Garansi dan Layanan Perbaikan Komputer
Apa yang akan kita lakukan saat komputer yang baru kita beli ternyata mempunyai kelakuan yang aneh? Apa yang akan kita lakukan, saat menyadari bahwa komputer yang baru dibeli tersebut, ternyata punya sifat dan kebiasaan-kebiasaan yang diluar batas kewajaran? Apa yang bisa kita lakukan, jika ternyata komputer yang baru dibeli itu ternyata tidak sesuai dengan harapan?
Kesal, sebal, dan marah. Itu hal pertama yang biasa kita lakukan. Dan itu wajar. Lalu apa lagi? Apakah mencaci maki, memukuli, menendangi, bahkan membantingi komputer tersebut? Atau mungkin... membawanya, lalu melemparkan ke muka si penjual, sambil mencaci maki, dan menuntut ganti rugi? Apa benar begitu?
Sabar bung... kendalikan dirimu. Jangan terlalu mengikuti hawa nafsu yang hanya akan semakin menjerumuskan mu ke lembah penderitaan dan kehancuran. Tenang bung... perjalanan masih panjang. Masih banyak hal-hal lain yang bisa kita lakukan. Masih banyak hal tepat lain, yang bisa dilakukan untuk memulihkan keadaan, dan melanjutkan perjalanan. Misalnya?
Baca Kartu Garansi
Setiap kali kita akan membeli komputer, pasti diiming-imingi, dan diberi janji untuk mendapatkan garansi, betul? Secara langsung atau tidak langsung, janji dan jaminan itu membuat kita semakin terbujuk, dan terpengaruh untuk membeli, betul? Salah, kita membeli komputer tentunya karena kita memang membutuhkannya. Bukan karena janji-janji dan garansi semata, betul?
Garansi atau jaminan itu adalah untuk memastikan bahwa investasi yang kita tanamkan pada komputer tersebut akan tetap aman. Yup, itu benar. Komputer adalah sebuah investasi, ingat itu. Lalu, apa yang harus kita lakukan saat kita merasa investasi tersebut terancam keselamatannya?
Pertama, baca garansi yang diberikan si penjual. Membaca? Berarti kita harus meminta jaminan secara tertulis dong? Yup, itu sangat benar. Jangan hanya percaya pada kata-kata. Mintalah jaminan secara tertulis. Dan setelah mendapatkannya, baca!!! Kalo perlu, mintalah kejelasan mengenai hal-hal yang menurut mu masih membingungkan.
Misalnya mengenai... berapa lama masa berlakunya. Kenapa masa berlaku ini penting? Sebab, komputer itu memang sudah di design untuk kuat dan tahan lama. Tapi tentu bergantung dari kualitas, kondisi saat membeli, cara penggunaan, serta perawatannya. Itu artinya, jangan mau jika si penjual hanya memberi jaminan untuk jangka waktu yang terlalu singkat.
Jadi, saat komputer kita mengalami masalah, cari kartu garansinya, dan baca. Dengan melakukan ini, kita akan terhindar dari kesalahan yang lebih fatal. Misalnya? Begini... karena merasa mampu memperbaikinya sendiri, lalu kita membongkarnya. Dan itu biasanya akan merusak segel atau tanda pengaman yang diberikan si penjual. Nah, kira-kira apa yang akan terjadi? Banyak...
Kemungkinan terbaiknya adalah... komputer itu tidak benar-benar rusak, dan berjalan normal lagi. Tapi... bagaimana jika setelah membongkar dan merusak segel pengamannya... ternyata ada bagian yang rusak sebelum habis masa garansinya? Berarti bagian itu harus diganti, betul? Dan apakah si penjual mau menggantinya? Setelah segel pengamannya di rusak? NOP... TIDAK...
Nah... dengan mengetahui masa berlakunya, kesalahan seperti itu bisa dihindari. Dan si penjual tidak bisa mengelak dengan alasan pengamannya dirusak, karena memang pengamannya tidak kita rusak, betul? Lalu... bagaimana seandainya ada bagian yang harus diganti, dan ternyata di penjual tidak mau menggantinya? Dengan alasan, bahwa khusus untuk bagian yang rusak itu, masa berlakunya beda?
Apa betul masing-masing bagian dari komputer itu punya masa garansi yang berbeda? Yup, itu betul. Komputer yang banyak beredar di pasaran, memang di rakit dari bagian-bagian yang dibuat dan dijual oleh perusahaan yang berbeda. Misalnya... processornya dari Intel. Lalu hardisknya dari Seagate. Motherboardnya dari MSI. Memorynya dari Visipro. Soundcardnya dari SoundBlaster. Monitornya... dari LG.
Dan masing-masing memberikan masa garansi yang bervariasi. Itu wajar. Lalu apa yang terjadi seandainya salah satunya rusak sebelum masa garansi berakhir, dan harus diganti? Apakah pihak penjual harus mau menggantinya? Hal ini tentu saja tergantung dari kesepakatan awal. Apakah masa garansi yang diberikan oleh sipenjual berlaku untuk semua perangkat, atau masing-masing di perlakukan berbeda.
Perbaikan Berkala
Komputer itu tidak sama dengan perabot-perabot rumah lainnya. Misalnya AC atau Lemari pendingin (kulkas). Maksudnya? Komputer itu umumnya tidak membutuhkan perawatan dan perbaikan berkala. Umumnya, komputer rumahan atau kantoran, memang sudah didesign agar bisa dirawat, dan diperbaiki sendiri. Dan itu membuat kita jadi bisa menghemat banyak uang.
Yip, itu benar. Banyak uang yang bakal bisa dihemat, kalo kita bisa merawat dan memperbaiki komputer sendiri. Dan itulah salah satu tujuan blog ini. Yaitu, biar kita bisa merawat dan memperbaiki komputer sendiri. Bahkan, jika perlu, kita bisa dapat uang dengan cara merawat dan memperbaiki komputer orang lain. Karena itu, rajin-rajinlah membaca blog ini. Jangan lupa juga untuk memasukkan email mu di kotak yang telah disediakan (promosi dikit, red).
However... akan tetapi... jaminan perbaikan secara berkala ini terkadang cukup menguntungkan, jika memang pihak penjual menawarkannya. Terutama jika komputer yang kita beli tersebut termasuk kategori high-end atau kelas kakap. Atau laptop misalnya. Seperti yang kita bahas kemarin melalui artikel "Pilih Desktop atau Laptop?," dari situ kita jadi tahu bahwa laptop membutuhkan perhatian yang lebih.
Suku cadang laptop juga seringkali sulit di dapat. Dan akan sangat menyenangkan, jika kita bisa mendapat jaminan perbaikan secara berkala, dari penjual. Jaminan ini bisa kita minta dengan cara membuat kontrak perjanjian. Jaminan seperti ini memang tidak selalu disediakan oleh penjual. Jadi, kalo ada yang menawarkannya, cobalah untuk mempertimbangkan.
Bantuan Teknis
Kejadian-kejadian aneh yang sering kita alami saat menggunakan komputer yang beru dibeli itu bisa jadi disebabkan ketidaktahuan kita sendiri. Ketidaktahuan kita itu yang mungkin menyebabkan komputer tersebut kita anggap aneh. Padahal mungkin sebenarnya komputer itu normal. Itu artinya kita yang aneh? Mungkin.
Jadi, saat membeli komputer, beberapa penjual biasanya menawarkan untuk memberikan pelatihan tentang cara penggunaan dan perawatan, ataupun bantuan secara teknis saat kita membutuhkan. Layanan ini terkadang menjadi satu paket dengan harga pembelian komputer. Tapi terkadang juga tidak. Jadi, tidak ada ruginya untuk mempertimbangkan layanan seperti ini, saat kita akan membeli komputer.
Online Resources
Inilah salah satu fungsi internet yang membuat hidup kita jadi lebih mudah dan indah. Banyak sumber-sumber atau online resources, yang bisa dijadikan referensi, untuk mencari tahu apa yang membuat komputer kita bertingkah aneh. Perusahaan-perusahaan pembuat suku cadang komputer umumnya menyediakan layanan online untuk konsumennya.
Dan online resources ini bisa kita jadikan pertimbangan lain, saat ingin membeli komputer. Saat ingin membeli suatu komputer, cari tahu dulu, apakah merek tersebut menyediakan online resouces bagi konsumennya? Jika iya, cari tahu juga berbayar atau gratisan. Jika gratisan, cari tahu juga apa mereka rutin mengupdate driver, patches, dan utility-nya.
Nah... itu tadi beberapa hal yang perlu kita ketahui dan lakukan saat akan membeli komputer, ataupun saat komputer bertingkah aneh, nakal, dan menggemaskan. Sampai disini... berarti sudah dua hal yang kita ketahui. Lalu, selanjutnya apa lagi?
Selanjutnya... kita akan membahas mengenai dimana kita bisa membeli komputer, dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan. Misalnya mengenai harga, merek, jenis processor, hardisk, memory, monitor, casing, etc. Jadi... jangan kemana-mana... kami akan segera kembali... setelah pesan-pesan berikut ini...