Blog Profits Blueprint (10)

Seimbang, setingkat, selevel. Dalam dunia ini, bahkan dalam kubur dan akhiratpun semua dibedakan berdasarkan tingkat-tingkat terentu. Si kaya hanya mau bergaul dengan yang kaya, sipintar hanya memperhatikan orang pintar lainnya. Sisukses lebih memilih berteman dengan orang sukses lainnya. Dalam dunia bloggingpun hukum ini berlaku.

Lalu bagaimana cara agar kita, blogger yang masih miskin ini bisa juga menjadi kaya dan diterima dalam lingkungan blogger yang kaya lainnya ? Yaro Starak dalam ebook Blog Profits Blueprint ini akan menjelaskan cara membangun traffik dari kecil hingga dewasa. Artikel ini juga masih lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu Blog Profits Blueprint (9).

Start With Your Peers

Mulailah membuat hubungan dengan yang se-level. Kenapa disebuat hubugan yang se-level ? pasti ada alasannya. Dan kamu harus segera memulainya. Peer, sama, seimbang, adil atau sejenis dan satu spesies, atau apapun istilah gaulnya adalah orang yang mempunyai situasi yang sama dengan mu. Dalam dunia blogging, peer adalah orang yang mempunyai blog yang setema dengan blog mu, mempunyai jumlah traffik yang sama, target audience, tujuan dan level yang sama.

Image Hosted by ImageShack.us

Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah, saat mereka diberi petunjuk untuk keluar dan menjalin hubungan dengan blogger lain, mereka langsung menunjuk bintang dan berharap bisa meraihnya. Mereka langsung menghubungi blogger yang sudah ngetop abis atau yang ngetopnya ampir abis, bagaimana mungkin orang yang sudah ngetop mau berteman dengan orang yang tidak ngetop, jarang terjadi di dunia ini maaan....

Blogger yang ngetop tuh ya biasanya super sibuk, mereka biasanya dikontak setiap hari oleh penggemarnya. Jadwal mereka sudah penuh, memberi seminar, ceramah, workshop, tulis sana, tulis sini, ngurusin anak bini, belum lagi ngurusin blognya sendiri. Mereka mendapat request setiap hari, entah itu yang cuma mo kenalan, minta tandatangan, minta duit, ngajak kencan, minta link ampe ada yang berani minta kawin, dan beberapa pemintaan tidak masuk akal lainnya.

Dan tentu saja tidak mungkin si blogger yang ngetop tadi bisa melayani semua permintaan tersebut. Beruntung jika kamu bertemu dengan blogger yang udah ngetop tapi masih mempunyai sifat rendah hati, baik budi, suka berbagi, dan murah hati. Maka permintaan mu mungkin saja dilayani, tapi itu jenis yang sudah sangat langka,, bahkan mungkin sudah punah.

Tapi aku (Yaro) beri tahu ya, ini berdasarkan pengalaman pribadi ku lho (Yaro). Saat blog mu mulai terkenal maka kamu akan banyak mendapat request setiap hari, dan memang tidak realistik jika harus menjawab semuanya setiap hari, bisa-bisa habis waktu hanya untuk menjawab setiap email yang masuk. Makanya pada kebanyakan kasus jika kamu hanya mengirimkan request pada blogger yang ngetop, jangan harap akan segera dibalas.

Elo hanya akan mendapat perhatian dari blogger yang ngetop jika elo juga sudah ngetop, itu yang namanya peer atau seimbang, sebaya, selevel, sekelas, nyaho' ? Saat kamu sudah mendapat traffik, cepat atau lambat elo akan mendapat perhatian, karena elo sudah mempunyai kredibilitas.

Adalah cara yang lebih pintar jika elo menghubungi orang yang se-level dengan mu. Orang yang mempunyai traffik, dan tujuan yang sama dengan elo akan lebih terbuka untuk melakukan link exchange atau tukeran link, berbagi traffik, dan menjalin hubungan. Maka dari itu cari orang yang se-level dengan mu, untuk diajak bekerjasama membangun traffik dan membuka jalur komunikasi.

Jika kamu mempunyai kesulitan dalam menjalin hubungan dengan yang se-level, misalnnya kamu dicuekin, dicibirin, diketawai'in, bahkan mungkin diludahin, ludahin saja lagi (eh nggak ding, becanda). Maksudku kirim ebook ini (Blog profits blueprint) kepadanya, biar dia juga tahu dan nggak kuper lagi (hehehe..), biar dia sadar betapa banyak manfaatnya jika menjalin hubungan dengan yang setingkat. (Hayo...siapa yang mau ?).

Bigger and Better Content Pillars

Seperti juga pada kasus jalur komunikasi, terkadang untuk benar-benar membuat kejutan besar kamu harus melakukan sesuatu yang benar-benar besar. Untiuk membuat blog menjadi benar-benar besar, butuh tulisan yang besar (bukan hurufnya yang dibesarin), unik dan spesial, yaitu artikel pillar yang besar.

Sepeti yang pernah aku singgung sebelumnya, semakin banyak upaya yang kamu lakukan, semakin besar hasil yang didapatkan. Ini karena hukum You get what you pay for dan secara umum begitu juga dengan minat dan perhatian seseorang terhadap mu.

Menulis ebook Blog Profits Blueprint yang sedang kamu baca ini misalnya, akan banyak mendatangkan traffik daripada sekedar menulis satu artikel. Artikel pillar yang besar akan memberikan sesuatu yang lebih besar dan sebagai imbalannya mendapat perhatian yang lebih besar (tapi sayangnya bukan bayaran yang besar).

Seiring dengan berkembangnya blogoshpere, semakin lama akan semakin sulit untuk melakukan sesuatu yang benar-benar spesial. Ini adalah hukum alam dalam dunia pemasaran. Orang pertama yang melakukan sesuatu yang benar-benar spesial dan unik, akan mendapat effek yang benar-benar besar, dan orang kedua yang melakukannya tidak akan mendapat effek yang sama besar, dan seterusnya.

Tapi ada beberapa teknik yang masih tetap bisa digunakan dan memberi hasil yang baik dan bisa membuka jalur komunikasi yang lebih besar, sekalipun teknik tersebut sudah pernah dilakukan sebelumnya. Berikut beberapa teknik yang bisa segera kamu lakukan:

Free Report

Yang satu ini adalah jenis pemain cadangan, terutama jika kamu mempunyai informasi yang sangat bagus dan tidak terdapat dimanapun. Sebuah file PDF singkat yang berisi 5-10 halaman, perkenalkan melalui blog atau sisipkan link ke blog, ini adalah sarana pemasaran yang fantastik. Jika kamu menyerang (memilih) topik yang populer, maka kamu akan membangun traffik yang signifikan.

Beberapa free reports telah di download dan dibaca oleh orang melebihi buku dengan predikat best seller, Hugh McLeod’s blog Gaping Void contohnya, telah membantunya untuk meningkatkan profilenya pada topik yang populer. Hugh menulis sebuah artikel yang populer, How to be Creative, dan menjadikannya free report dan telah di download milyaran kali.

Audio/Podcast/Teleseminar

Tambahkan podcast pada blogmu dan buat jalur komunikasi melalui audio. Beberapa blog populer dibangun dengan dukungan dari beberapa podcast yang populer, dan memanfaatkan kekuatan dari pemasaran menggunakan podcast seperti iTune (gunakan podcast tertentu melalui iTune untuk memaksimalkan traffik, ini gratis dan kamu bisa mempelajari cara menggunakannya melalui follow Apple’s guide to learn how).

Cara lain untuk memanfaatkan audio sebagai media pemasaran adalah teleseminar. Cari blogger lain ajak bergabung bersama menggunakan jalur telepon dan melinknya ke publik. Bicarakan mengenai topik-topik yang spesifik, mintalah pendengar untuk mengajukan pertanyaan, lalu rekam dan publikasikan di blog. Cobalah mencari orang yang punya reputasi pada topik yang kamu pilih, undang dia untuk melakukan teleseminar. Gunakan freeconference.com untuk melakukan teleseminar.

Video/Screencasts

Seperti juga audio, jika kamu menambahkan video berarti kamu menambahkan jalur komunikasi yang lain untuk menghubungkan orang. Jika kamu mempublikasikan video, contohnya menggunakan YouTube, dan membuat link pada blogmu, atau kamu mendistribusikan sebuah video melalui blog mu dan banyak blogger lain yang mengirim link pada video tersebut, akan meningkatkan traffik secara dramatis.

Viral marketing juga berlaku pada video yang benar-benar bagus, yang mungkin akan disaksikan oleh ribuan, bahkan mungkin milyaran orang setiap hari. Jika movie-style live action video terlalu sulit bagimu untuk dibuat, mulailah dengan software untuk melakukan screen capture seperti Camtasia, yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar komputer. Sebuah Camtasia tutorial adalah artikel pillar yang bagus. Software Camtasia aku gunakan untuk video yang kamu saksikan dalam ebook ini (Blog Profits Blueprint).

Software

Merelease software melalui blog bisa mendatangkan traffik yang besar, motor penggerak. Jika software yang kamu buat tersebut menjadi standar dalam melakukan sesuatu, maka hasilnya adalah expose secara massal.

Pikirkan tentang program sederhana seperti plug-ins untuk blog, atau extensions untuk browser Firefox, semudah untuk membuat sebuah software. Ini akan menghasilkan link pada blog dan gelombang traffik.

Ingatlah kamu tidak harus menjadi seorang programmer. Dengan ide-ide dikepala tongkrongin saja elance.com, rentacoder.com atau guru.com, dan buatlah software disana. Atau cari forum-forum tempat para programmer biasa ngumpul, dan minta untuk mengutip tulisanmu.

Pillar Series

Artikel pillar berseri seperti juga artikel pillar biasa, kecuali mambutuhkan lebih banyak kerja dan waktu untuk membuatnya. Daripada hanya satu artikel, kamu bisa menggabungkan beberapa artikel pada topik yang sama, dan menjadikannya artikel seri, seperti telenovela.

Kamu bisa membayangkan artikel seri seperti bab dalam buku, atau seperti laporan gratis yang berdiri sendiri dan kamu publikasikan sebagai artikel seri di blog. Seperti artikel pillar bagus lainnya, artikel pillar seri yang bagus sangat efektif untuk menarik perhatian dan membuka jalur komunikasi yang lebih besar, saat ada blog yang ngetop membuat link padamu.

Jika kamu ingin informasi tambahan mengenai cara membuat artikel pillar seri, bisa kamu dapatkan pada isu ke 38 di blog traffic tips newsletter ku. Kamu bisa mendaftar secara gratis di BlogTrafficKing.com, atau mencarinya sendiri di arsip newsletter di Forum Blogging ku.

Experiment and Innovate

Percobaan dan inovasi. Semua contoh diatas adalah ide-ide untuk membuat artikel pillar yang aku dan blogger lain sudah gunakan untuk membuka jalur komunikasi yang lebih besar. Akan tetapi ini bukanlah ilmu pasti, dan tidak semua aksi akan memberikan hasil yang pasti.

Nasihat terbaik yang bisa aku berikan padamu adalah fokus pada membuat sesuatu yang berharga, dan gunakan inovasi pada teknik-teknik pembuatannya dan pemasarannya. Sesuatu yang dipublikasikan dengan cara yang unik akan mendapat hasil yang lebih baik daripada melakukannya dengan cara yang tradisional, atau sering dilakukan sebelumnya. Jika kamu ingin perhatian yang lebih, harus kreatif.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai It’s Time To Make Money dan Can Blogs Be A Stable Income Source? so.. stay tune.