Karakteristik Pencarian
Faktor-faktor apa yang mempengaruhi search engine saat merangking, itu sudah kita pelajari dan pahami melalui artikel sebelumnya. Artinya saat ini kita sudah paham dan mengerti bagaimana halaman web kita dirangking oleh search engine. Apa itu sudah cukup untuk membuat halaman kita bisa ditemukan oleh banyak orang?
Untuk masalah bagaimana halaman kita tersebut bisa ditemukan oleh seorang user atau seorang calon pengunjung di internet, ternyata tidak tidak selalu dipengaruhi oleh rangking halaman tersebut di search engine. Bagaimana halaman kita bisa ditemukan dan dipilih oleh seseorang, ternyata sangat bergantung dari orang itu sendiri, begitu yang dikatakan oleh penulis buku SEO ini.
Maksudnye ape nih? Katanye semakin tinggi rangking kite, semakin banyak pengunjungnye. Koq sekarang ngomongnye beda? Jadi, ngapain dong kite harus repot-repot ngusaha'in agar dapet rangking yang tinggi? Ngapain kite susah-susah belajar SEO, kalo ternyate rangking yang tinggi kaga bisa menjamin dapet traffik yang tinggi, betul kaga neh sodare-sodare?
Apa Yang Dimaksud Dengan Karakteristik Pencarian?
Sabar dulu dong sodare, jangan maen ngambek aje. Mending kite dengerin dulu ape yang dimaksud oleh si penulis tadi, betul? Menurut Jerri L. Ledford si penulis Buku SEO ini, rangking yang tinggi adalah suatu prestasi. Prestasi yang tidak mudah untuk didapat memang. Jadi jangan remehkan hal itu. Rangking yang tinggi tetap akan memberikan banyak keuntungan kepada kite. Keuntungan itu mungkin dalam bentuk yang tidak kite sadari sebelumnya, pokoknye ade aje untungnye. Yakin aja dah!
Sedangkan untuk masalah mengenai bagaimana halaman kite yang punya rangking tinggi tersebut bisa ditemukan oleh calon pengunjung, hal itu ternyata banyak dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari calon pengunjung itu sendiri. Faktor-faktor itu contohnya, bagaimana orang tersebut memahami search engine. Misalnye apa orang tersebut benar-benar paham fungsi dari search engine di internet. Sejauh mana dia mengerti bagaimana cara search engine bekerja. Apa dia mengetahui semua kemampuan yang dimiliki oleh search engine tersebut, dan lain-lain.
Mengapa hal itu bisa memberikan pengaruh? Dan apa pengaruhnya? Tentu saja hal itu akan memberikan pengaruh. Sejauh mana pemahaman orang tersebut mengenai search engine, akan berdampak pada bagaimana cara dia melakukan pencarian di search engine. Pemahamannya itu akan berpengaruh pada teknik atau cara apa yang akan di gunakannya di search engine.
Contohnye? Misalnye ade orang yang ingin mencari informasi mengenai internet, dia ingin belajar tentang internet. Kita berasumsi bahwa orang tersebut belum punya pemahaman yang cukup mengenai internet. Karena itu dia ingin belajar lebih banyak mengenai internet. Dia hanya tahu bahwa kalo kita ingin mencari sesuatu, cari aje di Google.
Berbekal pengetahuan itu, akhirnya dia mendatangi Google dan memasukkan kata "belajar internet" lalu mengklik tombol search. Tak berapa lama kemudian Google menampilkan halaman-halaman yang berisi kata belajar internet di dalamnya. Katakanlah halaman kite punya rangking yang tinggi untuk kata belajar internet tersebut, maka orang tersebut pasti akan melihatnya.
Tapi apakah orang tersebut pasti akan memilih halaman kite? Tentu tidak. Masalah penentuan pilihan ini sangat bergantung dari orang itu sendiri. Seperti yang kite tahu, kata "belajar internet" itu mempunyai pengertian yang masih sangat umum. Kite masih belum tahu, tuh orang ingin belajar internet buat apa'an. Apakah untuk berbisnis, bersenang-senang, atau untuk pendidikan mungkin?
Katakanlah orang tersebut sebenarnya ingin belajar memasarkan produknya di internet. Cuma karena dia belum banyak tahu tentang search engine dan cara kerjanya, maka dia hanya memasukkan dua kata tadi di search engine. Coba kalo seandainya dia tahu cara mencari topik yang spesifik di internet, pasti akan lain ceritanya.
Bisa jadi dia akan menggunakan kata "belajar internet marketing", atau mungkin "internet marketing basic", atau mungkin "dasar-dasar internet marketing", dan lain-lain. Semakin dia paham bagaimana cara memanfaatkan search engine, maka semakin banyak cara yang akan digunakannya. Inilah yang dimaksud oleh Jerri L. Ledford sebagai karakteristik pencarian.
Karakter, sifat, atau tingkah laku dari seseorang saat melakukan pencarian, sangat dipengaruhi oleh pemahamannya mengenai search engine dan cara kerjanya, itu yang dimaksudkan oleh Jerri L. Ledford. Dan tingkah laku ini, sangat berpengaruh pada bagaimana, atau seberapa sering halaman kita akan dilihat dan ditemukan oleh seseorang.
Semakin kita paham dan mengerti tingkah laku dari calon-calon pengunjung yang menjadi target SEO kite, maka hal itu akan semakin mempermudah usaha SEO kite, ntu yang dikatakan oleh Jerri L. Ledford si penulis buku SEO ini. Selain itu kite juga kudu tahu search engine mane yang mungkin paling sering digunakan oleh orang-orang yang menjadi target kite.
Itu artinya kita juga harus tahu macam, jenis, tipe atau kelompok dari search engine. Dan itu artinya akan membawa kita pada topik untuk artikel berikutnya. Nah... tunggu aje ye sambungannye, adenye cuman di sini, kaga ade di di tempat laen. Jadi jangan kemane-mane, disini aje bareng ane, tungguin ye...