Fitur-Fitur Toko Online
So, sampai disini kita sudah mengetahui bahwa untuk memulai dan membangun sebuah bisnis online maka kemungkinan kita akan membutuhkan sebuah toko online. Melalui artikel sebelumnya, kita sudah tahu pilihan-pilihan apa yang tersedia saat kita ingin memilih dan menggunakan sebuah storefront atau sistem yang mengatur toko online tersebut.
Dan langkah berikutnya adalah mengetahui fitur-fitur apa saja yang harus kita perhatikan saat ingin membuat sebuah toko online. Seperti yang kita tahu, ada banyak variasi untuk masing-masing jenis toko online. Fitur-fitur yang terdapat didalamnya pun sangat bergantung dari jenis pilihan storefront atau sistem yang digunakan.
Semakin tinggi tingkat kerumitan dan kemampuan dari suatu storefront atau sistem digunakan, biasanya akan memberikan fitur yang lebih bervariasi. Berikut ini beberapa fitur yang bisa kita pertimbangkan saat akan memilih sebuah storefront atau system toko online:
Shopping Chart atau Kereta Belanja
Fitur ini bekerja seperti kereta belanja sesungguhnya. Dengan fitur ini, seorang calon konsumen bisa menaruh atau mengeluarkan setiap barang yang ingin dibelinya. Dan seiring calon konsumen tersebut menaruh atau mengeluarkan barang dari kereta belanja ini, maka secara otomatis dia juga akan mengetahui jumlah biaya yang akan dibayarkan.
Fitur ini seharusnya menjadi perhatian utama dari sebuah toko online. Dengan fasilitas ini, setiap konsumen akan merasa nyaman saat memilih-milih dan mempertimbangkan setiap produk yang ingin dibelinya. Shopping chart ini juga memudahkan konsumen untuk menyimpan berbagai produk yang mungkin akan dibelinya suatu hari nanti.
Dengan kemampuan untuk menyimpan data-data dan jenis-jenis produk yang disukainya, konsumen tersebut akan mendapatkan kenyamanan dan kemudahan saat dia kembali mengunjungi sebuah toko online. Tidak seperti shopping chart pada toko offline, dimana setiap kali berbelanja, konsumen tersebut harus kembali mencari dan mengumpulkan barang yang diinginkannya.
Pemberitahuan Pemesanan
Dengan fitur ini, sang pedagang akan tahu saat seorang konsumen melakukan pemesanan terhadap suatu barang. Pemberitahuan ini biasanya melalui email. Didalam email tersebut, berisi informasi mengenai jenis barang yang dipesan, jumlahnya, dan kemana barang tersebut harus dikirim.
Fitur ini sangat penting jika bagi pebisnis yang melakukan proses pembayaran secara offline. Dengan fitur ini, setiap kali terjadi transaksi pemesanan, sang pedagang bisa dengan segera menghubungi calon konsumen untuk melakukan konfirmasi dan melakukan proses pembayaran. Proses pembayaran ini bisa berupa transfer melalui bank, ataupun dalam bentuk-bentuk lainnya.
Terintegrasi Dengan Sistem Inventori
Fitur ini sangat penting bagi perusahaan atau pebisnis yang menjual berbagai pilihan jenis produk. Dengan mempunyai storefront yang terintegrasi dengan sistem inventori, maka sang pedagang ataupun konsumen akan tahu apakah produk yang diinginkannya tersebut, masih ada dan tersedia dalam stock.
Dengan fasilitas ini, sang pedagang mudah untuk mengetahui produk apa saja yang telah habis dan mengalami kekosongan. Ataupun produk apa saja yang masih menumpuk dan belum banyak terjual. Dengan begitu, sang pedagang akan mudah mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan untuk menindaklanjuti setiap situasi yang terjadi di dalam stocknya.
Management Database Konsumen
Management data dari konsumen adalah hal yang essensial bagi setiap bisnis yang ingin menjaga hubungan dengan setiap konsumennya. Dengan menyimpan data-data dari setiap konsumennya, hal itu akan memudahkan sang pedagang untuk mengetahui, melacak, dan menindaklanjuti setiap konsumennya.
Dengan menyinpan data dari setiap konsumennya, pedagang tersebut akan mudah mendapatkan informasi mengenai siapa saja yang paling sering membeli di toko onlinenya, produk apa saja yang paling digemari, produk apa yang kurang disukai, kalangan mana yang menyukai produk tertentu, dan dari mana konsumen tersebut berasal, serta berbagai informasi penting lainnya.
Terintegrasi Dengan eMail List
Daftar email, atau email list dari setiap konsumen adalah senjata yang ampuh untuk melakukan marketing. Dengan memberikan emailnya secara sukarela, berarti konsumen tersebut telah memberikan ijin bagi sang pedagang untuk memberikan penawaran-penawaran lebih lanjut. Storefront yang kita gunakan, seharusnya juga menyediakan fasilitas untuk meminta, menyimpan, dan mengatur setiap email dari konsumen.
Seperti yang telah kita sadari, aktivitas spammer merupakan aktivitas yang paling mengganggu di internet. Dan hampir semua software email mempunyai fasilitas untuk menyaring email-email yang dianggap sebagai spammer ini. Beda halnya jika sang konsumen sendirilah yang memberikan alamat emailnya. Itu artinya, setiap email yang kita kirimkan, tidak akan dianggap sebagai pelaku spammer.
Bisa Mencari Ke Dalam Database Produk
Fitur ini sangat utama bagi pedagang yang mempunyai jenis produk yang sangat bervariasi, dan dengan jumlah yang sangat banyak. Dengan fitur ini, seorang konsumen bisa melakukan search atau pencarian secara cepat pada produk-produk yang diinginkannya. Dengan menyediakan fasilitas search ini, seorang konsumen bisa dengan cepat menemukan produk tersebut.
Jadi, dia tidak harus menelusurinya halaman demi halaman. Cukup dengan memasukkan kata tertentu, maka dalam waktu singkat, produk tersebut akan ditampilkan. Dengan fasilitas ini, konsumen akan merasa puas dan nyaman saat ingin mengetahui apakah produk yang dicarinya tersebut memang ada dan tersedia.
Menampilkan Thumbnail Dari Produk
Thumbnail, atau gambar dengan versi yang lebih kecil dari suatu produk akan meningkatkan kecepatan, sekaligus kepuasan bagi konsumen. Dengan melihat gambar dengan versi yang lebih kecil dari suatu produk, konsumen tersebut akan bisa mengetahui apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya.
Selain itu, dengan membuat dan menampilkan thumbnail ini, akan memberikan pengaruh yang besar pada performa dari website. Jika website tersebut hanya menyediakan versi gambar yang besar, maka hal itu pasti akan sangat berpengaruh pada performa dari toko online tersebut.
Dan tentu saja hal itu akan sangat mengganggu bagi konsumen itu sendiri. Jika dia harus mengunggu terlalu lama hanya untuk bisa melihat gambar dari produk yang dicari, maka bukan tidak mungkin jika akhirnya dia memutuskan untuk pergi dan mendatangi website atau toko online lainnya.
Mengirimkan eMail Secara Otomatis Kepada Konsumen
Dengan fitur ini, toko online kita akan mengirimkan email secara otomatis setiap kali seorang konsumen melakukan pemesanan. eMail itu biasanya berisi pemberitahuan kepada konsumen bahwa kita telah menerima pemesanan dari sang konsumen dan akan segera memprosesnya. eMail tersebut biasanya juga berisi ucapan terima kasih karena konsumen tersebut telah membeli dari toko online kita.
Dengan fitur ini, akan menimbulkan kesan profesionalisme, dan juga kepuasan serta keyakinan dari sang konsumen. Konsumen tersebut akan merasa bahwa pelayanan yang diberikan oleh toko online kita benar-benar memuaskan dan profesional. Konsumen tersebut juga akan merasa bahwa dia benar-benar diperhatikan. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak yang sangat besar untuk jangka waktu yang panjang.
Autoresponder Yang Tanpa Batas
Selain mampu mengirimkan email secara otomatis setiap kali seorang konsumen melakukan pemesanan, fitur lain yang harus kita pertimbangkan adalah kemampuan untuk mengirimkan email-email yang berisi pesan-pesan khusus, yang ditujukan untuk jenis-jenis konsumen yang khusus, dan diwaktu-waktu yang khusus pula.
Misalnya, storefront tersebut mengijikan kita untuk memiliki autoresponder bagi setiap konsumen yang membeli produk dengan harga-harga tertentu, atau dengan jumlah-jumlah tertentu. Selain itu storefront itu juga mengijinkan kita untuk memiliki autoresponder yang berisi penawaran untuk jenis produk-produk sejenis yang disukainya. Dan juga, autoresponder untuk setiap affiliasi yang berisi pesan-pesan dan tips-tips untuk meningkatkan penjualan.
Atau juga, autoresponder khusus yang berisi discount-discount spesial untuk konsumen yang telah melakukan pembelian untuk produk-produk atau dengan jumlah-jumlah tertentu. Storefront itu juga mengijinkan kita untuk mengatur autoresponder agar mengirim email pada jangka waktu tertentu, misalnya satu minggu sekali.
Autoresponder merupakan salah satu senjata yang paling ampuh bagi para pebisnis online. Dengan autoresponder ini, semua sistem akan berjalan secara otomatis, dan uptodate. Banyak kemudahan dan kenyamanan yang bisa kita dapatkan melalui autoresponder ini. Maka, sudah selayaknya jika fasilitas ini menjadi perhatian utama.
Memberikan Pilihan Dalam Hal Pengiriman
Cara lain untuk memberikan kepuasan kepada para konsumen adalah dengan memberikan kebebasan kepada mereka untuk memilih jenis pengiriman. Beberapa konsumen mungkin lebih senang mendapatkan barangnya dengan lebih cepat. Sementara yang lainnya lebih menyukai jenis pengiriman dengan biaya yang lebih hemat. Dengan memberikan kebebasan seperti ini, maka kebutuhan dan kemampuan dari setiap konsumen akan terpenuhi.
Tentu saja hal ini akan memberi dampak yang sangat positif bagi profesionalisme dan pelayanan dari bisnis kita. Pilihan-pilihan ini juga bisa divariasikan, antara lain misalnya dengan cara memberikan discount atau bahkan gratis biaya pengiriman untuk konsumen dengan lokasi-lokasi, atau jumlah pembelian tertentu. Atau juga untuk waktu-waktu tertentu.
Kupon, Discount, Dan Penawaran Khusus
Banyak storefront yang mampu memberikan fasilitas-fasilitas atau fitur seperti ini. Dengan kemampuan ini, toko online kita akan mampu memanfaatkan event-event khusus untuk meningkatkan penjualan. Misalnya untuk event-event hari raya, hari libur, tahun ajaran baru, dan lain-lain. Memberikan potongan harga untuk moment-moment tertentu, sudah menjadi kebiasaan para pebisnis, baik offline, maupun online.
Bantuan Teknis
Bantuan teknis atau costumer support adalah hal yang kritis, terutama untuk bisnis online. Darimanapun, dengan cara apapun, dan juga jenis storefront apapun yang kita pilih, seharusnya pihak pengembang atau pembuat dari storefront seharusnya memberikan layanan ini. Hal ini sangat penting, terutama saat kita mengalami gangguan-gannguan yang bersifat teknis dari storefront yang digunakan.
Misalnya saat storefront tersebut mengalami error, atau tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi tingkat kepercayaan dan kenyamanan dari konsumen. Dengan mendapatkan jaminan bantuan teknis dari pihak pengembang, atau pembuat dari software dari storefront tersebut, hal itu akan memberikan jaminan bagi kelancaran dan juga kelanggengan bisnis online kita.
Program Affiliasi
Tantangan utama bagi setiap bisnis online adalah mendatangkan traffik ke toko onlinenya. Jika pada bisnis offline, kita bisa membangun sebuah toko, mengisinya dengan berbagai jenis barang, dan kemudian tinggal menunggu pengunjung atau calon konsumen untuk datang, melihat-lihat, dan kemudian membeli.
Lain halnya dengan toko online. Prinsip buat, isi, dan tunggu, tidak bisa diterapkan begitu saja. Untuk mendapatkan pengunjung atau traffik, sebuah toko online membutuhkan teknik-teknik pemasaran yang tepat. Salah satu diantaranya adalah dengan mengikuti atau membuat program affiliasi. Dan storefront yang akan kita gunakan untuk toko online, seharusnya juga menyediakan fasilitas ini.
Storefront tersebut seharusnya memberikan fasilitas yang memudahkan setiap orang untuk bergabung dan menjadi affiliasi, serta ikut mendatangkan traffik dan menghasilkan penjualan bagi toko online kita. Storefront itu juga seharusnya memberikan fasilitas untuk menyediakan data yang berisi informasi yang akurat dan uptodate, mengenai informasi dan komisi yang dihasilkan dari setiap penjualan oleh seorang affiliasi.
Program affiliasi adalah teknik marketing yang paling ampuh untuk meningkatkan traffik dan penjualan. Sebab, para affiliasi itulah yang akan mendatangkan traffik ke sebuah toko online. Dan pihak pedagang cuma perlu memberikan komisi pada affiliasi yang benar-benar menghasilkan penjualan. Jadi, pedagang tidak perlu membayar untuk affiliasi yang mendatangkan traffik, namun tidak menghasilkan penjualan.
Nah, itu tadi fitur-fitur atau fasilitas yang seharusnya kita pertimbangkan saat merencanakan untuk membeli sebuah storefront yang akan mengatur sistem dari toko online. Dengan mengetahui informasi ini, akan memudahkan kita untuk membandingkan antara storefront yang satu dengan yang lainnya. Tentukan prioritas, dan pilih storefront yang paling sesuai. Berikutnya, kita akan membahas mengenai metode pembayaran.