Cara Hidup Tanpa Masalah

 Orang kaya lebih besar dari masalah mereka. Orang yang belum kaya lebih kecil dari masalah mereka.



Seperti yang saya katakan sebelumnya, menjadi kaya bukanlah jalan-jalan di taman. Ini adalah perjalanan yang penuh lika-liku, belokan, jalan memutar, dan rintangan. Jalan menuju kekayaan penuh dengan lubang dan jebakan, dan itulah mengapa kebanyakan orang tidak mengambilnya. Mereka tidak ingin kerepotan, sakit kepala, dan tanggung jawab. Singkatnya, mereka tidak menginginkan masalah.


Di situlah letak salah satu perbedaan terbesar antara orang kaya dan orang yang belum kaya. Orang kaya dan sukses lebih besar dari masalahnya, sedangkan orang yang belum kaya dan tidak sukses lebih kecil dari masalahnya.


Orang yang belum kaya akan melakukan hampir semua hal untuk menghindari masalah.


Mereka melihat tantangan dan mereka lari. Ironisnya, dalam pencarian mereka untuk memastikan mereka tidak memiliki masalah, mereka malah memiliki masalah terbesar dari semuanya, yaitu mereka bangkrut dan sengsara. Rahasia sukses, teman-teman, bukanlah mencoba menghindari, atau menyingkirkan, atau menciut, dari masalah Anda; rahasianya adalah menumbuhkan diri sendiri sehingga Anda menjadi lebih besar dari masalah apa pun.


Pada skala 1 sampai 10, 1 adalah yang terendah, bayangkan Anda adalah orang dengan kekuatan karakter dan sikap level 2, yang melihat masalah level 5. Apakah masalah ini tampak besar atau kecil? Dari perspektif level 2, masalah level 5 akan tampak seperti masalah besar.


Sekarang bayangkan Anda telah mengembangkan diri dan menjadi orang level 8. Apakah masalah level 5 yang sama akan menjadi masalah besar atau masalah kecil? Ajaibnya, masalah yang sama sekarang menjadi masalah kecil.


Terakhir, bayangkan Anda telah bekerja keras untuk diri sendiri dan menjadi orang level 10. Sekarang, apakah masalah level 5 yang sama ini merupakan masalah besar atau masalah kecil? Jawabannya adalah tidak masalah. Itu bahkan tidak terdaftar di otak Anda sebagai masalah.


Tidak ada energi negatif di sekitarnya. Itu hanya kejadian biasa untuk ditangani, seperti menyikat gigi atau berpakaian.


Perhatikan bahwa apakah Anda kaya atau yang belum kaya, bermain besar atau bermain kecil, masalah tidak akan hilang. Jika Anda bernafas, Anda akan selalu memiliki apa yang disebut masalah dan hambatan dalam hidup Anda. Biarkan saya membuat ini pendek dan manis. Ukuran masalah tidak pernah menjadi masalah—yang penting adalah ukuran Anda!


Ini mungkin menyakitkan, tetapi jika Anda siap untuk pindah ke tingkat kesuksesan berikutnya, Anda harus menyadari apa yang sebenarnya terjadi dalam hidup Anda. Siap? Ini dia.


Jika Anda memiliki masalah besar dalam hidup Anda, itu artinya Anda menjadi orang kecil! Jangan tertipu oleh penampilan.


Dunia luar Anda hanyalah cerminan dari dunia batin Anda. Jika Anda ingin membuat perubahan permanen, berhentilah berfokus pada ukuran masalah Anda, dan mulailah berfokus pada ukuran diri Anda!


Jika Anda memiliki masalah besar dalam hidup Anda, itu artinya Anda menjadi orang kecil!


Salah satu pengingat yang tidak terlalu halus, yang saya berikan kepada peserta seminar saya, adalah: setiap kali Anda merasa memiliki masalah besar, tunjuk diri Anda dan berteriak, "Mini saya, mini saya, mini saya!" Itu tiba-tiba akan membangunkan Anda dan mengalihkan perhatian Anda kembali ke tempatnya — pada diri Anda sendiri. Kemudian, datang dari "diri yang lebih tinggi" Anda (bukan diri korban yang berbasis ego Anda), tarik napas dalam-dalam dan putuskan sekarang juga, pada saat ini, Anda akan menjadi orang yang lebih besar, dan tidak membiarkan masalah atau rintangan apa pun terjadi. Anda keluar dari kebahagiaan atau kesuksesan Anda.


Semakin besar masalah yang bisa Anda tangani, semakin besar bisnis yang bisa Anda tangani; semakin besar tanggung jawab yang dapat Anda tangani, semakin banyak karyawan yang dapat Anda tangani; semakin banyak pelanggan yang dapat Anda tangani, semakin banyak uang yang dapat Anda tangani, dan pada akhirnya, semakin banyak kekayaan yang dapat Anda tangani.


Sekali lagi, kekayaan Anda hanya dapat tumbuh, sejauh yang dapat Anda lakukan!


Tujuannya adalah untuk menumbuhkan diri Anda, ke tempat di mana Anda dapat mengatasi masalah atau rintangan apa pun, yang menghalangi Anda, menciptakan kekayaan dan mempertahankannya, begitu Anda memilikinya.


Omong-omong, menjaga kekayaan Anda adalah dunia lain.


Siapa yang tahu? Saya yakin tidak. Saya pikir begitu Anda berhasil, Anda berhasil! Wah, apakah saya mengalami kebangkitan yang kasar saat saya mulai kehilangan satu juta pertama saya hampir secepat yang saya lakukan. Sekarang, kalau dipikir-pikir, saya mengerti apa masalahnya. Saat itu, “kotak peralatan” saya belumlah besar dan kuat untuk menampung kekayaan yang telah saya raih. Sekali lagi, syukurlah saya mempraktikkan prinsip-prinsip saya, dan mampu memperbaiki diri saya sendiri! Saya tidak hanya menghasilkan jutaan itu kembali, tetapi karena "cetak biru uang" baru saya, saya telah menghasilkan jutaan dan jutaan lagi. Yang terbaik dari semuanya, saya tidak hanya menyimpannya, tetapi juga terus tumbuh dengan kecepatan yang fenomenal!


Pikirkan diri Anda sebagai wadah Anda untuk kekayaan. Jika wadah Anda kecil dan uang Anda besar, apa yang akan terjadi? Anda akan kehilangan itu. Wadah Anda akan meluap dan kelebihan uang akan tumpah ke mana-mana. Anda tidak bisa memiliki lebih banyak uang daripada wadahnya. Oleh karena itu Anda harus tumbuh menjadi wadah yang besar sehingga Anda tidak hanya dapat menampung lebih banyak kekayaan tetapi juga menarik lebih banyak kekayaan. Alam semesta membenci kehampaan dan jika Anda memiliki wadah uang yang sangat besar, ia akan bergegas masuk untuk mengisi ruang tersebut.


Salah satu alasan orang kaya lebih besar dari masalah mereka kembali ke apa yang telah kita bahas sebelumnya. Mereka tidak fokus pada masalah; mereka fokus pada tujuan mereka. Sekali lagi, pikiran umumnya berfokus pada satu hal utama pada satu waktu. Berarti Anda mengeluh tentang masalah atau Anda sedang mengerjakan solusinya. Orang kaya dan sukses berorientasi pada solusi; mereka menghabiskan waktu dan energi untuk menyusun strategi dan merencanakan jawaban atas tantangan yang muncul, dan menciptakan sistem untuk memastikan masalah tersebut tidak terjadi lagi.


Orang yang belum kaya dan belum sukses, berorientasi pada masalah. Mereka menghabiskan waktu dan energi mereka, untuk mengeluh dan mengeluh dan mengeluh dan mengeluh dan mengeluh dan mengeluh dan mengeluh dan mengeluh dan mengeluh dan mengeluh, dan terus mengeluh, sehingga jarang menghasilkan sesuatu yang kreatif, untuk mengatasi masalah, apalagi memastikan hal itu tidak terjadi lagi.


Orang kaya tidak mundur dari masalah, tidak menghindari masalah, dan tidak mengeluhkan masalah. Orang kaya adalah pejuang keuangan. Di Kamp Pelatihan Prajurit Tercerahkan, definisi prajurit yang kami gunakan adalah "orang yang menaklukkan diri sendiri".


Intinya adalah, jika Anda menjadi ahli dalam menangani masalah, dan mengatasi rintangan apa pun, apa yang dapat menghentikan Anda dari kesuksesan? Jawabannya adalah, tidak ada yang bisa menghentikan Anda! Dan jika tidak ada yang bisa menghentikan Anda, Anda menjadi tak terbendung! Dan jika Anda menjadi tak terbendung, pilihan apa yang Anda miliki dalam hidup Anda? Jawabannya adalah semua pilihan yang tersedia. Jika Anda tak terbendung, apa saja tersedia untuk Anda. Anda cukup memilihnya, dan itu menjadi milik Anda! Bukankah itu berarti sebuah kebebasan!


DEKLARASI. Letakkan tanganmu di dadamu dan ucapkan, "Aku lebih besar dari masalah apa pun yang aku hadapi." "Aku bisa menangani masalah apa pun, sebesar apapun, dimana pun, dan kapan pun, berapa pun, siapapun, tanpa ampun." 


Sentuh kepalamu dan katakan, "Saya memiliki pikiran seorang milyuner!"


TINDAKAN SEORANG MILYUNER.


1. Setiap kali Anda merasa kesal karena masalah "besar", tunjuk diri Anda dan katakan, "Mini saya, saya yang kecil." Kemudian tarik napas dalam-dalam dan katakan pada diri sendiri, “Saya bisa menangani ini. Saya lebih besar dari masalah apa pun.”


2. Tuliskan masalah yang Anda alami dalam hidup. Kemudian buat daftar sepuluh tindakan khusus yang dapat diambil, untuk mengatasi atau setidaknya memperbaiki situasi ini. Ini akan memindahkan untuk berpindah dari memikirkan masalah, ke, memikirkan solusi.


Pertama, ada kemungkinan besar Anda akan menyelesaikan masalah. Kedua, Anda akan merasa jauh lebih baik.


Sekian dan terima kasih. Wasalam.