Breakout
Sampai sejauh ini, tampaknya kamu sudah mempunyai cukup banyak keyword yang bisa membuat mu sibuk. Tapi .. jika kamu merasa masih membutuhkan lebih banyak keyword dengan profitabilyti yang tinggi pada topik tersebut, maka kamu akan mendapatkannya pada bagian ini.
Setelah menyelesaikan bagian ini, mungkin akan memberikan efek pada konsep akhir dari situs mu. Pada bagian ini mungkin kamu akhirnya memutuskan untuk memperbaiki bahkan mengganti konsep mu tersebut. Jadi, pelajarilah bagian ini.
Memang mudah untuk mendapat keyword yang berhubungan dengan konsep, dalam contoh ini adalah konsep "fashion". Tapi berapa banyak income yang akan kamu dapatkan bergantung dari:
Cara mu memperbanyaknya, mengembangkannya dengan berbagai variasi, dan kemudian membuat content yang fokus pada keyword tersebut (Keyword-Focused Content Pages atau KFCPs) hingga bisa menghasilkan content yang bermutu. Dengan content tersebut, kamu bisa menarik perhatian calon pelanggan, yang akan mengklik link yang merujuk pada situs merchants.
Dengan kata lain, kita sudah memulai dari bagian dasar yaitu mencari "keyword berdasarkan konsep" contohnya "fashion". Semua pencarian ide dan pemilahan telah kita lakukan untuk mengembangkan keyword tersebut. Lalu .. apalagi yang kita butuhkan sekarang ?
Coba kita pikirkan. Apa yang kita butuhkan sekarang adalah keyword yang berhubungan dengan "fashion" tapi tidak mengandung kata fashion di dalamnya. Untuk apa ini kita lakukan ? Untuk memperluas jangkauan kita terhadap target. Yaitu orang yang mencari informasi mengenai fashion tapi tidak menggunakan kata fashion dalam pencariannya.
Untuk mengembangkan keyword yang saling berhubungan dengan keyword konsep mu tersebut (dalam kasus ini "fashion"), gunakan JimTool's Keyword Research Tools. Research Tool ini digunakan untuk mencari keyword yang berhubungan dengan keyword konsep mu.
Jika Overture Suggestion Tool bisa memberikan mu semua variasi keyword untuk kata "fashion", maka JimTool digunakan untuk melakukan “BREAKOUT” (memecah atau memperluas) keyword tersebut.
Hasil dari BREAKOUT tersebut, bisa kamu gunakan untuk mencari lebih banyak ide. Kemudian memilahnya guna mendapatkan lebih banyak keyword lagi. Tools ini cukup bagus digunakan untuk mencari lebih banyak lagi topik sebagai bahan membuat content bagi situs mu nantinya.
Satu hal yang harus kamu ingat pada saat melakukan ini. Jangan membuang suatu keyword hanya karena menurut mu keyword itu tidak cocok. Jika kamu bertanya "Bagaimana keyword ini bisa cocok dengan target pemasaran ku ?", kamu mungkin akan terkejut saat mengetahuinya.
Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan BREAKOUT? Sekarang masukkan kata "fashion" pada JimTools' Keyword Research Tools. Pada contoh ini, JimTools memberikan hasil seperti yang tertera dibawah ini:
discount fashions fashion outlets fashion show coordinator fashion show producer fashion show production hair and make-up artists ice skate fashion international model scout model bookings | runway models show producer skate fashion skate wear skating fashions velvet elegance winter styles women's clothing |
BREAKOUT keyword-keyword ini dengan cara ...
- Pilih salah satu yang cocok dengan konsep situs mu, dan gunakan untuk mencari lebih banyak keyword lagi. Contoh: "winter styles" atau "women's clothing". Tambahkan pada Master Keyword List dan lengkapi informasi DEMAND, SUPPLY, SUPPLY SITES, POSSIBLE PARTNERS, dan IDEAS for CONTENT pada setiap kolomnya. Bahkan kamu bisa melakukan hal yang lebih besar lagi dengan cara ..
- Extract atau uraikan keyword-keyword yang umum seperti "discount”, “outlets”, “clothing” dan “styles”. Dan tambahkan juga pada Master Keyword List, lalu lengkapi informasinya (DEMAND, SUPPLY, etc).
Sebagai contoh keyword "outlet" menghasilkan ...
3851 factory outlet stores
972 outlet mall
708 outlet stores
640 factory outlet
“factory outlet stores” bisa menjadi topik yang bagus untuk ditambahkan, terutama karena kata itu menggabungkan “outlet stores” dan “factory outlet” yang menghasilkan total DEMAND 5,199 requests!. (3,851+708+640).
Jika kamu terus melakukan hal seperti ini, akhirnya kamu akan mendapat hasil yang original, keyword yang tidak membingungkan dan program affiliasi yang tepat bagi mu dan target pasar mu. Kamu mungkin bahkan akan menemukan sebuah konsep yang lebih bagus, hingga memutuskan untuk memperbaiki konsep awal mu atau bahkan menggantinya.
Berikut cara lain untuk melakukan BREAKOUT. Gunakan Ixquick sebuah search engine yang sangat unik. Di Ixquick sebuah situs akan mendapat sebuah bintang jika berada pada posisi Top 10 pada setiap search engine utama (AltaVista, HotBot, etc.). Menggunakan Ixquick adalah cara cepat untuk mengecek posisi suatu situs pada semua search engine utama secara bersamaan.
Situs-situs yang berada dihalaman pertama pada halaman hasil pencarian di Ixquick, terutama jika memiliki tiga buah bintang atau lebih, berarti situs tersebut adalah sebuah situs yang bagus. Jika hanya memiliki satu bintang, itu berarti situs tersebut kurang meyakinkan.
Sudah siap? Lakukan pencarian di Ixquick menggunakan kata "fashion". Pada saat ini ditulis Fashion.net adalah situs yang mendapat skor tertinggi dengan lima buah bintang. Klik pada situs tersebut. Lalu buka menu pada browser mu ..pilih VIEW > SOURCE (untuk melihat halaman kode).
Lalu akan tampak halaman HTML source code. Cari kata “META keywords tag”, maka akan tampak seperti ini:
META name="keywords" content="Fashion, fashion, models, chat, news, shopping, haute couture, ready to wear, pret a porter, style, runway, catwalk, shows, beauty, RTW, PAP, fashion designers, designers, fashion design, clothing, Paris, Milan, ...dst"
Yap .. memang, situs ini melakukan kesalahan umum, yaitu menambahkan berpuluh-puluh variasi keyword pada meta tag. Tapi itu sah-sah saja. Bahkan, dengan melakukan hal itu sebenarnya mereka telah memberikan banyak ide kepada mu. Maksudnya ? Yap, mereka telah memberikan banyak keyword kepadamu.
Ulangi proses untuk situs berikutnya yang berada pada halaman pertama dari hasil pencarian di Ixquick. Lihat halaman kodenya juga, dan tambahkan META keyword nya pada daftar mu. Ulangi lagi hal ini dengan situs berikutnya, sampai kamu mendapat banyak keyword yang sama (duplicate), itu adalah suatu pertanda bagimu mu untuk menghentikannya.
Saat kamu sudah selesai melakukannya, kamu bisa menggunakan keyword-keyword tersebut untuk melakukan dua hal yang sama seperti yang kamu lakukan pada JimTools.
- Pilih salah satu yang cocok dengan konsep situs mu, dan gunakan untuk mencari lebih banyak keyword lagi. Contoh: "winter styles" atau "women's clothing". Tambahkan pada Master Keyword List dan lengkapi informasi DEMAND, SUPPLY, SUPPLY SITES, POSSIBLE PARTNERS, dan IDEAS for CONTENT pada setiap kolomnya. Bahkan kamu bisa melakukan hal yang lebih besar lagi dengan cara ..
- Extract atau uraikan keyword-keyword yang umum seperti "discount”, “outlets”, “clothing” dan “styles”. Dan tambahkan juga pada Master Keyword List, lalu lengkapi informasinya (DEMAND, SUPPLY, etc).
Seperti yang sudah di katakan, situs dengan dua bintang atau lebih berarti situs tersebut tahu betul dengan apa yang mereka lakukan (semakin banyak bintang, semakin bagus). Situs tersebut mungkin adalah situs merchants atau situs content yang sedang membangun traffik. Kunjungi situs yang berada pada Top 10 dan setidaknya mempunyai dua buah bintang.
Jika situs tersebut adalah situs merchants, dan jika mempunyai program affiliasi yang cocok dengan konsep situs mu, masuk dan lihat jenis produk yang mereka jual, ambil URL dari "join Page" dan tambahkan pada kolom POSSIBLE PARTNERS untuk keyword tersebut (seperti telah dijelaskan sebelumnya).
Jika situs tersebut adalah situs content, review isinya dan ikuti link yang keluar seperti juga yang telah dijelaskan sebelumnya. Tambahkan situs tersebut pada kolom POSSIBLE PARTNERS dan IDEAS FOR CONTENT. Ulangi semua proses untuk semua HIGH-PROFITABILITY keyword mu.
Sekarang, untuk sejenak .. mari kita alihkan pikiran kita dari tiga langkah diatas (Demand, Supplay, Breakout). Pada ketiga langkah tersebut kita telah memfokuskan diri untuk mencurahkan ide (Brainstorms) pada sisi “KEYWORD END”.
KEYWORD END.............………………....CUSTOMER END
(BRAINSTORM & PRUNE) -- KFCPs -- (BRAINSTORM & PRUNE)
Sekarang mari kita lihat sisi CUSTOMER END. Masuk ke pikiran pengunjung mu. Dan jawab pertanyaan berikut ...
- Siapa mereka?
- Apa yang sedang mereka coba lakukan?
- Produk lain apa yang sedang mereka cari?
Untuk mendiskusikan ini, kita akan menggunakan contoh kasus pricing (lihat bagian sebelumnya). Dalam contoh ini, konsep ku adalah membuat situs yang berisi semua hal tentang pricing atau cara menentukan harga. Konsep ini (pricing) adalah konsep yang benar-benar aku ketahui dan aku sukai.
Anggaplah aku sudah melakukan aksi-aksi sebelumnya. Dan aku menjadi affiliate dari SiteSell.com karena “Make Your Price Sell!” (MYPS!) cocok dengan konsep ku, "pricing". Sekarang aku ingin melakukan pendekatan melalui CUSTOMER END. Karena disitulah uang berada.
Pertama mari kita jawab pertanyaan pengunjung diatas ..
Siapa Mereka ?
Jawab -- Penulis, perusahaan software, manufaktur dari berbagi industri, dan lain-lain. Dengan pertanyaan ini aku bisa mendapatkan lebih banyak lagi jawaban, dan kemudian mencari tahu bagaimana cara menjangkau mereka. Lalu aku akan memisahkan mereka menjadi beberapa topik yang spesifik. Setelah itu aku akan bertanya lagi: apa yang sedang mereka lakukan ? Apa yang akan mereka cari di search engine dan berhubungan dengan profesi mereka ?
Apa yang sedang mereka coba lakukan ?
Jawab -- Mereka sedang mencari cara untuk menjual produk atau informasinya tapi tidak mempunyai ide mengenai berapa harga yang harus mereka tentukan untuk produk tersebut. Sebagai affiliate dari SiteSell.com, aku tahu bahwa MYPS! bisa membantu mereka. Hanya saja masalahnya mereka belum mengetahui mengenai MYPS!.
Aku sudah mengerjakan semua yang berhubungan dengan keyword-keyword seperti “pricing”, “pricing software”, “pricing ditambahkan dengan jenis industri yang mereka jalani". Aku telah menemukan semua cara yang mungkin mereka gunakan untuk mencari informasi tersebut (dalam contoh ini adalah "cara menentukan harga" atau "how to price"). Dan sekarang untuk pertanyaan million dollar nya ..
Hal lain apa (selain harga) yang sedang mereka cari ?
Jawab -- Mereka sedang mencari apapun yang berhubungan dengan bisnis mereka. Pikirkan masalah apa yang ingin dipecahkan oleh target pasar mu saat mereka melakukan pencarian. Lacak langkah mereka saat mereka sedang membangun produknya, membangun situsnya, membangun traffik, menerima order dan mengirimkan barang. Kata apa yang akan mereka cari? Situs mu harus bisa memecahkan masalah tersebut.
Sebagai contoh .. apa yang sering menjadi isu bagi orang-orang yang ingin menjual produk melalui internet? “Fulfillment,” “Taking orders,” “shipping,” “product development,” “market research,” “feasibility studies,” “writing sales copy,” “credit card processing,” “shipping,” dan banyak lagi. Ada begitu banyak point yang bisa digunakan untuk memulai.
Seseorang yang berada pada salah satu kondisi diatas juga membutuhkan bantuan bagaimana cara menentukan harga untuk produk mereka secara efektif. Mereka mengkualifikasikan diri sebagai orang yang serius dengan bisnis dan kebutuhannya. Mereka adalah jenis orang yang tepat untuk MYPS!.
Maka aku berusaha untuk mencegat mereka saat mereka melakukan pencarian, katakanlah mengenai topik yang berhubungan dengan fulfillment. Memberikan mereka content yang bermutu mengenai fulfillment, baru kemudian memperkenalkan mereka tentang konsep pricing.
Dengan memikirkan tentang kebutuhan lain dari orang-orang yang menjadi target ku. Berarti aku telah memberikan jalur untuk menghasilkan income bagi situs ku.
Untuk menunjukkan padamu bagaimana semua itu bisa terjadi, mari kita lanjutkan tentang contoh ku diatas. Saat Aku mengklik JimTools' Google Keyword tool dan memasukkan kata “fulfillment”, berikut yang aku dapatkan ..
american fulfillment call center call center management call center operations call monitoring cash back programs catalog fulfillment catalog call center catalog customer service catalog fulfillment credit cards customer service data entry database management database marketing delivery services direct mail direct marketing direct response ecommerce fulfillment electronic marketing ........dst ...... | catalog operations catalog order catalog warehouse consumer promotion consumer services contract packaging coupon processing coupon redemption credit card processing online retail online retailing online shopping operations management order entry order processing pack & ship payment processing pick and pack point of sale premium fulfillment product fulfillment promotion fulfillment ......dst .... |
Dari sini aku mengekstrak “General Keywords,” atau keyword yang bersifat umum, seperti “catalog”, “fulfillment”, “sales”, “customer service”. Lalu aku melakukan langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menggunakan keyword-keyword tersebut untuk mencari dan menemukan variasi-variasi baru dari keyword yang berpotensi dan memiliki profitabilyti yang tinggi.
Sebagai contoh, aku mencari informasi SUPPLY mengenai “customer service” dan aku mendapatkan 4609 customer service
1025 customer service training
195 aol customer service
192 customer service week
180 live customer service
171 web customer service
160 customer service survey
157 customer service skill
151 ford customer service
135 customer service software
108 online customer service
104 at&t customer service
Keyword-keyword ini memang bukan mengenai pricing. Tapi keyword-keyword ini adalah keyword-keyword yang sempurna digunakan untuk menarik perhatian target kami, yaitu "orang-orang yang serius dengan bisnis mereka dan serius dengan kebutuhannya".
Mungkin kamu akan berpikir .. Apa hubungan antara fulfillment atau customer service atau sales dengan Make Your Price Sell!?. Berikut alasannya .. jika seseorang mencari informasi mengenai “fulfillment” (pemenuhan permintaan), itu berarti orang tersebut sudah mempunyai produk. Sebuah produk yang membutuhkan harga yang tepat.
Halaman kami yang fokus pada penggunaan keyword pricing, yaitu halaman tentang cara menentukan harga, adalah halaman yang di persiapkan untuk target kami yang sedang mencari produk Make Your Price Sell! (MYPS!). Dan hal itu membuatnya menjadi mudah untuk merekomendasikan mereka mengunjungi MYPS!. Karena memang mereka sedang mencarinya.
Tapi coba kita pikirkan orang yang menemukan halamanku yang mengenai order fulfillment. Halaman yang memberikan informasi seperti yang mereka inginkan, bagaimana cara mengarahkan mereka untuk mengklik dan menuju MYPS!?.
Ingat .. PREselling adalah tentang menjual dirimu kepada pelanggan melalui tulisan mu. Jadi, aku melakukan PRE-sold melalui tulisan ku tentang isu fulfillment di internet, kemudian menuntun mereka pada beberapa link. Pertama, Aku bergabung dengan program dari perusahaan yang berhubungan dengan fulfillment. Aku menyediakan link tersebut untuk mereka.
Lalu aku menambahkan link lain seperti ini ... Before you can fulfill orders, you have to sell, of course. The generally recognized BIBLE of Net-selling is called "Make Your Price Sell! 2002." Highly recommended... myss.sitesell.com. Jika mereka mengklik lalu aku akan melanjutkan dengan link ini ..
And before you can sell, your price has to be right. I have found a pricing technology that has been receiving kudos from experts who are on the cutting edge. I highly recommend it. See what you think... myps.sitesell.com.
Jadi, konsumen target kami tidak perlu melihat informasi mengenai harga. Jika kita bisa "mencegat" mereka dalam setiap kebutuhannya, maka kita bisa membuat mereka sadar bahwa harga tersebut tidak ada artinya dibanding kebutuhan mereka akan manfaat dari produk yang direkomendasikan.
Kesimpulannya? Jika keyword mu bisa menarik perhatian target pasar, maka selalu akan ada cara, hanya butuh sentuhan kreativitas untuk membawanya (target) kepada produk lain yang juga cocok dengan daftar kebutuhannya. Sampai disini kita sudah mempelajari banyak hal, apa saja yang sudah kita pelajari sampai saat ini?
Bahwa untuk mengembangkan konsep yang sudah kita pilih, kita harus melakukan 3 hal yaitu mencari informasi lebih lanjut mengenai DEMAND, SUPPLY, dan BREAKOUT pada masing-masing keyword. Lalu lakukan pendekatan dari 2 arah yang berbeda yaitu dari sisi KEYWORD END dan CUSTOMER END.
Dengan melakukan beberapa hal tersebut maka kita akan mendapatkan Master Keyword List sebagai bahan untuk membuat content yang fokus pada keyword dengan profitabilyti yang tinggi untuk membangun situs dan bisnis affiliasi yang sukses.