Affiliasi dan Si Didi

Si didi kecil kuyup menggigil.... menahan dingin tanpa jas hujan.... surat kabar sore di jual malam... selepas isya' melangkah pulang.... Buat para Fals mania, telinganya pasti sudah akrab dengan lagu ini. Bang Iwan ini tahu betul bagaimana cara mengolah hal-hal kecil yang dilihatnya sehari-hari, menjadi sesuatu yang berbeda saat sudah dipolesi. Lalu apa hubungannya si Didi dengan bisnis affiliasi? Sama... aku juga masih mencari-cari pembenaran dari judul diatas.

Tapi coba kita analisa lagi ya mas... kali-kali aja kita bisa mendapat pelajaran yang berharga dari pengalaman si Didi. Kalo kita perhatikan bait-bait awal lagu diatas, dari situ tersirat dengan jelas dan tegas bahwa si Didi ini adalah seorang affiliasi, seorang pedagang, pedagang kecil memang. Si didi adalah penjual koran, lalu bagaimana dengan Wati? Wati adalah kakak Budi dan Pak Amir guru Budi, Bu Ani guru Wati.

So? Kalo di pikir-pikir, berjualan koran di emperan atau di perempatan itu... mungkin sama nggak ya... dengan berjualan di internet? Wah... aku yo ndak tahu persis tuh paklek, sebab aku sendiri belum pernah tuh berjualan koran, baik di perempatan, pertigaan, maupun di emperan. Jadi... jangan tanya bagaimana rasanya berjualan koran kepada ku, sebab aku tidak mempunyai wewenang untuk menjawabnya.

Tapi kalo dipikir-pikir, dilihat, dibaca, diraba, dan diterawang... nyang namenye jualan ntu kan pade prinsipnye mungkin same aje kali ye? Betul kaga neh penonton? Betul juge kali ye! Cobe deh ntar ane tanye same pare pedageng eh... pedagang nyang ade disekeliling ane... Cobe deh ntar ane tanye ame Bang Mansyur si penjual sayur! Ato cube deh ntar ane tanye ame bik Ani nyang jual roti! Kali aje ane bisa mendapat kan tip-tip gratis tentang cara menjual, dan kali aje tip-tip ntu cocok diterapin buat jualan di internet, kali aje ye.

Eh... penonton... sebenernye nih ye... ane ude lame banget kepingin jadi seorang saudagar, ato dalem bahasa inggrisnya biase disebut dengan Juragan. Wuuuiiih... enak kali ye jadi juragan ntu. Duit nya banyak, rumahnya mewah, mobilnya tiga, istrinya empat, belon lagi simpenan dan para selingkuhannya, wah... enak kali ye? Tapi bagaimana mungkin... membaca saja aku sulit... dan sepertinya.... teman-teman malu main dengan ku....

Eh.. ngomong-ngomong... si Didi tadi kemane ye? Koq kaga disebut-sebut lagi. Oh.. iye... penonton... ma'af ye... ane suka kebablasan kalo lagi mengkhayal. Kite kan tadinye mo ngegosipin si Didi, nyok kite sambung lagi! Nah... ngomong-ngomong soal si Didi... ceritenye nih ane lagi memaksaken diri untuk menyamaken nasibnya dengan nasibnya si Didi. Mana jualan ga laku-laku lagi, kehujanan, kedinginan, becek, ga ada ojek lagi. Wuah... pakoke sedih rek, ane ampe mo nangis kalo denger lagu si Didi tadi, cengeng ye ane, ho'oh.

Ceritenye nih udah bulan-bulanan lamenye dengan gelisah dan resah ane menunggu hasil dagangan ane. Dalam ati ane selalu bertenye-tenye, ade ape gerangan ye... koq tak satupun barang dagangan ane nyang laku juge? Dimane kesalahan ane? Ape selehke? Den epe deseke? Mengepe neseb ke tek kenjeng berebe jege? Eh.. Tehen... mengepe keu bereken cebeen ene kepedeke... mengepe beken ereng leen seje? Nemen tek setepen jeweben nyeng ketereme.

Nah... penonton... ape diantare penonton sekalian kali aje ade nyang nasib dan keadaannye same dengan ane? Kalo ade... syukur deh... berarti ane bukanlah satu-satunye manusie di dunie ini nyang nasibnya belum berube. Pertanyaan kedua... gimane ye carenye supaye nasib kite juge bisa berube? Biar kayak ntu... juragan-juragan nyang perutnya udah pada kenyang. Gimane carenye supaye perut kite juge bisa kenyang? Dan gimane ye carenye supaye jualan kite pade laku? Ape diobral aje kali ye?

Mau nya seh gitu... diobral semurah-murahnya... kalo bisa. Koq ga bisa? Ya ndak lah... ntu barang kan dagangan orang, kite kan cuma promosi'in. Jadi kite ga berhak dan ga punya kekuasaan untuk mempermainkan harga. Betul juge ye. Jadi gimane carenye ye? Ato mungkin nasib buruk kite ini adalah semata-mata karena kesalahan kite sendiri? Mungkin juge. Mungkin ade nyang salah dalam setiap hal nyang ane kerjakan.

Coba ane pikir-pikir, renungi, hayati dan amalkan lagi! Kali-kali aje ade seberkas sinar yang akhirnya bisa menerangi jalan hidup ane yang penuh dengan kegelapan ini. Sementara itu... kita teruskan lagi lagu si Didi tadi... dengan sedikit modifikasi... maka lagu itu akan menjadi... Blogger sekecil aku berkelahi dengan waktu... demi satu impian yang kerap ganggu tidur ku... blogger sekecil itu tak sempat nikmati waktu dipaksa pecahkan karang lemah jari ku terkepal.... oh... Didi... kapankah nasib kita akan berubah. Indonesia sudah lama merdeka, tapi koq rakyatnya masih susah juga?

Merenungi lagu si Didi tadi... sempat terlintas di benak ane... seandeinye saje si Didi rajin membaca koran, kan gratis tuh, lha wong dia nyang jual. Nah... ntu die salah satu kelebihan si Didi, kalo orang lain kudu membayar untuk membaca koran, si Didi pan kaga harus membayar apa-apa untuk membaca koran yang akan dijualnya. Nah... kalo saja... andai saja... si didi tiap hari mau meluangkan waktu untuk membaca setidaknya 30 menit sehari, lha... kalo sebulan... sudah berapa banyak pengetahuan nyang dia dapet.

Ntu salah satu pikiran nyang terlintas dibenak ane. Nah, ape hubungannye dengan ane sendiri? Ade hubungannye... kalo diinget-inget... jaman dulu ye.... jaman dikala ane masih jauh terbelakang, jaman dimane boro-boro ane bise kenal nyang namanya komputer, apelagi internet... jaman ntu komputer masih terbilang barang nyang langka. Tapi syukurnye... ane punye kesempatan untuk mengenalnye, walaupun tadinye ane cuman bisa ngeliatin orang ketak-ketik di depan komputer.

Nah... lama-lama... karena sering ngeliat orang kutak-kutik komputer... ane jadi tertarik juga. Iseng-iseng ane perhatiin ape nyang diperbuat oleh orang-orang ntu. Diem-diem ane tiru kelakuannye, eh... ternyate otak ane kesampean juge. Malah lame-lame.... bukannya nyombong niye... orang-orang nyang tadinye ngajarin ane... ngeledikin ane... eh lama-lama minta diajarin same ane...

Kalo dipikir-pikir... ternyate belajar ape aje ntu sebenernya kaga susah-susah amat kali ye... asalken emang bener-bener dan mau bersungguh-sungguh. Kalo diinget-inget lagi... jaman dulu itu nyang namanya nyari informasi kan masih susah buanget. Buku-buku masih jarang, dan kalo adapun harganya ga terjangkau. Tapi anehnya waktu ntu ane tetep bisa aje kebeli buku, walaupun harus rela kaga makan siang satu minggu, ndak ape-ape pikir ane... demi ilmu.

Nah... sekarang... dengan semua kemudahan dan fasilitas yang cukup memadai... dimana informasi bukan lagi barang yang susah untuk dicari... koq ane malah jadi tambah blo'on ye. Coba pikir deh penonton... mo cari informasi ape? Tinggal buka intenet... masukkin kata kuncinye ke kotak pencarian Google, slep... beratus-ratus halaman, bahkan berjuta-juta halaman yang bisa kite pilih. Ape? Buku mahal? Kaga masalah... tinggal cari aje ebook-ebook bajakan (kalo lo kaga keberatan nyang bajakan, red). Nah... kurang ape lagi coba?

Nyang kurang mungkin mental kite kali ye... Kalo istilah ilmiahnya sih... Mindset... atau apalah. Nah... ternyata... untuk bisa bertahan dan terus berjuang dijalan yang benar, itu kudu pake mindset yang benar. Konon... dalam berjuang itu memang butuh tenaga, dan biaya, tapi konon juga... katanya nih... tanpa mindset yang benar maka akan sulit untuk tetep mempertahanken keyakinan dan kesungguhan kite dalem upaye terus memperjuangkan ape nyang menjadi impian. Gimana neh penonton... betul ape salah kire-kire pendapat ane?

Kembali ke si Didi tadi ye penonton... kalo di ane pikir-pikir lagi... ternyate ane ini cemen banget. Ane nyang nasibnye jauh lebih baik dari si Didi, tapi ternyate daya juangnye kalah jauh ama si Didi. Si Didi kecil aje masih mampu bertahan didera kerasnya gelombang kehidupannya yang mungkin tak punya banyak pilihan. Lha... ane nyang masih punya banyak pilihan serta kesempatan dan juga kemudahan, koq masih aje mengeluh dan mengeluh melulu, ane jadi malu ame diri sendiri dan ame si Didi.

Iye... kalo diinget-inget lagi, ane ini emang mudah sekali frustasi dan depresi. Kayaknya ane kudu banyak belajar ame si Didi. Si Didi kecil yang bertangan mungil, namun punya mental sekeras baja dan tak mau menyerah. Kalo aje ane punya semangat dan mental seperti si Didi, bukan tidak mungkin suatu hari nanti mimpi-mimpi ane akan jadi kenyataan. Dari lagu si Didi tadi dan pengalaman ane sendiri, ane juga jadi sedikit tahu bagemane rasanye kalo ane mengalami nasib seperti si Didi.

Selame ini ane emang kurang perhatian ame nasib si Didi si Didi kecil lainnya yang banyak berkeliaran di depan mate. Ane cuma sibuk mengeluh dan merintih serta mengasihani diri sendiri. Sementara diluar sana masih banyak sekali si Didi si Didi kecil yang mungkin sangat iri melihat segala kemudahan dan kesenangan yang selama ini telah ane nikmati namun tidak bisa ane syukuri dan hargai serta manfaatin. Oh... Didi.... makasih atas pelajaran nyang tlah kou berikan kepada ane. Ane janji... mulai saat ini ane harus lebih kuat dan tabah dalam mengejar mimpi.... Selamat berjuang Didi!