Retrieval Dan Rangking

Bagaimana cara search engine menampilkan dan merangking situs di halaman hasil pencariannya (SERP)? Menurut buku SEO yang sedang kita bahas ini, untuk menampilkan dan mengurutkan data di halaman hasil pencariannya, search engine membutuhkan kerja sama dari ketiga komponen. Yang mana ketiga komponen yang dimaksud disini, telah kita bicarakan di artikel sebelumnya. Apa saja ketiga komponen tersebut?

Yup, ente betul sodare. Ketiga komponen tersebut adalah crawler (atau spider atau robot), database, dan algoritma pencarian. Apa saja tugas dari masing-masing komponen ini, soal ntu juga sudah kite bahas pada artikel sebelumnya. Hasil yang kita lihat dari sebuah search engine, saat kita mengetikkan sebuah kata kedalam kotak pencariannya, lalu mengklik tombol untuk mengeksekusi, adalah hasil kerjasama yang kompak dari ketiga element tersebut.

Retrieval atau pengembalian, adalah hasil yang kita lihat saat search engine selesai menjalankan perintah yang kita inginkan. Sedangkan rangking, adalah cara search engine tersebut menyusun atau mengurutkan data, di halaman hasil pencariannya tersebut (SERP, Search Engine Result Page).

Bagaimana cara search engine melakukan retrieval, dan teknologi apa yang digunakannya, mungkin bukanlah hal yang harus menjadi fokus utama perhatian kita. Sebab apa? Sebab hal itu mungkin tidak terlalu banyak pengaruhnya bagi kita. Sedangkan bagaimana search engine menyusun atau merangking data saat melakukan retrieval itu, itulah yang seharusnya menjadi fokus perhatian kita.

Mengapa masalah perangkingan ini sangat penting untuk kita ketahui? Karena masalah perangkingan inilah yang akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap traffik yang ingin kita dapatkan. Seberapa sering halaman kita akan muncul di SERP, seberapa banyak calon pengunjung yang akan mengklik link yang merujuk ke halaman kita, adalah hasil dari upaya SEO yang telah kita lakukan.

Namun sayangnya, mengetahui bagaimana cara search engine merangking atau mengurutkan data hasil pencariannya, adalah pengetahuan yang tidak mudah untuk dipelajari. Salah satu penyebabnya adalah karena masing-masing search engine mempunyai tekniknya sendiri. Masih ingat cerita kita mengenai algoritma pencarian atau search algorithm yang digunakan oleh search engine untuk memecahkan masalah?

Saat mengetahui fakta bahwa teknik perangkingan yang dilakukan oleh search engine bukanlah perkara yang mudah untuk diketahui, ane yakin ade diantara kite yang mulai berkecil hati dan mulai tidak percaya diri. Kaga perlu khawatir brur... ente kaga sendirian. Bahkan seorang SEO profesional sekalipun, sebenarnya juga tidak bisa memberikan rumus yang pasti.

Lantas, apa yang biasanya mereka lakukan? Mereka hanya bisa menduga-duga. Tapi tentu saja dugaan atau perkiraan yang mereka lakukan, tidaklah dilakukan secara asal-asalan. Dugaan atau perkiraan yang mereka lakukan adalah hasil dari penelitian dan penyelidikan yang seksama. Nah, jadi kite kaga perlu minder lagi sekarang, iye kan? Karene sebenernye kite kaga sendirian.

Masalah perangkingan ini memang bukanlah masalah yang mudah untuk ditebak, namun menurut ane, dan juga menurut sipenulis buku SEO ini, masalah perangkingan ini sebenernye asyik juge untuk dipelajari. Sebab ape sodare-sodare, sebab tidak ade rumusan yang pasti. Ntu artinye kite bisa melakukan berbagai perbobaan untuk mengetahui hasilnye.

Jika ente termasuk orang yang suka melakukan eksperimen atau percobaan, ane yakin SEO ini pasti bakal membuat ente jadi keranjingan alias kecanduan. Sebab SEO kaga same dengan ilmu pasti. Semua kemungkinan bisa saja terjadi. Ape ntu bukan asyik namenye?

Nah... kalo kamu senang melakukan percobaan, didalam buku SEO ini dijelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi rangking halaman kite di search engine. Berikut ini faktor-faktornya:

Lokasi

Lokasi yang dimaksud disini adalah lokasi dari keyword atau kata kunci. Yaitu kata yang ingin kita jadikan sebagai andalan untuk mendapat rangking. Dan lokasi yang dibahas disini adalah yang berada di dalam halaman web. Maksudnya adalah, dibagian mana kata atau kalimat tersebut pertama kali muncul. Apakah di kalimat pembuka, paragraph pembuka, pertengahan halaman, atau di paragraph/kalimat terakhir.

Contohnye? Katakanlah ane kepingin menjadikan kata "belajar SEO" sebagai keyword andalan di blog ini. Katakanlah saat seseorang mencari menggunakan kata tersebut di Google, maka blog ane ini akan muncul di posisi atas. Ntu artinye, saat ane menulis artikel, ane harus memperhitungkan di bagian mana kata "belajar SEO" tersebut akan ane tempatkan.

Masing-masing search engine punya pendapat yang berbeda mengenai penempatan ini. Ada search engine yang akan memberikan rangking yang tinggi pada halaman yang menempatkan kata "belajar SEO" tersebut di tempat paling awal. Logikanya, semakin awal kata tersebut ditemukan, maka semakin tinggi rangking halaman web tersebut.

Lalu pertanyaannya, dimana tempat yang paling awal saat kita akan membaca sebuah halaman web? Yup, di judulnye. Ntu artinye, secara logika, search engine akan memberikan rangking yang tinggi pada halaman yang berisi tentang belajar SEO, dan menyisipkan kata "belajar SEO" di dalam judulnya. Jika di bandingkan dengan halaman yang juga berisi tentang berlajar SEO, namun tidak menyisip kata tersebut di judulnye, betul?

Frekuensi Perulangan

Yang maksudnya, berapa kali kata yang dicari tersebut di temukan di halaman web yang bersangkutan. Secare logika, semakin banyak perulangannya, maka semakin tinggi rangkingnya. Jika kita ambil contoh kasus belajar SEO tadi, maka dalam perhitungan kite, semakin banyak kita mengulang-ulang kata tersebut, maka semakin tinggi rangking halaman kite, betul?

Tingkat perulangan ini juga yang sering dimanfaatin oleh mereka yang ingin ngadalin search engine. Dengan menggunakan teknik hidden text atau menyembunyikan kata, maka mereka membuat perulangan kata sebanyak yang mereka mampu. Tentunya dengan harapan, hal itu akan membuat rangking halaman mereka tersebut meroket dan melejit setinggi langit.

Di saat-saat awal perkembangan search engine, teknik hidden text ini sangat ampuh digunakan untuk ngadalin search engine. Tapi seiring perkembangannya, search engine semakin lama semakin pintar. Jangan coba-coba pake teknik hidden text ini lagi di jaman sekarang, sebab search engine sekarang udah kaga bisa dikadalin dengan teknik itu lagi. Bukannye dapet rangking tinggi, malah halaman tersebut akan ditolak mentah-mentah oleh search engine.

Link

Link, semakin banyak link semakin tinggi rangking, betul? Mungkin. Kuantitas itu bagus, tapi kualitas juga harus diperhatikan, ntu kate si penulis buku SEO ini. Semakin banyak blog atau situs yang memberikan link ke blog atau situs kite, maka akan semakin tinggi rangking dari blog kite. Kalo soal itu rasanye semua orang juga udah pada tahu.

Tapi koq masih ade aje yang males untuk mencari atau membuat link? Kaga usah jauh-jauh, contohnye ane. Ane koq masih aje sering males buat mencari link. Ane lebih memilih untuk bersifat pasif, ketimbang aktif. Ntu mungkin ade hubungannye dengan metal juge kali ye? Iye kali, sebab ane pernah sempet depresi juge saat ingin mendapat link dari blog lain.

Kenape sih koq tuh blog pelit banget ame link nye, ntu pikir ane waktu itu. Apalah artinye sebuah link, kaga bakal mati dah kalo cuman ngasih satu link, ntu rintihan ane waktu ntu. Salahkah ane? Ternyata hal itu emang salah ane juge. Waktu ntu ane kaga ngukur diri, ane maen tembak aje. Waktu ntu blog ane masih terbilang sangat baru, cuman berisi beberape postingan.

Tanpa tahu tentang tatacara, sopan santun, dan beberapa protokol untuk mendapatkan link, ane maen mintak link aje. Dari orang ngetop lagi. Ape kaga bunuh diri tuh namenye. Lame-lame akhirnye ane sadar juge. Mungkin blog ane belum cukup pantes untuk dikasih link, ntu pikir ane. Akhirnye... ya udah... ane kaga mikirin lagi soal link lagi.

Dan ane memutuskan untuk mengalirkan energi buat nulis aje, tanpa berharap ade yang mao ngasih link. Sampe akhirnye, beberape orang baek dengan suka rela mau memberikan linknye, tanpe ane minta. Tadinye ane masih pesimis juge, ah... mungkin link itu mereka berikan cuman karena mereka kasian, ntu pikir ane, ntah lah... hanya mereka yang tahu.

Ternyate dibalik kesalahan pasti ade pelajaran yang bisa diambil, ntu pikir ane. Saat ini mulai tumbuh keyakinan dalam diri ane. Ane punya pendapat kite kaga usah terlalu merisaukan link dulu, belajar nulis aje dulu yang bener, ntar kalo emang ternyata tulisan kite ade manfaatnye buat orang laen, pasti ade aje yang bakalan membantu kite. Masih banyak koq orang baek diluar sane, yakin aje, betul kaga nih sodare?

Click Through

Click through artinya, berapa banyak orang yang meng-klik link yang merujuk ke situs atau blog kite. Link yang dimaksud disini adalah link yang terdapat di halaman hasil pencarian search engine (SERP). Rupanya diam-diam search engine ikut memonitor aktivitas ini.

Secara logika, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk mengklik link dari suatu blog yang tertera di halaman hasil pencarian search engine, berarti blog itu emang bagus di mata para pencari atau calon pengunjung. Search engine sekarang rupanya sudah ikut memperhitungkan hal itu.

Apa itu artinya buat kita? Itu artinya kita mungkin harus hati-hati, atau mungkin seharusnya malah semakin percaya diri. Percaya diri? Ape sebabnye? Begini, boleh jadi rangking kita saat ini masih rendah, itu antara lain disebabkan pengetahuan kita yang masih kurang mengenai SEO. Namun, kalo memang halaman yang kita buat benar-benar bisa memberikan manfaat, bukan tidak mungkin suatu hari nanti rangking kita akan naik dengan sendirinya.

Lha, kalo yang hati-hati? Contohnya begini, katakanlah saat ini kite tahu berbagai hal mengenai SEO. Dan dengan pengetahuan itu, dengan mudah kite bisa dapet rangking yang tinggi. Karena tujuan kite emang cuman buat rangking. Kite kaga peduli apakah postingan kite emang ade manfaatnye ato kaga. Yang penting rangking, itu yang kite pikirin.

Untuk beberape lame mungkin kite bisa merasakan nikmatnye punya ilmu dan kesaktian. Walaupun ilmu ntu mungkin kaga banyak manfaatnye. Tapi inget ye, kesenangan ntu ade batasnye. Maksud ente? Maksud ane, bersenang-senanglah selagi mampu. Kalo udah kaga mampu? Ya... kaga usah dipaksa'in, biarin aje. Mungkin ntu artinye giliran kite udah abis, gantian dong ame orang lain.

Nah sodare... ntu tadi beberapa faktor yang menjadi penyebab tinggi rendahnya rangking suatu web page ataupun suatu blog/situs. Masalah perangkingan ini konon kabarnye kaga ade orang yang tahu dengan pasti. Mungkin karena masing-masing search engine punya rumusnye sendiri-sendiri. Kite cuma bisa berusaha semampunye aje.

Sampe disini berarti kite udah menyeleseikan pelajaran kite yang ketige. Berkenalan dengan SEO udah, Anatomy Search Engine udah, masalah Retrieval dan Rangking barusan udah, apelagi nih? Artikel selanjutnya akan membicarakan mengenai Klasifikasi dari Search Engine. Nah... tunggu aje ye kelanjutannye, jangan kemane-mane ye, mantep aje disini.