Membangun dan Melacak Traffik
“Build it and they will come.” -Field of Dreams (1989)
Berbicara tentang sebuah “field of dreams!” Jika kamu hanya membangunnya, situs mu mungkin akan menjadi seperti sebuah ladang jagung di Iowa, dikunjungi hanya oleh hantu!
Yup, itu benar. Pelajaran ini telah menunjukkan kepada mu bagaimana cara mengembangkan sebuah situs berdasarkan tema yang kuat, berisi lengkap dengan content yang fokus pada keyword dengan profitabilyti yang tinggi. Halaman tersebut memberikan kebutuhan para pembaca dan pada saat yang sama memuaskan search engine.
So, kamu sudah menjalankan 99% dari e-bisnis mu di internet. Kamu sudah menghasilkan sebuah permata, bersinar dengan content yang mengagumkan. Apakah itu sudah menjamin kesuksesan mu? Sorry, aku harus mengatakan, nope! Why? Mengapa? Becouse situs mu hanya diam disitu, terkubur di tengah tumpukan besar ladang com, ladang impian, field of dream.
Apa yang hilang dari misimu untuk membangun income melalui content, untuk mengubah ladang impian menjadi kenyataan? Traffik. Pengunjung yang membaca content mu, mengklik link mu, dan kemudian melakukan sesuatu, seperti membeli, mengisi form, dan lain-lain.
Teruslah membaca. Pada bagian akhir kita akan memfokuskan lebih banyak pada content. Sekarang kita mulai dengan memfokuskan pada membangun traffik untuk content mu. Berikut rahasia untuk membangun traffik. Ini benar-benar rahasia dari para ahli dalam hal membangun traffik.
Lakukan sesuatu. Lihat bagaimana itu bisa berhasil. Lakukan hal yang lainnya. Dan lihat bagaimana hasilnya. Dan kemudian .. Yup .. coba sesuatu yang lain lagi. Dan lihat bagaimana hasilnya.
Itu artinya kamu memerlukan traffic-building tools, agar bisa terus melakukan sesuatu dan bisa membangun traffik. Dan kemudian kamu memerlukan traffic-tracking tools untuk mengetahui teknik mana yang bisa berhasil. Feedback yang diberikan untuk melacak hasil yang didapat adalah hal yang kritis.
Salah satu kunci untuk sukses, segala jenis kesuksesan, adalah feedback. Hasil yang bagus memberi tahu mu mana yang bisa berhasil dan memberikan mu sesuatu untuk ditindak lanjuti. Hasil yang tidak bagus menunjukkan bahwa kamu perlu memperbaikinya.
Tanpa melacaknya (feedback), berarti kamu menembak dalam gelap, hanya menebak. Dan tanpa kemampuan untuk melakukan aksi dalam hal membangun traffik, meningkatkan atau merubah apa yang sudah kamu lakukan, itu artinya kamu tidak menembak sama sekali.
Dua lagi prinsip penting untuk ditambahkan, teknik terbaik untuk membangun traffik adalah peningkatan dan kemantapan. Dengan kata lain, kamu harus mendapatkan hasil traffik yang besar untuk waktu dan atau uang yang sudah dikeluarkan, dan harus bisa mengantarkan traffik ke dan dari dalam, dan bukan hanya dari satu arah.
Mari kita ambil satu contoh. Saat kamu melakukan hal yang benar di search engine, maka search engine akan mengirimkan traffik kepada mu selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, tanpa kamu harus memperbaiki halaman mu lagi, itu jika kamu sudah melakukan semuanya secara benar.
Tapi jangan khawatir, itu bukan sebuah masalah yang besar. Lagi pula, jika kamu mengikuti semua petunjuk yang telah diberikan secara benar, itu berarti kamu sudah melakukan semuanya secara benar. Bandingkan dengan jika kamu membuat sebuah posting untuk mailing list, bahkan maling list dengan profile yang tinggi.
Maka akan membutuhkan waktu untuk mempersiapkan posting yang bagus, dengan content yang bagus, tapi bagus saja tidak cukup untuk menarik perhatian orang agar mengunjungi situs mu. Pertimbangkan apa yang akan terjadi dalam dua hari setelah posting tersebut dibuat, traffik mu akan kembali turun ke asalnya.
So, teknik apa yang bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan peningkatan dan kemantapan yang terbaik di internet?
- Search engine gratis yang utama (google, yahoo, etc).
- Search Engines dengan program Pay-Per-Click.
- Web Directori yang utama.
- Mulut ke mulut.
- Opt-in E-zine mu sendiri.
Yep, tentu saja, ada banyak cara lain untuk membangun traffik...
- Membayar untuk menempatkan link, dan menulis artikel untuk e-zine.
- Membuat posting di forum, group diskusi, mailing list, newsgroup (tergantung dari topik dan hal-hal lainnya, cara ini bisa jadi cukup efektif atau sama sekali tidak berguna).
- link exchange.
- dan, tidak lupa pula untuk menyertakan signature mu!
Ini adalah teknik yang lebih rendah, karena tidak memberikan hasil yang besar dan berkelanjutan. Tentu, menggunakan signature file adalah sesuatu yang harus kamu lakukan. Katakanlah, kamu mengirimkan 40 atau lebih email perhari, dan kebanyakan kepada orang yang sudah mengenal mu. Tapi tetap saja tidak banyak potensi untuk menghasilkan traffik yang besar dari situ.
Membayar untuk menempatkan link atau menulis artikel untuk e-zines akan memberikan mu 1-2 hari peningkatan traffik (itu jika kamu bisa memilih dan menulis iklan atau artikel yang efektif). Tapi kemudian traffiknya kembali turun. Beberapa lainnya memberikan hasil yang lebih real dengan cara membuat posting di forum, dan sejenisnya.
Beberapa forum diinternet bisa mengirimkan spider ke situs mu, dan memperhitungkan halaman yang melink ke situs mu. Tapi tetap saja hasil yang diberikan tidaklah terlalu besar. Jadi, kesempatan terbaik mu untuk mendapatkan traffik yang besar datang dari teknik 5 besar diatas.
Karena waktu mu terbatas, jangan mencoba melakukan semuanya. Mulailah secara langsung dengan teknik 5 besar tersebut. Aku tidak mengatakan bahwa kamu harus melupakan teknik yang lebih rendah seperti contoh diatas. Tergantung dengan situasi yang kamu hadapi, beberapa mungkin akan memberikan hasil yang cukup baik bagi mu.
Tapi, mulailah dari 5 besar diatas saat pertama kamu mulai membangun traffik. Jika kamu melakukan 5 teknik itu, ada 3 hal yang akan terjadi ..
- Kamu akan memantapkan traffik dasar yang kuat.
- Kamu akan mulai merasa nyaman dengan apa yang kamu lakukan, dan bisa melihat secara keseluruhan mengenai konsep membangun traffik sebagai sebuah project yang benar-benar harus dilakukan.
- Kamu akan menemukan saat yang tepat untuk melakukan teknik yang lebih rendah untuk membangun traffik (contoh, menemukan situs yang sempurna untuk melakukan link exchange, atau e-zine yang tepat untuk menjangkau target pasar, etc). Pada point ini kamu kemudian bisa mulai menggunakan teknik sekunder secara efektif.
OK. Kembali ke teknik 5 besar. Mari kita buka diskusi dengan melihat pada teknik ke 4 dan 5. Teknik ke 4, promosi dari mulut ke mulut. Bagaimana kamu bisa mendapatkan promosi dari mulut kemulut? Nasihat pertama, tidak perlu repot untuk menggunakan teknik “recommend-a-friend” scripts. Mungkin hanya 1 dari 1000 pengunjung yang akan mengisinya.
Ada cara yang lebih sederhana untuk mendapatkan promosi dari mulut ke mulut. Yaitu dengan memberikan content yang bagus. Cuma itu. Mau sebuah contoh? Katakanlah bahwa kamu mempunyai situs yang mengagumkan tentang succulent plants (i.e., cactus, euphorbia, etc.).
Kamu mempunyai halaman yang sangat mengagumkan tentang semua trik yang telah kamu kembangkan untuk mempublikasikan cactus. Dan penggemar cactus lainnya menemukan halaman tersebut melalui search engine. Apakah kamu pikir mereka tidak akan memberi tahu pada temannya, atau di forum, atau di cactus assisiations, tentang informasi yang sangat mengagumkan ini? Tentu saja mereka akan memberi tahukannya.
Satu lagi keuntungan besar yang didapat dari memberikan content yang bermutu! Teknik yang ke 5, Opt-in E-zine milik mu akan mempublikasikan e-zine mu sendiri, yup, itu memang sangat penting. Tapi tidak sekarang. Ada begitu banyak hal yang sangat penting untuk kamu lakukan dalam satu hari, jadi kamu harus melakukannya dalam urutan yang benar.
Berikut urutan yang benar setelah kamu membangun situs mu. Pertama, jalankan situs mu. Kemudian kerjakan 3 teknik pertama dari teknik 5 besar untuk membangun traffik. Akan membutuhkan waktu bagi traffik untuk bisa mulai berkembang.
Tapi saat kamu sudah mendapat angka yang memuaskan, maka hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk membuat e-zine dan menjalankannya. Kamu bisa menggunakan service gratis atau yang berbayar untuk mempublikasikan e-zine mu.
Seperti biasa, aku merekomendasikan untuk untuk menggunakan yang berbayar. Karena tidak ada yang benar-benar gratis. Yahoo Groups bisa melakukan tugasnya dengan cukup bagus, dan gratis. Tapi mereka menyisipkan sedikit iklan dalam setiap email. Apa kamu tahu apa yang akan orang pikirkan saat mereka melihatnya? Sedikit bumbu.
Image mu lebih berharga dari sekedar beberapa dollar perbulan untuk membayar hosting yang berkualitas. Kamu bisa mempublikasikan e-zine mu seperti yang dipublikasikan oleh Ralph Wilson dengan menggunakan service yang bermutu seperti Sparklist atau Topica.
Cara manapun yang akan kamu gunakan, yang gratis maupun yang berbayar. Dari saat kamu memutuskan untuk mempublikasikan e-zine, kamu bisa bisa mendapatkan subscriptions hanya dalam hitungan hari. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk mempublikasikan e-zine mu. Simpan form subscription mu selama periode tertentu, sampai kamu melihat hasil yang memuaskan dari hasil kerja mu membangun traffik.