10 Contoh Aksi Neuro-Marketing yang Ampuh
Pernahkah Anda berjalan-jalan di mal dan merasa tertarik pada beberapa pakaian dan barang yang dipajang? Ini lebih dari sekadar keberuntungan belaka; itu adalah hasil dari "Neuro-Marketing" dalam Aksi.
"Neuro-Marketing" memungkinkan kita ditarik ke merek tertentu—bahkan jika merek serupa menyediakan produk yang sama persis. Ini mungkin tidak murni berdasarkan kualitasm tetapi lebih karena cara mereka memasarkan produk mereka lebih menarik bagi otak kita.
Perusahaan yang berbeda telah menggunakan pendekatan praktis yang berbeda untuk meningkatkan strategi "Neuro-Marketing" mereka.
Dari menggunakan bayi dalam iklan alih-alih menggunakan orang dewasa, karena wajah bayi yang menggemaskan lebih cepat menarik perhatian kita, hingga warna tertentu yang menarik berbagai kelompok orang, "Neuro-Marketing" mendapatkan daya tarik yang besar di dunia modern.
Neuro-Marketing: Era Baru Teknologi Pemasaran
Otak konsumen sulit untuk dikonseptualisasikan. Anda ingin memastikan bahwa Anda membuat metodologi periklanan yang memodelkan otak konsumen, jalur saraf, dan bias kognitif dalam memilih produk Anda.
Meskipun Neuro-Marketing telah menjadi lebih populer selama beberapa tahun terakhir, bagaimana kita benar-benar tahu itu efektif? Nah, para peneliti telah menunjukkan efek dari peralatan membaca otak Neuro-Marketing seperti EEG dan pemindaian MRI.
Berikan seseorang dua produk yang sama dari pabrikan berbeda, dan Anda akan melihat aktivitas yang ditandai di lobus frontal kiri untuk yang menghasilkan emosi paling positif dan kanan untuk yang menghasilkan emosi paling negatif. Anda tidak bisa melawan biologi dan otak!
Kita hanya menggunakan 20% dari otak kita saat kita sadar dan menjalani kehidupan kita sehari-hari. Tetapi bagaimana jika Anda bisa menggunakan lebih banyak? Di sinilah sesi pelatihan kami berikutnya, memungkinkan Anda untuk berpikir lebih jauh, lebih dalam, dan dengan pola pikir yang diperbarui!
Jadi sekarang mari kita jawab pertanyaannya: Bagaimana sebenarnya "Neuro-Marketing" diterapkan?
Itu Semua Tentang Tatapan Ma ta
Ma ta kita dipengaruhi oleh begitu banyak mode dan intensitas input sensorik yang berbeda. Agen pemasaran menggunakan "Neuro-Marketing" sebagai cara untuk menyaring apa yang tidak ingin kita lihat dan menarik sifat kita yang lebih manusiawi.
Ca ra utama mereka melakukan ini adalah dengan membuat konten yang menciptakan pengalaman pengguna yang mudah dilihat. Neuro-Marketing telah menemukan bahwa dengan menggunakan bayi yang melihat produk, meningkatkan penjualan secara dramatis, daripada jika menggunakan orang dewasa.
Aspek ini diketahui melalui teknologi eye-tracking yang menyimpulkan titik fokus utama dalam iklan adalah wajah bayi. Sekarang Anda tahu apa yang harus disertakan pada saat Anda memasang iklan!
Warna dan Kemasan
Palet warna dan bahan kemasan sangat penting untuk menarik pelanggan ke produk Anda. Neuro-Marketing telah menemukan bahwa menggunakan kemasan matte daripada yang bersinar menyebabkan lebih banyak aktivitas positif di lobus frontal kiri.
Untungnya, Anda tidak perlu menjadi seniman untuk memilih warna bagi kelompok orang yang ingin Anda targetkan. Dengan menggunakan warna merah, Anda benar-benar menghilangkan rasa cemas secara alami. Warna biru biasanya untuk para profesional, dan oranye untuk mereka yang bekerja di bidang pertanian.
Pilihan kemasan dan warna sama pentingnya dengan produk itu sendiri. Sama sekali tidak berguna jika Anda memiliki produk yang luar biasa dan unik, tetapi tidak ada yang mau membelinya. Neuro-Marketing akan membantu Anda memecahkan masalah itu!
Efisiensi Iklan dan Kelumpuhan Keputusan
Iklan memainkan aktivitas otak kita. Semakin banyak aktivitas yang dihasilkannya, semakin kuat jalur saraf ke lobus frontal kiri kita. Hal ini tidak hanya menciptakan keinginan akan produk tersebut, tetapi juga menyebabkan kita berfokus secara eksklusif pada produk tersebut.
Namun, masalah muncul ketika Anda memberikan terlalu banyak pilihan untuk dipilih. Hal ini menyebabkan kelumpuhan keputusan dan penurunan kemungkinan seseorang membeli produk atau layanan Anda.
Sempurnakan produk Anda menjadi satu atau dua varian dan iklankan di area yang merangsang mental. Semakin banyak kaki yang melewati iklan Anda, semakin besar peluang Anda untuk menjadi lebih dekat dengan satu juta dolar berikutnya.
Keengganan Rugi
Pernahkah Anda jatuh ke dalam perangkap spesial, "beli dua dapat tiga", padahal sebenarnya, keduanya memiliki harga yang sama persis seperti jika Anda membeli tiga dari produk itu? Inilah yang dimaksud dengan keengganan rugi. Bahkan bisa disebut sebagai Fear of Missing Out atau FOMO, dalam dunia pemasaran.
Itu karena konsumen takut kehilangan kesepakatan sehingga mereka merasa lebih cenderung untuk membeli produk. Dengan menekankan harga murah atau tingkat keuntungan yang akan diperoleh konsumen, Anda akan memperoleh lebih banyak penjualan daripada yang pernah Anda bayangkan.
Penahan
Anda membutuhkan "ekstra" yang akan mengayunkan kesepakatan sesuai keinginan Anda! Jika Anda menemukan produk yang sama di dua toko berbeda dengan harga yang sama, apa yang akan memengaruhi keputusan Anda terhadap toko tertentu?
Banyak yang telah menemukan bahwa menggunakan sistem kartu hadiah di dalam toko mempromosikan lebih banyak orang dan tingkat penjualan yang lebih tinggi. Jika saya tahu bahwa saya mendapatkan pengembalian atau ekstra untuk produk yang sama di toko tertentu, itu pasti akan menjadi preferensi pertama saya!
Pengaruh Penghargaan dan Hukuman
Otak kita berfungsi menggunakan hadiah versus hukuman. Jika saya melakukan tindakan ini atau membeli produk ini, berapa rasio imbalan atau manfaat terhadap hukuman atau kerugian?
Semakin banyak dopamin yang dihasilkan konsumen Anda saat melihat produk Anda atau mempelajari layanan Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk berkonversi.
Tata Letak Situs Web Dengan Judul Yang Berkesan
“Neuro-Marketing” sangat berfokus pada tata letak situs web yang sempurna dan pilihan judul untuk memastikan jumlah penjualan yang maksimal.
Bagaimana ini telah diuji adalah dengan menunjukkan kepada para peserta situs web dan berita utama tertentu dan mengukur aktivitas lobus frontal kiri dan kanan mereka sampai mereka mendapatkan kombinasi terbaik. Peretasan tata letak situs web ini sudah tersedia secara online.
Lebih lanjut ditemukan bahwa tajuk utama yang memanfaatkan penggunaan aliterasi merangsang hippocampus otak kita, memastikan bahwa kita mengingat tajuk khusus itu. Semakin menarik slogan atau nama perusahaan Anda, semakin mudah untuk diingat.
Kesimpulan
“Neuro-Marketing” membuat gelombang dalam dunia yang digerakkan oleh konsumen saat ini. Metode ini telah menemukan cara untuk menyempurnakan produk menuju kelompok sasaran tertentu sambil memastikan bahwa ada daya tarik yang cukup untuk menghasilkan pendapatan yang cukup. Jangan lupa untuk laik, dan komen video ini, dan sab scraib ke channel ini, agar Anda merasa lebih bahagia. Sekian dan terima kasih.