya, kumpulkan bahan-bahan yang diperlukan, dan kerjakan segera esok harinya.

Pecah - bagilah pekerjaan yang besar dan sulit menjadi bagian-bagian yang kecil dan mudah untuk dikerjakan. Fokuskan hanya pad satu bagian pada satu waktu.

Tuntas - sekali memulai harus selesai.

Acak - pilih satu pekerjaan besar secara acak dan kerjakan.

Diplomasi - yakinkan seseorang untuk mengerjakannya.

Insting - gunakan, mungkin saja benar.

Optimalkan - temukan cara yang paling tepat untukmu, tuliskan tahap-tahapnya, analisa lagi untuk meningkatkan efisiensi. Lalu coba untuk melihat hasilnya.