Blog Profits Blueprint (9)

Oke ..singkat saja ..jika sebelumnya aku melink pada seluruh artikel sebelumnya, dan kemudian terlintas dalam benakku yang masih kosong ini, jika terus-terusan dilink semua repot juga. Maka dengan sangat senang hati aku hanya akan melink artikel terakhir saja, yaitu artikel ini Blog Profits Blueprint (8), dan tentu saja artikel yang sedang kamu baca ini adalah terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak.

Mungkin kamu sedikit banyak merasa sebal, kesal, muak, dan mau muntah. Karena aku terus-menerus mengingatkan hal diatas, mengapa aku melakukan itu. Kamu mungkin sudah tahu, tapi kalau kamu belum tahu sinih tak kasih tahu. Itu untuk memperkuat antara satu artikel dengan artikel yang lain, plus meningkatkan posisi di search engine untuk keyword Blog Profits Blueprint, kali aja si Yaro ngeliat dan ngasih duit (mimpi !).

Jadi saranku sebelum kamu mengunjungi blogku lagi, sediakan ember disebelahmu sekedar untuk jaga-jaga jika kamu sudah benar-benar muak dan ingin muntah, gunakan ember tersebut. Daripada nanti repot harus lari tunggang langgang ke WC terdekat. Oke..cukup..kita lanjutkan perjalanan panjang dan melelahkan ini.

Traffic Tactics

Taktik traffik. Sebelum kamu mulai mengimplementasikan teknik manapun, aku sangat menganjurkan kamu untuk mempersiapkan artikel atau tulisan yang bagus di blog, mungkin paling tidak 10 artikel pillar. Saat kamu mulai keluar dan mencari calon pengunjung untuk blog dan saat mereka datang dan tidak menemukan yang bermanfaat, kamu hanya akan membuang waktu dalam upaya pemasaran. Aku yakin kamu pasti menyadari alasan ini, jadi mari segera kita mulai.

Image Hosted by ImageShack.us

Tujuanmu disini adalah untuk menjalin hubungan dan mendemonstrasikan kemampuan. Gunakan teknik yang sederhana untuk mulai membangun jalur komunikasi yang kecil, dan terus mengembangkannya hingga mendapat jalur komunikasi yang besar. Gunakan artikel terbaikmu untuk menarik lebih banyak traffik.

Saat artikelmu mendapat perhatian yang signifikan, maka cepat atau lambat blogger lain dan orang-orang akan merekomendasikannya, viral marketing akan mulai mengambil alih, yang kamu perlukan hanyalah kerja keras untuk mencapai titik tersebut. Ini beberapa cara taktik traffik tercepat dan mudah bagi blogger yang pemula. Teknik ini akan memberimu beberapa ratus pembaca baru.

Comment Marketing (pemasaran lewat komentar)

Betul, ini adalah anjuran yang umum, tapi ini cukup berhasil. Kita sudah mendiskusikan cara pintar untuk membuat komentar (berikan hal yang berharga, fokus pada blog yang mempunyai profile tinggi), sekarang yang perlu kamu lakukan adalah keluar dan lakukan.

Saat pertama mulai ngeblog aku (Yaro) mempunyai rutinitas setiap malam. Sebelum naik ketempat tidur, saat aku sudah benar-benar lelah untuk menulis apapun, maka aku berusaha setidaknya membuat 10 komentar yang berkualitas pada blog yang mempunyai tema sama. Penting untuk melakukan hal ini secara konsisten.

Forum Marketing (pemasaran lewat forum)

Seperti juga komentar, berikan beberapa hal yang berharga pada forum yang mempunyai relefansi dan tambahkan backlink pada signature untuk membawa pengunjung bagi blog. Lagi-lagi, semakin banyak waktu dan energi yang kamu investasikan bagi stabilitas dan kredibilitas di forum, semakin banyak kamu mengirimkan traffik untuk blog mu.

Satu dari sumber traffik yang pertama dan yang paling signifikan adalah, saat aku mendapat perhatian dari artikel yang kubuat pada tiga forum yang sangat populer dan mempunyai topik yang relevan dengan blog.

Aku menulis artikel yang solid tentang affiliate marketing, dengan referensi kepada blog ku, hal ini sebagai altenatif dari mempublikasikan artikel tersebut di blog. Konsekuensinya adalah sebuah diskusi dimulai pada setiap forum, setelah artikle tersebut dipublikasikan dan banyak orang yang tertarik dan mengklik untuk melihat blogku.

Word of Mouth (pemasaran lewat mulut ke mulut)

Kata-kata adalah kekuatan yang paling kuat sebagai sumber traffik. Ketika mempertimbangkan artikel apa yang akan dibuat nanti, tanyakan pada diri sendiri - apa orang mau memberitahukan tentang artikel ini pada yang lain ?

Trackback Marketing (pemasaran lewat trackback)

Teknik ini tidak sebagus dulu lagi, tapi masih bisa memberikan sedikit traffik. Kirim trackback pada artikel blog lain kapanpun memungkinkan dalam tulisan di blog. Trackback berada pada daerah komentar dan diikuti oleh artikel di blog, dan sebisa mungkin untuk menjadi yang pertama mengirimkan trackback pada blog yang popular, beberapa traffik akan datang pada blog mu saat orang mencari informasi tambahan pada topik yang sedang didiskusikan di blog yang populer tersebut.

Kamu juga bisa menarik perhatian pemilik blog saat mengirimkan trackback. Jika kamu tidak tahu apa itu trackback, isu ke 8 dari Blog Traffic Tips newsletter ku punya penjelasannya, atau cari di Google tentang bagaimana cara mengirim trackback. Kamu bisa mendaftar pada free newsletter di www.BlogTrafficKing.com atau cari di arsip newsletter pada Blogging Forum ku.

Blog Carnivals (pemasaran lewat blog carnivals)

Aku mendapat sukses yang besar pada tahap-tahap awal saat aku mengirimkan pillar artikel pada beberapa blog carnivals.

Blog carnivals adalah artikel pada blog yang berbentuk summary sebuah koleksi artikel dari berbagai blog yang berbeda dengan topik yang spesifik. Ide ini untuk mengumpulkan artikel-artikel terbaik pada minggu tersebut. Kebanyakan blog lain akan membuat link balik pada blog yang menjadi host di blog carnivals dan sebagai hasilnya adalah blog yang menjadi host akan menikmati hasil yaitu mendapatkan pengunjung baru.

Sumber: Blogging For Beginners and 10 Blog Traffic Tips

Kamu bisa menemukan daftar blog yang bagus di http://blogcarnival.com. Kamu juga bisa mengirimkan artikel ke carnivals melalui situs ini. Partikan untuk memilih carnivals yang relevant dengan tema blog dan kirim artikel terbaikmu jika kamu ingin mendapatkan traffik tambahan. Itu saja !

Aku bisa terus membuat daftar teknik-teknik yang mudah untuk diimplementasikan, tapi coba kita lihat kembali, kamu mungkin sudah tahu beberapa teknik diatas, tapi belum mengkonsentrasikan waktu untuk mengimplementasikan salah satu dari beberapa teknik ini agar mendapat hasil yang signifikan.

Aku tidak ingin memenuhi pikiranmu dengan ide-ide, yang aku inginkan kamu keluar dan mengimplementasikan teknik diatas dan lakukan sesering mungkin agar mendapat pengalaman sebagai hasil yang sesungguhnya. Ini tentang mengkonsentrasikan usaha. Sediakan waktu untuk melakukan beberapa teknik ini berulang kali dan akan memberimu hasil yang lebih baik dari pada melakukan semua teknik yang pernah kamu pikirkan, tapi hanya satu kali.

  • Keluar setiap hari dan tinggalkan komentar pada blog-blog yang menarik.
  • Berikan kontribusi pada 1-3 forum setiap hari - buat artikel penuh jika bisa.
  • Setiap kali kamu menulis artikel baru pada blog kirim trackback ke blog lain.
  • Kirim artikel terbaikmu ke blog carnival secara teratur - jangan hanya sekali.

Setelah selama enam bulan blog ku berjalan aku tidak melakukan apapun selain menulis artikel yang bagus dan melakukan teknik dasar pemasaran diatas. Aku setidaknya selalu melakukan salah satu dari teknik diatas setiap hari selama masa awal kehidupan blog ku.

Kamu bisa mengganti teknik ini dengan teknik manapun yang kamu miliki - buat pres release marketing, lakukan pertukaran link, pertukaran isi, menjadi penulis tamu bagi blogger lain misalnya. Lakukan pemasaran melalui MySpace.com, MyBlogLog.com, atau BlogCatalog.com, media-media sosial atau pemasaran melalui artikel - dan yang paling penting lakukan sesuatu hingga cukup untuk mendapatkan hasil.

Aku tidak mengkonsentrasikan pada semua teknik diatas lagi, karena aku sudah mempunyai audience yang cukup untuk membantuku menyebarkan kata-kata ku setiap kali aku membuat pillar artikel. Kamu kan belum - tapi nanti pasti - kamu bisa mulai membangunnya untuk menikmati keuntugan yang sama dengan blogger yang sudah pada ngetop abis..bis..bis.

Peer Relationships

Hubungan yang adil. Traffik besar pertama yang aku dapatkan adalah saat blog yang populer membuat link balik pada blog ku. Mengapa mereka membuat link balik ? karena 2 alasan:

  1. Aku mengontak beberapa blogger, atau melakukan sesuatu untuk menarik perhatian sang blogger.
  2. Aku membuat artikel dan membuat link yang berharga juga bagi mereka.

Traffik terbesar yang pernah aku dapat, yang juga secara efektif melipat gandakan traffik pada saat yang bersamaan, adalah dari orang yang paling kamu kenal - Darren Rowse dan blog nya Problogger.net.

Image Hosted by ImageShack.us

Darren membuat link pada artikel series ku yang berisi detail sejarah bisnis yang pernah kujalani, sebuah artikel series yang besar dan berisi review berbagai macam bisnis yang pernah aku jalankan pada kehidupanku sebelumnya. Itu hampir dua tahun yang lalu dari saat aku menulis artikel ini, dan semenjak itu kami berbagi traffik antar blog pada setiap kesempatan.

Mengapa Darren membuat link pada artikel tersebut ? karena aku membuat kontak secara langsung padanya saat aku mengunjungi blognya. Memang sedikit membantu karena kami sama-sama orang Australia, tapi sebelumnya aku datang menyapa dulu untuk membuat kontak. Dari perkelanan tersebut Darren terus mengawasi blog ku dan ketika aku menulis sesuatu dan menurutnya akan membuat audiencenya tertarik, maka dia membuat link.

Ini kasus klasik untuk menjalin dan memperkuat hubungan yang adil. Hubungan yang adil adalah kunci untuk mengakses jalur komunikasi yang besar dan semua itu adalah tentang bagaimana mencari teman online. Blogger biasanya lebih suka membaca blog dari orang yang mereka kenal dan sukai. Jika blogmu belum pernah di baca oleh Top Blogger maka kamu belum mempunyai kesempatan untuk mendapat link darinya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memulai hubungan yang adil. Berikut beberapa ide yang berhasil aku gunakan:

1. Kirim beberapa link sebelum kamu mengharapkan menerima link balik.

Salah satu cara terbaik untuk mendapat perhatian dari blogger lain adalah memberi sebelum menerima. Kirim link pada mereka melalui salah satu artikel dan blog mu akan tampil dalam radar. Lakukan sesering mungkin dan mereka akan memperhatikan dan semoga saja membuat link balik, terutama jika kamu mempunyai artikel yang bagus untuk di link.

2. Kirim Email untuk memperkenalkan diri

Kirim email pada blogger lain, sekedar mengucapkan hallo, jelaskan bahwa kamu menikmati blog mereka dan itu saja. Bangun pondasi dari sebuah hubungan sebelum memintanya melakukan sesuatu.

3. Kirim email pada blog yang ngetop setelah kamu mempublikasikan artikel yang benar-benar bagus.

Brian Clark, yang dikenal lewat CoppyBlogger.com, pernah mengatakan padaku dalam sebuah interview, saat pertama dia ngeblog si dia (Brian Clark) mengirimkan 30 email pada blog lain yang mempunyai tema yang sama, memberitahukan mereka tentang artikel yang dia publikasikan.Yang membantu adalah artikel Brian's memang fantastic, tapi kamu lihat sendiri bahkan saat ini blogger yang ngetoppun harus memulai pemasaran yang proaktif.

Berhati-hatilah dengan cara yang satu ini - jangan mengharapkan blogger lain untuk merespond jika kamu mengirim email dan meminta mereka membuat link - itu mungkin saja berhasil, tapi kemungkinan besar tidak. Kamu akan mendapat hasil yang lebih baik dengan cara membangun komunikasi dengan sang bloger terlebih dahulu, dan ketika kamu membuat kontak untuk meminta link, maka itu seperti seorang teman yang meminta, bukan dari orang asing.

4. Lakukan wawancara

Teknik ini memberikan hasil yang mengagumkan. Kamu mewawancarai blogger yang ngetop dalam industrimu dan kemudian mempublikasikannya dalam bentuk artikel di blog. Pada kebanyakan kasus si blogger akan memberi link pada artikel hasil wawancara tersebut untuk membagikannya pada audiencenya sendiri, ditambah dengan cara mewawancarai tersebut maka akan membantumu untuk menjalin hubungan.

Dan yang terbaik adalah, wawancara mudah untuk dilakukan dan kebanyakan isi artikelnya adalah berasal dari orang yang diwawancarai. Ini cara yang paling mudah untuk membuat artikel yang bagus, mendapat promosi gratis dari blog yang ngetop, dan menjalin hubungan dengan blogger yang ngetop.

5. Melakukan wawancara di Podcast

Podcasting adalah teknik yang lebih menantang daripada blogging, tapi kamu akan mendapatkan hasil lebih dari semua cara diatas jika melakukan wawancara melalui podcast, ditambah kamu akan memilliki gayamu sendiri untuk didengar selama wawancara, ini dapat meningkatkan profilemu dalam dunia blog.

Jika kamu tidak tahu apa yang dimaksud dengan podcast, baca defenisinya ada pada artikel ini: Apa itu Podcast. Hampir semua peningkatan traffik yang besar berasal dari link blog yang ngetop, mereka membuat link pada salah satu pillar artikel ku. Kebanyakan blogger yang melink padaku berupa ucapan terimakasih atas hasil kerjaku dan usahaku membangun jalur komunikasi yang kecil.

Mereka mungkin menemukan blogku karena aku sering meninggalkan beberapa komentar pada blog mereka. Atau Aku mengirimkan email sekedar untuk menyapa, atau melakukan wawancara dengan mereka atau dengan blogger lain yang aku kenal. Mungkin juga karena mereka membaca artikel yang aku publikasikan melalui forum, atau mereka menemukan blog ku melalui artikel yang aku kirimkan pada blog carnival.

Kamu harus menempatkan dirimu diluar sana jika kamu ingin mendapat perhatian, dan ingat betapa pentingnya perhatian jika kamu ingin menggantungkan penghasilan melalui blogging.

Network Effects

Effek network. Keindahan dari suatu hubungan yang adil adalah effek network. Saat kau mendapat perhatian dari salah satu blogger, itu berarti bukan hanya dia yang akan menemukanmu. Seluruh networknya akan terpengaruh dan juga belajar tentang mu, dan yang lebih baik lagi kamu akan mendapat rekomendasi baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Blogging adalah tentang membangun network. Saat seorang top blogger membuat link padamu, dan mendadak blogger-blogger lain juga akan mendengar tentang mu. Kesempatan yang akan kamu dapat adalah mungkin diantaranya ada beberapa blogger yang ngetop, dan beberapa diantaranya mungkin akan membuat link padamu suatu hari kelak.

Proses ini akan belangsung secara terus menerus dan setiap kali link dikirim dari satu blog ke blog lain, maka tanpa sadar kamu telah mendobrak network yang besar. Amin. Selanjutnya kita akan membahas mengenai Start With Your Peers dan Bigger and Better Content Pillars, so ..stay tune ..jangan kemana-mana, aku akan kembali setelah yang satu ini.