Mencari, Menyeleksi dan Mengelompokkan Program Affiliasi Terbaik

Master Affiliasi

What do you ask from prospective merchant partners?... “Show me the money!”-Jerry Maguire (1996).

Sejauh ini kita telah melengkapi dua bagian pertama dari silabus kita untuk membangun bisnis affiliasi. Periksa setiap bagian dari topik tersebut, atau jika kamu masih belum bisa memahami maksud dari setiap bagian tersebut, baca lagi sebelum kita melanjutkan kebagian selanjutnya.

Ingat, tahap sebelumnya dibutuhkan sebelum melakukan tahap berikutnya. Jadi materi sebelumnya harus tertanam di otak mu, tugas dari setiap bagian harus sudah kamu lakukan, kerjakan, dan hasilkan, jika kamu ingin sukses. Mari kita lanjutkan dengan langkah persiapan selanjutnya.

Goal-of-the-DAY ... Pilih tiga Program Affiliasi yang cocok dengan setiap konsep dari ketiga konsep mu yang telah mempunyai HIGH-PROFITABILITY KEYWORDS. Kamu harus yakin bahwa merchants yang kamu pilih tersebut adalah merchant yang bagus, dan kamu merasa bangga bisa mewakili mereka. Ingat, rekomendasi mu merefleksikan siapa dirimu.

Ongoing Goal ... Mencari, meneliti dan memilih lebih banyak lagi POSSIBLE PARTNERS. Rotasikan teknik yang digunakan (Search engine, Affiliate Direktori, etc). Melanjutkan proses untuk memilih merchants yang paling cocok dan paling sempurna.

Dengan tujuan ini maka... Kamu akan mengetahui bahwa hanya satu hal yang harus dilakukan sebelum mendapatkan hasil akhir dari ketiga konsep untuk situs mu tersebut.

Yaitu ... mengembangkan daftar dari merchant-merchant yang memiliki program affiliasi dan mempunyai produk yang cocok dengan konsep tersebut. Lalu memilih salah satu yang terbaik dan mengelompokkannya pada setiap keyword yang mempunyai profitabilyti yang tinggi.

Yap, kamu memang sudah melakukan hal ini pada proses sebelumnya menggunakan AltaVista, Google, Overture, dan Ixquick, yaitu untuk membuat daftar POSSIBLE PARTNERS dari setiap keyword mu yang berada pada Master Keyword List, kan ?

Akan tetapi, proses sebelumnya tersebut difokuskan untuk mendapatkan ide bagi tulisan dan perasaan dari target pasar mu (DEMAND, SUPPLY, SUPPLY SITE INFO). Dan sekarang saatnya untuk mengembangkan daftar tersebut menjadi lebih besar lagi. Kamu dapat mengembangkan possible partner melalui:

Search Engine

Lakukan pencarian untuk setiap keyword mu dengan menambahkan kata "affliliate". Contohnya seperti ini .. +fashion +affiliate. Tanda plus (+) artinya kedua kata harus muncul pada halaman web yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Jika hasilnya tidak ada atau tidak ada halaman web yang dihasilkan pada halaman hasil pencarian search engine, lakukan seperti ini "affiliate fashion".

Lakukan ini di AltaVista, Google, Overture, atau Ixquick. Ini akan memberikan hasil, entah itu situs fashion merchants dengan program affiliasi atau situs content yang menjadi affliate. Kunjungi situs yang berada pada posisi Top 10, atau 20 jika kamu memang berambisi.

Jika itu situs merchants, dan mempunyai program affiliasi yang pas dengan konsep situs mu maka, pertama lihat jenis produk yang mereka jual dan kemudian ambil URL dari "join page" kedalam kolom Possible Partners untuk setiap keyword (seperti yang telah dijelaskan sebelumnya).

Jika situs tersebut situs content, review isinya dan ikuti link Out nya (juga seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya), tambahkan pada kolom Possible Partners dan Ideas For Content. Ulangi proses tersebut untuk setiap keyword mu yang berada pada Master Keyword List.

Altavista Link Tool

Mari kita menoleh kebelakang sebentar .. Saat kamu mencari keyword pada salah satu engine (contoh diatas), katakanlah kamu menemukan sebuah situs content, Fashionbrokers.com. Dengan mengikuti link out nya, maka kamu menemukan toko sepatu Shoebuy.com. dengan program affiliasinya.

Karena Shoebuy.com cocok dengan sebuah ide yang sudah kamu tambahkan pada kolom Ideas For Content. Maka kamu masukkan Shoebuy.com ke daftar Possible Partners untuk keyword “high heel shoes.”

Kita akan menggunakan Shoebuy.com sebagai contoh bagaimana cara mengembangkan daftar Possible Partners untuk “high heel shoes” .. Mulai dengan memeriksa link apa saja (selain link affiliate) yang teradapat pada Shoebuy.com. Bagaimana caranya ? Mudah, buka AltaVista dan masukkan kata “link:shoebuy.com”.

Saat ini ditulis, 134 halaman yang terhubung Shoebuy.com. Kebanyakan situs ini bisa jadi adalah situs content yang juga melink pada merchants yang juga berhubungan dengan topik fashion sebagai affiliasinya. Jadi sepertinya situs ini melink pada situs merchants yang sudah mempunyai program affiliasi.

Yang dapat kamu lakukan adalah memeriksanya dan lihat apakah mereka cocok untuk ditambahkan pada daftar Possible Partner untuk setiap keyword. Kamu bisa menggunakan teknik AltaVista link-finder ini untuk semua Possible Partner dari semua keyword mu.

Affiliate Direktori

Sekarang mari kita selidiki possible partners mu dan juga menambahkan beberapa merchants baru. Bagaimana caranya ? Mudah .. ada banyak orang yang sudah mengkompilasi dan membuat daftar merchant-merchant yang mempunyai program affiliasi.

Mereka bahkan mengorganisir semuanya kedalam beberapa kategori. Aku telah membuat daftar Top 10 direktori yang paling penting, dan di urutkan berdasarkan tingkat kepopulerannya di internet. Top 10 Direktori Progam Affiliasi Yang Ter-Populer.

Berikut bagaimana cara menggunakan direktori tersebut.

  1. Pilih dan masuk ke kategori yang berhubungan sampai kamu menemukan sub kategori yang pas. Kamu akan mencari satu atau lebih merchant dalam setiap sub kategori yang seharusnya cocok juga dengan konsep situs mu. Masuk ke situs merchant tersebut dan lihat jenis produk yang mereka jual. Juga copy URL dari "join page" ke dalam kolom possible paartner di Master Keyword List untuk setiap keyword yang berhubungan.
  2. Gunakan search tool mereka. Lakukan pencarian menggunakan keyword pada tiga tingkat kekhususan. Mari mulai dengan yang paling spesifik dan kemudian ke yang lebih umum.
    • Cari yang cocok untuk keyword yang spesifik dan memiliki profitabilyti yang tinggi dari daftar Master Keyword List mu. Masukkan keyword satu persatu ke dalam search tool dari direktori tersebut.
    • Cari yang cocok untuk keyword mu yang bersifat umum (contoh "pricing", atau “fulfillment,”, dan lain-lain).
    • Cari yang cocok untuk perusahaan yang mempunyai konsep yang bersilangan (“cross-concept companies.”). Perusahaan ini adalah perusahaan yang menjual produk yang cocok dengan semua konsep. Sebagai contoh, jika konsep mu tentang Renaissance art atau pricing atau fashion, kamu akan menemukan buku tentang hal tersebut. Maka selalu mengikutkan toko buku dalam setiap grup program affiliasi mu. Atau kamu bisa mencarinya melalui kategori atau menggunakan kata yang cocok untuk mencarinya (contoh "book"). Periksa untuk semua konsep kategori yang bersilangan (cross-concept categories) tidak semuanya akan pas.

Art-photo, Auction, Books, Catalogs Clip art, Coupons, Courses/education, Games, Gifts, Magazines, Malls/storebuilders, News, Search Software, Video/DVD
Saat kamu mencari program yang pas, baca reviewnya dan lihat ratingnya.

  1. Juga gunakan search tool mereka untuk mencari dan menemukan possible partners yang sudah kamu identifikasi sebagai kandidat. Inputkan nama domain mereka pada kotak search tool, dan lihat apakah laporannya positif ?

Hal lain yang harus dilakukan pada direktori ...

  1. Gunakan forum-forum. Review mereka untuk komentar-komentar tentang program yang membuat mu tertarik. Dan ajukan pertanyaan jika kamu tidak menemukan jawaban yang kamu cari. Kebanyakan dari direktori diatas mempunyai forum dimana kamu bisa mengajukan pertanyaan.
    Jadi tidak perlu malu-malu, tanyakan apakah perusahaan tertentu akan menutup program affiliasi mereka. Aku tidak merekomendasikan mu untuk mengirimkan email kepada pemilik direktori diatas. Akan tetapi jika postingan mu berada di forum yang cukup kecil, maka ada kemungkinan sang pemilik sendirilah yang akan menjawabnya.
  2. Lihat dan periksa laporan Top 10 mereka. Sebuah direktori mungkin mempunyai jenis yang berbeda untuk daftar Top 10 , misalnya yang paling memberikan hasil, paling populer, atau berdasarkan pendapat pribadi.
    Berikan perhatian khusus pada yang paling profitable. Yang paling populer seringkali hanya berdasarkan refleksi dari hasil promosi yang terlalu dipaksakan, dan belum tentu bisa memberikan profit yang menggiurkan. Yang paling profitable adalah salah satu yang paling berpotensi untuk menghasilkan uang bagi affiliate. Baca juga yang berdasarkan pendapat pribadi.
    Saat kamu melihat daftar Top 10, dan jika tampaknya daftar tersebut tidak pas dengan konsep mu, maka jangan memilihnya sebelum kamu bisa mengetahui bagaimana mereka bisa pas dengan konsep mu itu.
  3. Subscribe ke e-zine mereka agar kamu selalu mendapat informasi yang update.
  4. Baca artikel. Tapi jangan sampai membuat mu menjadi tidak fokus, teruslah melakukan langkah berikutnya.

Affiliate Network

Ada banyak perusahaan yang menyediakan tools, teknologi dan jasa yang dibutuhkan oleh bisnis online untuk mendaftar, melacak, melaporkan dan membayar affiliasi nya. Dengan kata lain, merchants tidak perlu melakukan semua itu sendiri, karena affiliate network menyediakan semua fungsi yang dibutuhkan untuk menjalankan program affiliasi.

Perusahaan yang menyediakan jasa tersebut menyebut diri mereka sebagai “affiliate networks.” Mengapa ? Karena mereka melakukan lebih dari sekedar menyediakan software bagi merchant untuk menjalankan program affiliasi. Mereka mempunyai ratusan bahkan ribuan affiliasi, maka secara otomatis program affiliasi dari merchants akan lebih mudah terexpose dan lebih mudah ditemukan oleh affilasi yang tertarik dan berpotensi.

Dan affiliasi juga akan mendapatkan perhatian yang lebih luas dari banyak merchants. Jadi, jika kamu bergabung dengan Affiliate network ini, kamu tidak hanya akan menjadi lebih mudah untuk menemukan merchant, seperi yang kamu lakukan pada affiliate direktori. Tapi kamu juga akan menemukan merchant-merchant yang baru. Jadi cukup penting juga untuk melihat apakah mereka mempunyai program yang cocok untuk mu ..

Affiliate network ini diantaranya adalah : Commission Junction, BeFree, LinkShare, ClickTrade. Jika kamu menemukan merchants dengan produk yang cocok, masuk dan lihat jenis produk yang mereka jual, juga ambil URL dari "join page" dan tambahkan pada kolom possible partners pada Master Keyword List mu untuk setiap keyword yang berhubungan.

Berbagai Perantara

Jika kamu bisa melihat bagaimana cara agar Vstore bisa cocok dengan situs mu, maka buat catatan pada kolom possible partners pada Master Keyword List mu untuk setiap keyword yang berhubungan.

Buat etalase toko mu sendiri untuk menjual berbagi produk yang kamu sukai, sports, music, atau apapun. Hal itu mudah untuk dilakukan. Hanya satu masalahnya .. kamu harus mengirimkan traffik ke toko mu tersebut jika kamu ingin menghasilkan penjualan.

Tidak sepeti film “Field of Dreams”, pengunjung tidak akan datang hanya karena kamu sudah membuat tokok virtual tersebut. Kebanyakan pemilik VStore tidak bisa menghadapi tantangan ini. Mungkin hal ini juga yang menjelaskan mengapa Nexchange dan ePod tidak bisa berkembang.

Mengapa kita tidak mengikutkan Vstore dalam kursus ini ? Karena mereka tidak benar-benar bisa menghasilkan penjualan. Kamu mungkin bisa menghasilkan penjualan dan mendapatkan komisi. Tapi kamu hanya akan mendapat komisi jika kamu bisa menyalurkan traffik ke toko mu dan ada pengunjung yang membeli di toko mu tersebut.

Jadi perbedaan bentuk ini dengan program affiliasi murni adalah bahwa untuk membuat Vstore mungkin tidak memerlukan konsep.

Dan salah satu alasan yang lebih penting lagi adalah .. Saat kamu menyelesaikan kursus ini, kamu akan mempunyai situs yang berdasarkan tema, content yang bisa membangun traffik pada target yang khusus dan melakukan PREsell kepada pengunjung.

Mengapa kita tidak membangun sebuah toko yang cocok dengan tema dan mengirimkan pengunjung dari situs ke toko mu itu?

Bayangkan Vstore seperti sebuah interface (antar muka) yang menghubungkan antara kamu dengan merchants. Itu berarti mereka akan mengambil sedikit potongan dari setiap kue yang terjual, bukan dari mu tapi dari merhcants. Dan membuat Vstore tampak seperti super-affiliate.

Memang tidak ada salahnya dengan hal itu. Karena Vstore memang menyediakan sesuatu yang benar-benar berharga hingga berhak untuk mendapatkan potongan tersebut. Tapi berhati-hatilah. Affinia.com perusahaan dengan profile yang tinggi mempunyai model yang serupa. Mereka mempunyai produk yang benar-benar bagus dan bisa membuat situs mu tampak seperti sebuah toko sungguhan.

Namun pada bulan September 2000, Affinia bangkrut. Dan akibatnya affiliasi yang sudah menggunakan banyak waktu untuk membangun bisnis dan income mereka melalui Affina pun ikut bangkrut. Bisakah perantara affilasi lain menghasilkan cukup uang hingga bisa sukses?

Untuk masalah serupa ini, bagaimana dengan Affiliate Network? Bahkan bagaimana dengan merchant secara individual? Bukankah kita juga bisa mengalami hal yang seupa dengan kasus Affinia? Untuk masalah tersebut kita perlu tahu bagaimana cara mengurangi resiko nya.