Ketahui Pengunjung Mu
Knowledge is power... Power to boost income.
Goal-of-the-DAY... Membiasakan dirimu untuk melihat data dan informasi mengenai traffik. Mengkonversi link yang keluar (Outgoing links) dari situs mu kedalam pelacak link spesial (special tracking links). (dengan Site Build It! Kamu tidak perlu melakukan ini, semua link yang keluar secara otomatis dibuat sebagai pelacak link).
Ongoing Goal... Membuat satu atau beberapa promosi secara off-site dengan pelacak link spesial didalamnya, setiap minggu. Review statistik dari traffik mu, menganalisa Click IN dan Click Through secara teratur, untuk mengawasi trend. Membangun kesuksesan mu dengan cara membuang atau meningkatkan teknik-teknik yang tidak memberi hasil.
Coba kita lihat, sudah sampai dimana kamu saat ini, saat kita sudah semakin dekat dengan bagian akhir dari kursus ini. Saat ini kamu sudah mempunyai sebuah situs mengagumkan yang dibuat berdasarkan tema, dengan content yang berharga bagi pembaca dan mendapat rangking yang tinggi dari search engine. Dan itu berarti ..
Saat ini kamu sudah mempunyai traffic ke dalam (IN) situs mu (hasil dari semua usaha yang telah kamu lakukan untuk membangun traffik), dan traffik yang keluar (OUT) dari situs mu (dari link yang akan menghasilkan income dari merchant yang menjadi partner mu atau dari toko virtual mu sendiri atau dari situs penjualan mu sendiri).
Kamu sudah menggunakan uang dan waktu untuk mengirimkan traffic masuk ke situs mu. Dan traffik yang keluar dari situs mu akan menghasilkan income bagimu. Itu berarti kamu sudah bisa mengukur pengeluaran dan pemasukan mu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian awal kursus ini, Income adalah pengeluaran dikurangi pemasukan.
Jika kita berhenti sampai disini, situs mu akan menjadi seperti sebuah kotak hitam, dalam hal penggunaannya secara fisik. Kamu bisa mengukur apa yang akan masuk, dan apa yang akan keluar dari kotak hitam. Tapi kamu tidak tahu apa yang sedang terjadi didalamnya. Dengan kata lain, kamu tidak tahu mengapa sesuatu bisa terjadi.
Dan untuk kesuksesan jangka panjang, ini adalah hal yang kritis. Mengapa? Karena, jika kamu tahu lebih banyak tentang traffik yang masuk dan keluar dari situs mu, kamu bisa memaksimalkan income dari setiap dollar dan menit yang sudah kamu keluarkan! Yup, inilah apa yang disebut dengan hal yang kritis.
Jadi, apa yang perlu kamu ketahui?
a) Traffik.
b) Link masuk.
c) Link keluar.
Mari kita mengintip kedalam kotak hitam untuk mengetahui apa yang terjadi didalamnya, yaitu dengan cara mempelajari traffik mu. Traffik, adalah darah untuk hidup mu. Kamu perlu memahaminya dan melakukan test darah untuk mengetahui tingkat kesehatan mu.
Sayangnya, semua software untuk menganalisa traffik yang ada diluar sana ditulis oleh dan untuk orang-orang yang mengerti hal-hal yang bersifat teknis. Mereka memberikan mu begitu banyak data, hanya karena mereka bisa. Padahal yang perlu kamu ketahui sesungguhnya hanyalah apa yang kamu perlu ketahui. Kamu perlu informasi, bukan tumpukan data yang tidak berguna.
Kunci untuk menganalisa traffik sesungguhnya sederhana. Lupakan tentang semua detail yang diberikan oleh software penganalisa traffik seperti hits, pages, page view, dan visitors. Kamu tidak perlu tahu semua detail yang diberikannya. Mari kita singkirkan semua data yang tidak berguna, dan mengambil hanya informasi yang perlu kita ketahui.
Pertama, secara garis besar. Semua software untuk menganalisis traffik memberikan data-data seperti, jumlah pengunjung rata-rata, dan jumlah halaman yang dibaca perhari, dan juga totalnya perbulan. Berikut apa yang dimaksud dengan kondisi ini.
• Visits – Jumlah kunjungan ke situs mu.
• Visitors – Jumlah orang yang berbeda yang mengunjungi situs mu. Misalnya, satu orang pengunjung bisa dihitung sebagai 1 visitor untuk 10 kali kunjungan.
• Page Views – Jumlah dari halaman mu yang dilihat oleh semua pengunjung selama kunjungannya. Seorang pengunjung mungkin hanya melihat satu atau mungkin dua puluh halaman.
Ada pertanyaan?
Bagaimana dengan hits? Semua orang membicarakan tentang hits! Pertanyaan bagus! Jawabannya singkat, lupakan tentang hits! Hits hanyalah salah satu baris yang terdapat dalam log file dari situs mu. Jika sebuah halaman mempunyai 3 gambar, itu berarti akan menghasilkan 4 hits. 1 untuk halaman html itu sendiri, ditambah 3 untuk gambar. Tapi jika satu halaman mempunyai 100 gambar, hitung berapa hits nya.
Jadi kamu bisa melihat bahwa angka yang ditampilkan pada data hits itu tidak berguna. Yep, tapi mengapa semua orang membicarakan tentang hits? Dua alasan, entah karena mereka tidak mengerti yang sebenarnya, atau mereka mengerti tentang hits dan menggunakannya karena itu terdengar hebat. Dalam even apapun, hits adalah hal yang tidak berguna untuk di ukur.
Dengan membandingkan secara garis besar dari data mu setiap bulan, kamu seharusnya bisa melihat perkembangan traffik mu secara umum. Jika tidak, itu berarti sang pasien membutuhkan dosis yang tepat untuk membangun traffik. Membangun traffik sambil jalan adalah ide yang bagus, bahkan jika traffik sudah di bangun dengan bagus, karena kamu tidak akan pernah merasa cukup.
Sekarang kamu sudah mempunyai gambaran secara garis besarnya, dan waktunya untuk menggali lebih dalam dan mengeluarkan beberapa informasi yang penting. Informasi apa yang sesungguhnya kamu butuhkan?
• Statistik harian – visits, visitors, dan page view harus dilaporkan setiap hari, baik secara detail maupun dalam persentase dari jumlah totalnya (contoh, persen dari total pengunjung). Jika kamu melakukan promosi spesial pada hari-hari tertentu (misalnya membayar untuk menempatkan iklan di e-zine), ini adalah cara yang mudah untuk melihat hasilnya.
• Halaman yang paling populer (Most popular pages) – Statistik dari halaman mu harus diberikan setiap hari, dan halaman yang paling sering dilihat (most popular) harus ditampilkan pertama kali. Dengan mengetahui halaman mana yang paling populer, kamu akan lebih mengerti pengunjung mu.
Hubungkan ini dengan data dari pelacak link (link-tracking) untuk memastikan bahwa halaman mu yang paling populer akan mendapat klik agar menghasilkan income. Juga, gunakan data ini untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar mu, dan apa yang tidak mereka inginkan.
• Halaman yang paling sering di jadikan halaman untuk memulai kunjungan (Most popular entry pages) – Sama seperti sebelumnya. Kecuali, data ini secara khusus akan memberi tahu mu halaman mana yang paling populer sebagai entry page. Sebuah halaman akan dihitung sebagai entry page saat halaman itu memulai kunjungan.
Hubungkan ini dengan bagaimana pengunjung menemukanmu (refferer dan keyword), dan kamu harus tahu bagaimana situs mu ditemukan, dan apa yang orang inginkan. Gunakan petunjuk ini untuk memberi mu ide-ide baru, pada area-area lain yang berhubungan untuk membangun content dan mendatangkan profit.
• Halaman yang paling sering di jadikan halaman untuk mengakhiri kunjungan (Most frequent exit pages) – Ini adalah halaman yang terakhir dibaca oleh pengungjung. Beberapa orang berpendapat bahwa angka yang tinggi pada suatu halaman exit page, menunjukkan bahwa halaman tersebut jelek.
Tapi kamu harus menghubungkan ini dengan data lain. Jika halaman yang menjadi Most Entry Page sama dengan halaman yang menjadi Most Exit Page, itu berarti bukan suatu kejutan. Jika halaman yang menjadi most exit page juga menggerakkan banyak link yang keluar untuk menghasilkan income, itu berarti tidak jelek kan.
• URL pengirim (Referrer URLs) – Data ini memberi tahu mu darimana traffik mu berasal. Apakah dari search engine, atau situs lain yang melakukan link exchage dengan mu. Ini adalah informasi yang sangat penting.
• Keyword yang digunakan pencari (Keyword search) – Keyword mana yang orang masukkan ke search engine untuk menemukanmu? Ini adalah data yang sangat-sangat berharga bagi mu. Gabungkan dengan data refferer page dimana dan bagaimana pengunjung menemukan mu, ini akan memberikan mu ide dasar untuk membangun lebih banyak traffik.
Seperti yang bisa kamu lihat, menganalisa traffik sebenarnya adalah pekerjaan yang sederhana, saat kamu tahu apa yang harus kamu cari, dan bagaimana mengubah data menjadi informasi.
Site Build It! Memberikan semua data ini untuk mu. Tidak perlu menginstal atau mengkonfigurasi software apapun. Atau, mencari tahu informasi apa yang penting. Memberikan semua yang perlu diketahui oleh sebuah situs dengan content yang bagus. Diberikan dengan jelas dan mudah untuk dimengerti.
Menganalisa traffik adalah hal dasar. Itu akan memberi tahu apa yang perlu kamu ketahui tentang jumlah kunjungan, pengunjung dan jumlah halaman yang dilihat. Menunjukkan dari mana mereka datang dan kata apa yang mereka gunakan untuk mencari mu di search engine.
Sekarang kamu sudah mengerti bagaimana traffik mu mengalir, tapi kamu perlu mengetahui lebih banyak. Kamu perlu untuk tahu secara pasti teknik mana yang memberi hasil dari dua pertanyaan ini.
1) Bagaimana kamu menggunakan uang dan waktu untuk membagun traffik, teknik mana yang memberi hasil. Belanjakan hanya pada teknik yang bisa menghasilkan.
2) Bagaimana kamu bisa menghasilkan uang. Perbaiki content mu agar lebih baik lagi dan mendapatkan klik. Karena itulah cara untuk menghasilkan income bagi mu.
Jadi, bagaimana cara kita mendapatkan informasi ini? Melalui dua cara yang spesial untuk menganalisa situs mu.
• Menganalisa Click IN dan
• Menganalisa Click Through.
Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita berbicara tentang perbedaan dari dua jenis link.
1. OFF-SITE link yang memberikan traffik masuk untuk mu.
2. ON-SITE links yang mengirikan traffik keluar.
OFF-SITE links tidak tampak pada situs mu. Orang tidak benar-benar mengklik melalui link ini saat mereka berada di situs mu. Melainkan, pengunjung potensial mu melihat link ini diluar situs mu, apakah melalui iklan yang kamu tempatkan di e-zine, atau iklan secara offline, atau pada selebaran-selebaran yang kamu distribusikan pada pertemuan-pertemuan, atau pada signature file yang terdapat pada bagian akhir dari email yang kamu kirimkan, dan mereka gunakan untuk mengunjungi situs mu.
Karena kamu sudah mengeluarkan uang dan juga waktu untuk membangun traffik, kamu perlu mengukur cara ini, untuk melacak promosi seperti apa yang memberi hasil, mana yang tidak. Saat kamu mengetahui mana yang memberi hasil dan mana yang tidak, kamu akan tahu mana yang akan kamu gunakan dan mana yang harus dihentikan. Melanjutkan yang bisa membuat mu sukses dan memperbaiki kelemahan mu.
Mari kita kontraskan dengan ON-SITE links. ON-SITE links tampak di situs mu, dan mengirimkan pengunjung keluar melalui halaman tersebut. Link ini mengarah ke semua situs yang akan menghasilka income, baik dari merchant yang kamu wakili melalui program affiliasi, atau dari toko online mu sendiri. Dengan kata lain, ON-SITE links akan menghasilkan income.
Jadi bagaimana kita melacak dua jenis link ini? Semua itu dilakukan dengan cara berikut ini. Kita akan melacak bagaimana cara terbaik untuk menggunakan uang dan waktu dalam usaha membangun traffik dengan cara menganalisa Click IN. Kita akan melacak apa yang bisa menghasilkan income dengan cara menganalisa Click Through.
Mari kita berbicara tentang menganalisa Click IN. Click Ins terjadi saat orang mengklik pada OFF-SITE link dan mendatangi situs mu. Click Ins akan membebani mu dengan uang dan waktu (seperti yang telah dijelaskan sebelumnya). Analisa, teknik mana yang memberi hasil (lakukan lebih baik lagi) dan mana yang tidak (hentikan atau perbaiki).
Untuk bisa menganalisa Click IN kamu harus membuat pelacak link spesial (special tracking links). Kamu membuat link ini secara spesial untuk melacak keberhasilan dari promosi secara OFF-site yang telah kamu lakukan. Tempatkan link yang berbeda pada setiap jenis promosi yang kamu lakukan, dengan begitu kamu akan mudah melacaknya.
Apa yang terjadi saat pengunjung mengklik link tersebut? Pertama, dia akan menjalankan sebuah program komputer yang merekam klik tersebut, dan darimana asalnya. Kemudian program tersebut akan mengirimkan pengunjung ke halaman yang telah kamu spesifikasikan.
Dengan menganalisa Clikc IN akan memberi mu informasi mengenai:
• Total link yang masuk, untuk semua link spesial mu, dan juga untuk setiap pelacak link spesial yang kamu buat.
• Data jumlah pengunjung pertama kali atau pengunjung yang sudah pernah datang sebelumnya (new vs return).
Sekarang kamu sudah mempunyai cara untuk mengukur secara tepat kesuksesan promosi yang kamu lakukan dalam upaya membangun traffik, apakah itu dengan cara ..
• Melakukan bidding untuk keyword di Search Engine Pay-Per-Click
• Membayar untuk menempatkan iklan di e-zine
• Atau jenis promosi apapun yang kamu lakukan.
Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat dari menganalisa Click IN.
1) Untuk menganalisa link yang tidak bisa dilacak – Beberapa llink tidak mempunyai Reffering URL, jadi tidak mungkin untuk mengetahui darimana mereka berasal melalui analisis biasa. Tapi kita perlu tahu tentang data ini. Sebagai contoh...
i. Links dari ebook gratis yang kamu gunakan untuk promosi.
ii. Links dari e-mail, signature file, link dalam mailing list, autoresponder campaign, link dalam e-zine yang kamu publikasikan, iklan yang kamu tempatkan pada e-zine.
iii. Links dari newsgroup dari jenis apapun yang kamu baca bersama newsreader.
iv. Links yang kamu tempatkan pada media cetak. Tracking link adalah cara yang bagus untuk semua jenis promosi secara offline.
Dengan membuat sebuah spesial tracking link untuk setiap jenis link yang tidak bisa dilacak, kamu akan tahu apa yang sebelumnya tidak mungkin untuk diketahui.
2) Menguji iklan yang kamu tempatkan di e-zine – Atur tracking URL yang berbeda untuk setiap iklan yang kamu buat. Dengan begitu kamu bisa mengukur iklan mana yang mendapat respon lebih baik. Berikut ini bagaimana cara kamu dapat melakukannya:
Jalankan iklan #1 pada E-zine #1 dan iklan #2 pada E-zine #2, lalu tukar pada bulan berikutnya. Dan lihat iklan mana yang mendapat response lebih banyak? Gunakan hanya iklan dan e-zine yang paling mendatangkan profit. Dan hentikan sisanya. Kamu bisa mengefektifkan pengeluaran mu saat kamu bisa mengetahui dan membuang yang tidak berhasil, dan meningkatkan anggaran untuk yang memberikan hasil.
3) Menguji iklan yang kamu tempatkan di situs lain – Saat kamu melakukan promosi menggunakan situs lain, itu akan lebih meyakinkan mu untuk membuat dan menjalankan pelacak link, kemudian mereview informasi statistik pengirim traffik (yang akan memberitahumu situs mana yang memberimu traffik).
Jadi, gunakan spesial tracking links untuk melacak performa dari banner, bid di search engine pay-per-click, bahkan posting mu di forum dan group diskusi.
Sejauh ini kita sudah membicarakan berbagai variasi kemungkinan untuk meletakkan pelacak link. Dan kita berasumsi bahwa tujuan utama dari link tersebut adalah ke situs mu. Tapi kamu sebenarnya mempunyai beberapa pilihan untuk mengarahkan pelacak link, apakah link itu akan mengarah ke ..
1) Situs mu. Katakanlah kamu mempunyai sebuah halaman yang sangat bagus tentang suatu jenis bunga yang spesial. Halaman itu mempunyai beberapa link yang mengarah ke: buku-buku tentang bunga, toko bunga, perkumpulan ibu-ibu, dan lain-lain. Dan kamu melakukan promosi dengan cara memasang iklan di e-zine. Kemana link itu harus kamu arahkan?
Mudah, yaitu ke halaman mu! Karena kamu sudah melakukan begitu banyak pekerjaan untuk membuat link pada halaman mu, maka kamu akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk menghasilkan setidaknya satu penjualan dari salah satu situs merchant partner mu.
2) Langsung ke situs merchant partner – Dengan kata lain, misalnya kamu menulis sebuah artikel yang bagus tentang bunga yang spesial ini sebagai content untuk sebuah prominent e-zine yang dipublikasikan oleh pihak ketiga. Dan kamu harus membayar agar bisa menyertakan URLs mu. Kemana seharusnya link ini mengarah?
Mudah, tempatkan special tracker link kedalam content dari artike tersebut, dan arahkan langsung ke merchant partner mu. Satu link untuk setiap merchant. Karena setiap orang yang mengklik akan melewati script untuk melacak link, kamu akan tahu pasti berapa banyak orang yang mengklik pada setiap link. Jadi tidak ada gunanya jika kamu mengarahkan mereka pada halaman di situs mu yang memberikan informasi yang sama
3) Sebuah free trial download – Bahkan sebuah URL untuk download bisa menjadi tujuan. Apakah kamu ingin menawarkan ebook gratis yang berisi informasi mengenai jenis bunga yang spesial? Bagaimana caranya? Tempatkan iklan pada sebuah e-zine, tawarkan link yang mengarahkan pembaca untuk mendownload ebook tersebut. Ebook tersebut berisi link dari berbagai merchant, dan ke situs mu. Setiap link yang berada dalam ebook tersebut seharusnya mempunyai pelacak link juga.
4) Toko online mu - Jika kamu mempunyai sebuah toko online yang membutuhkan traffik, dan jika situasinya mengatakan bahwa akan lebih baik jika mengirimkan pengunjung secara langsung ke tokomu (setelah melewati script untuk melacak link tentu), maka lakukanlah. Situasi yang sama bisa kamu terapkan, misalnya jika kamu mempunyai sebuah situs yang menjual produk mu sendiri. Misalnya, kamu memasang iklan dan membebani mu $100, iklan itu menghasilkan 500 pengunjung, jika 2% dari pengunjung membeli, maka akan mudah untuk mengetahui iklan mana yang mendatangkan profit.
Tidak masalah dari manapun pengunjung ini berasal, dan kemanapun kamu mengirimkan mereka, software penganalisa Click In akan melaporkan hasil dari setiap teknik promosi yang kamu lakukan. Software penganalisa Click IN adalah sarana yang fital bagi yang ingin membangun income melalui content. Sayangnya untuk menggunakan jasa dari software jenis ini cukup mahal. Ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini.
1) Jika kamu mempunyai keahlian dalam hal-hal teknis, atau jika kamu bisa membayar orang untuk melakukan itu, maka gunakan Ultimate Link Tracker kami. Service Ini bisa kamu gunakan dengan gratis saat kamu bergabung dengan 5 Pillar Program. Jangan khawatir. Tidak ada kewajiban untuk bekerja dengan 5 Pillar Program kecuali jika kamu menginginkannya. Pertimbangkan untuk menggunakannya sebagai hadiah ku untuk mu. Atau..
2) Site Build It! Menyediakan semua fungsi ini. Tracker Library akan mempermudah mu untuk mengatur dan membuat pelacak link spesial. Dan kamu juga akan dapat menganalisa Click IN secara lengkap hanya dengan mengklik mouse. Biayanya? Sudah termasuk dalam Site Build It!
Sekarang mari kita berbicara tentang menganalisa Click Through. Click through bekerja saat seseorang mengklik pada link yang kamu tinggalkan di situs mu. Click through adalah income mu. Mengapa? Well, itu tergantung kemana link tersebut mengarah.
• Ke program affiliasi – beberapa persen dari link tersebut akan menghasilkan penjualan atau aksi apapun yang akan membuat merchant mu membayar.
• Ke toko online mu sendiri – beberapa persennya akan membeli, dan memberikan profit untuk mu.
• Ke situs yang menjual produk atau jasa mu sendiri.
Untuk memaksimalkan click through, tentu saja dengan cara membuat content yang bagus, content yang bisa memberikan apa yang dicari oleh pengunjung. Menyatukannya dengan link-link dalam kontext agar mendapat click through.
Saat kamu sudah melakukan itu, kamu memerlukan sebuah cara untuk mengetahui link mana yang mendapat klik dan mana yang tidak. Dan itulah yang akan kamu dapatkan jika kamu menganalisa Click Through.
Untuk menganalisa Click Through kamu harus membuat link keluar mu (link yang mengarah ke merchant partner atau toko online mu) menjadi pelacak link spesial. Saat pengunjung mengklik link tersebut, pertama dia akan menuju ke program komputer yang merekam klik tersebut, dan dari mana asalnya. Kemudian program mengirimkan pengunjung ke situs yang kamu spesifikasikan untuk menghasilkan income mu.
Dengan menganalisa Click through kamu akan mendapat informasi ..
• Total click through pada semua link yang berada di stitus mu, juga untuk masing-masing link nya.
• Pengunjung pertama kali atau pengunjung yang sudah pernah datang sebelumnya (new vs return), untuk semua click through pada semua link yang berada pada situs mu, dan juga pada link yang menjadi link basis. Dengan kata lain, kamu akan tahu apakah orang tersebut pernah mengklik link itu sebelumnya?
• Click Through Rate mu untuk semua link sebagai sebuah group, dan juga pada link yang menjadi link basis.
Sistim penganalisa Click Through yang sempurna bahkan bisa melakukan seperti ini ..
1) Memberikan data link demi link, membaginya untuk setiap halaman dimana link tersebut muncul. Misalnya, jika link A muncul pada halaman 1, 2, 3, sistim panganalisa akan menunjukkan pada mu bagaimana performa dari link A di setiap halaman.
2) Memberikan data halaman demi halaman, membaginya dengan performance dari setiap link untuk setiap halaman. Misalnya, jika halaman 1 mempunyai link A, B, C, sistim akan menunjukkan padamu bagaimana performa dari setiap link pada halaman tersebut.
Dan Click Through Analysis yang sempurna akan memberikan semua data ini setiap kamu membutuhkannya.
Kesimpulannya? Dengan menganalisa Click Through kamu akan mempunyai data yang akurat untuk mengetahui kesuksesan mu pada setiap link yang berada pada situs mu. Dan itulah yang akan menjadi tolok ukur untuk mengetahui income mu, uang mu.
Kamu akan tahu secara pasti lnk mana yang diklik oleh pengunjung, dan mana yang tidak. Dari situ kamu bisa menjawab pertanyaan bagaimana cara untuk membangun kesuksesan dan memperbaiki kelemahanmu yang akan memaksimalkan income mu.
Menganalisa Click Through adalah hal yang kritis untuk situs mu sebagai sarana untuk menganalisa Click IN. Lagi-lagi, service yang ada saat ini mahal. Dan tidak semua bisa memberikanmu informasi seperti yang sudah aku jelaskan tentang sistim penganalisa Click Through yang sempurna.
POWER-USER TIP: Ingin mendapatkan tracking yang sempurna untuk iklan mu di e-zine? Kombinasikan penganalisa Click IN dan penganalisa Click Through! Lakukan seperti ini ..
1) Tempatkan iklan pada sebuah e-zine, atau lakukan bid pada keyword melalui sebuah search engine pay-per-click. Link mengarah ke sebuah halaman pada situs mu yang hanya menerima klik dari iklan tersebut. Mudah untuk menduplikasi salah satu halaman mu. Tapi halaman tersebut tidak boleh menerima link dari manapun, termasuk dari situs mu sendiri.
2) Pada halaman itu, buat sebuah pelacak link baru yang mengarah ke program affiliasi, link yang unik untuk iklan ini. Kamu seharusnya tidak menggunakan pelacak ini untuk link lain di manapun.
3) Sekarang penganalisa Click IN bisa melacak pada traffik yang masuk dan penganalisa Click Through bisa melihat berapa banyak orang yang datang dan mengunjung program affiliasi mu yang menghasilkan income.
Kamu akan tahu secara pasti dan kamu akan bisa mengatakan Iklan pada ezine pada hari ini (atau pada pay-per-click) memberikan sekian banyak pengunjung dan sekian banyak yang mengklik pada link ini dan menuju ke situs merchant.
Karena kamu sudah bisa mengetahui conversion rate untuk setiap merchant partner mu, kamu akan tahu iklan mana yang akan dipertahankan, atau apakah kamu harus mencari e-zine lain, atau melakukan bid pada keyword lain di search engine pay-per-click.
Teknik ini bisa kamu gunakan pada iklan di e-zine, opt-in mailing, article submission yang mengarahkan pembaca langsung ke situs mu. Dan ini bisa sangat membantu untuk menguji kefektifan biaya yang telah dikeluarkan untuk membayar search engine pay-per-click, ini membutuhkan beberapa keahlian dan pekerjaan.
Dan seperti yang sudah aku katakan, teknik ini terutama hanya untuk power user. Dan jika situasi mengatakan akan lebih jika kamu mengirimkan pembaca secara langsung ke situs merchant daripada ke halaman dari situs mu, maka langkah extra untuk mengirimkan pengunjung ke situs mu bukanlah ide yang bagus. Tapi tetap menjadi suatu hal yang baik untuk dipikirkan.
Kesimpulan akhir? Kenali pengunjung mu, mereka adalah jantung untuk bisnis mu. Yaitu dengan cara mengetahui informasi mengenai statistik traffik mu. Dan melacak link masuk dan link keluar adalah kunci untuk memaksimalkan income dan mengembalikan semua pengeluaran dalan usaha untuk membagun traffik.