Struktur dari Situs Mu

Master Affiliasi

Home page atau halaman depan dari situs mu harus bisa menjelaskan kepada pengunjung tentang apa sebenarnya situs mu, dan apa yang akan kamu berikan kepada pengunjung. Home page tersebut memadukan VPP (Valuable PREselling Proposition) dan memberikan pernyataan mengenai informasi utama yang akan kamu berikan kepada pengunjung.

Bayangkan situs mu sebagai sebuah pyramid, dengan home page mu sebagai mahkota diatasnya. Home page mu harus merujuk ke tujuh halaman lain. Tujuh halaman yang mengandung keyword mu yang memiliki profitabilyti tertinggi dan cocok dengan semua konsep dari situs dan VPP mu.

Lihat kembali Master Keyword List mu dan pilih tujuh keyword yang terbaik berdasarkan tingkat profitabilyti dan relevansinya. Maka home page mu akan melink ke tujuh halaman ini, baik dalam body copy maupun melalui navigasi. Home page mu tidak boleh melink secara langsung ke situs merchants yang menjadi partner, hal itu terlalu terburu-buru.

Home page mu harus merujuk ke halaman mu yang lain, yaitu halaman dengan keyword mempunyai profitabilyti tertinggi. Home page mu tersebut harus mendapatkan klik setidaknya satu kali dari ketujuh halaman yang di link nya. Mengapa ke tujuh link tersebut sangat penting? Karena dua alasan, dengan membuat link-link tersebut berarti ..

1) Pengunjung mu akan bisa masuk ke “money page” -- yaitu halaman mu yang fokus pada keyword dengan profitabilyti tertinggi dan memberikan informasi bermutu dan juga memiliki link ke situs merchants partner mu sebagai bagian dari rekomendasi mu. Ini adalah cara untuk mendapatkan income mu. Itu berarti bahwa kamu harus mengarahkan pengunjung mu ke halaman yang paling berpotensi untuk mendatangkan profit.

2) Spider dari search engine akan mengikuti link dari home page tersebut dan mengindex halaman mu yang terpenting terlebih dahulu. Mengapa hal ini sangat penting? Sebab, semakin jauh spider menjelahi situs mu, maka semakin besar kemungkinan spider tersebut melewatkan beberapa halaman yang akan di index di databasenya.

Maka yang kita inginkan adalah membuat strukture situs yang benar, agar halaman yang memiliki kemungkinan tertinggi untuk mendatangkan profit, harus mempunyai kesempatan terbaik untuk diindex terlebih dahulu oleh search engine melalui spider-nya.

Kita akan menyebut ketujuh halaman dengan keyword yang memilki profitabilyti tertinggi tersebut sebagai halaman “TIER 2” atau halaman level 2. Mengapa disebut halaman level 2? Karena halaman tersebut memang berada pada level 2 dibawah halaman utama atau home page mu. Tujuh halaman tersebut nantinya akan memiliki link yang merujuk ke 5-10 halaman lain dibawahnya.

Kamu tentunya tidak ingin salah dalam memilih ke tujuh keyword yang akan menjadi andalan tersebut. Beberapa diantaranya mungkin terlalu dekat dalam pengertian.Yang lain mungkin akan sulit untuk merujuk ke halaman level 3. Jadi kamu harus memilih tujuh keyword yang paling masuk akal dan bisa membantu memperkuat situs mu secara keseluruhan.

Halaman level 3 harus berhubungan dengan halaman level 2 yang melinknya. Sebagai contoh, katakanlah setelah kamu melakukan riset, “outlet malls” adalah salah satu dari keyword mu yangmemiliki profitabilyti paling tinggi. Lalu apa yang harus kamu lakukan ?

Buat sebuah halaman level 2 yang berjudul “Top Factory Outlet Malls Where You Can Shop Via The Net” dan simpan dengan nama file “outlet-malls.html”. Halaman ini akan melink pada halaman level 3 yang berisi ...

  • daftar outlet-outlet online yang terpopuler untuk produk sepatu.
  • daftar outlet-outlet online yang terpopuler untuk produk pakaian.
  • daftar mall-mall yang memberikan discount terbaik untuk produk-produk tertentu.

Berikut beberapa point kunci untuk membuat halaman level 3. Mungkin yang menjadi keyword utama pada halaman tersebut bukanlah keyword dengan profitable yang tertinggi. Hal itu bisa kamu lihat dari data DEMAND yang menunjukkan bahwa tidak terlalu banyak orang yang menggunakan keyword tersebut dalam pencarian. Tapi itu bukan berarti bahwa halaman dengan keyword tersebut harus mengalami penderitaan.

Caranya? Cari keyword dengan DEMAND yang lebih tinggi dan mempunyai hubungan dengan keyword utama dari halaman level 3 tersebut. Sebagi contoh, katakanlah keyword utama pada halaman level 3 tersebut adalah “fur discount malls.” dengan data DEMAND yang tidak terlalu tinggi. Dan kamu membuat halaman level 3 yang berisi “best fur discount mall”.

Lalu kamu cari keyword yang berhubungan dengan keyword tersebut dan memiliki jumlah DEMAND yang lebih tinggi, dan kamu temukan bahwa “fur coat” adalah keyword yang cocok.

Yang harus kamu lakukan adalah: Buat content yang bermutu tentang "fur coat" melalui halaman level tiga tersebut, dan arahkan ketempat-tempat terbaik agar bisa menghasilkan penjualan yang terbaik pada produk-produk yang mahal tersebut.

Jadi formulanya tetap sama ... berikan content yang terbaik. Dan mendapat click menuju ke situs merchant yang menjadi partner. FIND-CLICK-CLICK-CLICK-kaCHING!.

So, halaman level 1 yaitu home page akan melink ke tujuh halaman level 2 (jangan lebih dari tujuh, karena akan membuat navbar mu terlihat sesak). Dan halaman level 2 tersebut masing-masing akan merujuk ke 5-10 halaman level 3. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini ..

Master Affiliasi

Ini adalah pendekatan level 3 yang jelas, mudah, dan navigable dari sebuah situs, baik bagi pengunjung maupun bagi spiders. Spider selalu datang melalui pintu depan. Dari situ, kamu harus membuat jejak yang bagus untuk ditelusurinya. Agar spider dengan mudah dapat mengindex seluruh halaman mu berikutnya.

Bagaimana dengan pengunjung? Pengunjung mungkin akan menemukan halaman manapun, entah itu halaman level 1, 2, atau 3 melalui search engine. Maka setiap halaman level 3 harus menyediakan link back yang berhubungan dengan halaman level 2. Dan hal yang sama berlaku untuk halaman level 2, harus menyediakan link back yang berhubungan dengan halaman level 1.

Atau, jika hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan, maka buatlah link hanya pada halaman-halaman yang benar-benar mempunyai hubungan atau keterkaitan. Ingatlah bahwa tujuan mu sebenarnya adalah mendapat klik yang merujuk ke situs merchant dari pengunjung!.

Setelah level 3 dan 50-70 halaman, akan membutuhkan pemikiran yang lebih agar semua halaman bisa terindex. Pada saat ini, seharusnya kamu sudah lebih bisa menguasai dan menjadi salah satu "pemain" dari topik yang relatif kecil atau sempit tersebut.

Dan waktu mu akan lebih kamu fokuskan untuk mempersiapkan topik dan situs berikutnya. Sebagai contoh .. WORLDSBEST-ElectronicFactory-outlet-stores.com. Ingat, setiap topik harus berdiri sendiri .. WORLDSBEST-SportsFactory-outlet-stores.com

  • WORLDSBEST-ElectronicFactory-outlet-stores.com
  • WORLDSBEST-FurnitureFactory-outlet-stores.com
  • WORLDSBEST-MusicFactory-outlet-stores.com
  • WORLDSBEST-WhateverElseExistsFactory-outlet-stores.com

Tapi setelah kamu berhasil menjalankan ketiga topik tersebut, maka ada satu level lagi diatas semua level tersebut. Mari kita sebut dengan level nol atau TIER ZERO...

  • WORLDSBEST-Factory-outlet-stores.com

Ini adalah “SUPER HOME PAGE” yang akan melink pada semua home page mu yang lain, dan tentu saja menjelaskan dan mengantarkan VPP dari mini-portal mu. Dan saat itu, kamu sudah bisa menawarkan program periklanan pay-per-click atau pay-per-click banner advertising dan bahkan membuat dan melink pada toko online mu sendiri.

Yup, kamu sudah mempunyai bisnis yang berkembang pesat! Tapi semua itu masih harus kamu jalankan. Spider akan menjelajahi setiap halaman level 1,2 dan 3 mu. Ingatlah, saat ini program komputer yang mereka gunakan semakin hari semakin pintar dan fokus pada tema. Apa artinya ini bagimu ? ..

1) Mereka akan menganalisa semua halaman yang berada di dalam database mereka dan memutuskan apa tema utama dari situs mu. Jadi, pastikan bahwa tidak ada satupun dari halaman mu yang keluar dari tema, atau kamu akan membuat mereka bingung. Jika kamu mempunyai ide yang bagus untuk sebuah HIGHLY PROFITABLE Keyword-Focused Content Page tapi keluar dari tema, simpan saja untuk topik atau tema situs mu berikutnya.

2) Apakah kamu pernah membuat halaman dengan cara menduplikasi dan mengganti keywordnya saja ? Metode ini hampir sama dengan metode sukses yang sering digunakan pada tahun 1998 dan 1999. Tapi metode ini semakin lama semakin cepat hilang kefektifannya, dan nantinya kecurangan seperti ini akan semakin diminimalkan oleh program dari search engine yang semakin pintar dalam membandingkan semua halaman pada situs mu. Bahkan membandingkan dengan halaman yang berada pada situs lain. Waktu akan menjawabnya.

Sampai disini berarti kita sudah tahu bagaimana cara membuat struktur yang baik bagi situs mu nantinya. Sekarang saatnya mengisi struktur tersebut dengan content yang bisa membawa kita pada dua tujuan utama, yaitu .. Deliver valuable content to your readers... ... AND tasty content to your spiders.