Mengembangkan Topik
Goal-of-the-DAY ... Melakukan riset untuk mencari dan mengumpulkan 5 buah keyword untuk masing-masing konsep (3 buah konsep) dengan profitabilyti yang tinggi, mencari data SUPPLY dan DEMAND untuk masing-masing keyword tersebut hingga nantinya bisa menghasilkan sebuah Master Keyword List.
Ongoing Goal ... Menggunakan data yang terdapat pada SUPPLY dan DEMAND dan terutama data yang didapat setelah melakukan BREAKOUT untuk mengembangkan Master Keyword List menjadi lebih besar dan lebih profitable lagi. Master Keyword List ini yang akan menjadi materi untuk membuat content.
Dengan tujuan ini maka ...
Katakanlah saat ini kamu menyukai topik tentang fashion. Kamu makan, minum, dan tidur dengan pikiran itu. Kamu membaca semua majalah mengenai fashion. Kamu selalu mendatangi bagian ini saat mengunjungi toko buku. Teman mu sampai muak saat kamu mulai bicara tentang fashion.
Kini saatnya untuk mencari ide dan memilahnya. Pada tahap awal, kamu akan mencari sebanyak mungkin keyword yang berhubungan dengan fashion. Lalu pilih dan singkirkan keyword yang berpotensi rendah untuk mendatangkan profit (LOW PROFITABILYTI).
Apa hal pertama yang harus kamu lakukan ? Menggunakan tools untuk mencari keyword. Ada tiga informasi yang akan kamu cari disini ..
- Demand.
- Supplay.
- Breakout.
Buka browser dan mulai dengan ..
Demand
Sekarang saatnya akan mencari keyword yang berhubungan dengan topik terpilih, "fashion". Kamu bisa menggunakan Overture’s Suggestion Tool atau yang biasa dikenal dengan GoTo.com. atau menggunakan 7Search “Related Keywords”. Atau bisa juga menggunakan 7Search “Related Keywords”, tool ini berfungsi sama namun mempunyai beberapa kelebihan. Gunakan keduanya untuk melakukan pemeriksaan secara silang (cross check).
Bagaimana? sudah siap? Sudah membuka Overture’s Suggestion Tool? Bagus ! Sekarang masukkan kata "fashion" dan tekan tombol untuk mulai mencari, selanjutnya Overture akan menampilkan kata-kata yang sering digunakan oleh pengguna internet yang berhubungan dengan kata "fashion"
Hal yang perlu diingat. Saat menyebutkan "keyword", itu berarti bisa satu kata atau lebih. Saat kamu membuat daftar keyword, jangan membatasi diri dengan hanya memilih satu kata. Karena kebanyakan pengguna internet menggunakan beberapa kata sekaligus saat melakukan pencariannya melalui search engine.
46372 fashion design 45014 fashion bug 41448 fashion police 35215 fashion model 29879 fashion game 28150 fashion show 26991 fashion designer ... dst ... | 7819 2007 fashion 7683 60s fashion 7451 fashion institute of technology 7280 fashion design school 7199 fashion week 7117 2007 fashion latest style trend 7082 fashion trend ... dst .... |
Angka-angka yang tertera pada kolom sebelah kiri adalah jumlah pencarian yang dilakukan menggunakan keyword tersebut pada bulan yang bersangkutan di Overture. Dengan kata lain bahwa angka tersebut adalah indikasi dari jumlah DEMAND, yang juga merupakan angka dari potensi jumlah pengunjung yang menggunakan keyword "fashion".
Kamu mungkin melihat bahwa semua kata tersebut berbentuk kata tunggal (singular). Overture tidak membedakan antara kata tunggal (singular) dengan kata yang berbentuk jamak (plural). Jika kamu melakukan query "fashion models" (jamak) atau "fashion model" (tunggal) pada Suggestion Tools, maka kamu akan mendapat hasil yang sama.
Angka itu merupakan kombinasi dari semua pencarian baik yang menggunakan keyword “fashion models” atau “fashion model” di Overture pada bulan yang bersangkutan. Hanya satu masalahnya, bagaimana jika dari 35215 tersebut, 35214 nya yang menggunakan keyword "fashion models" (jamak) dalam pencariannya ?
Bukankah akan sangat merugikan jika kita memilih keyword "fashion model" (tunggal), karena hanya ada satu yang menggunakan keyword tersebut. Biasanya, instingmu akan memberitahu keyword mana yang banyak digunakan (tunggal atau jamak). Dengan kata lain, kamu seharusnya juga bisa melihat bahwa kata "fashion models" (jamak) akan lebih banyak digunakan orang daripada "fashion model" (tunggal).
Masih tidak yakin? .. coba periksa dengan menggunakan 7Search “Related Keywords” Tool, benar kan! Mengapa hal ini penting? Karena nantinya kamu akan membuat content yang fokus pada penggunaan keyword dengan profitabilyti yang tertinggi. Salah satu faktor profitabilyti ditunjukkan melalui jumlah DEMAND pada keyword terpilih.
Jika kamu mengikuti contoh ini, tentu saja kamu akan melihat angka yang berbeda. Tapi yang terpenting untuk ditunjukkan disini adalah bagaimana cara melakukannya, bagaimana cara mencari keyword dengan profitabilyti tertinggi (highest profitabilyti). OK, apa yang sudah kita dapatkan sejauh ini?
Kita sudah mempunyai ide, apa yang diinginkan oleh calon pengunjung. Dengan kata lain kita sudah tahu apa DEMAND atau kebutuhan mereka, berapa banyak, dan beberapa jumlah variasi keywordnya. Beberapa diantara keyword tersebut akan menjadi keyword mu dengan profitabilyti yang tinggi pada kata terpilih, yaitu "fashion".