Cara Pikiran Menetapkan Tingkat Penghasilan

 Orang kaya berpikir besar. Orang yang tidak kaya berpikir kecil.



Kami pernah memiliki seorang pelatih, yang mengajar di salah satu seminar kami, yang kekayaan bersihnya naik dari $250.000, menjadi lebih dari $600 juta, hanya dalam waktu tiga tahun. Ketika ditanya rahasianya, dia berkata, “Semuanya berubah saat saya mulai berpikir besar.” 


Saya merujuk Anda ke Hukum Penghasilan, yang menyatakan, "Anda akan dibayar secara proporsional, dengan nilai yang Anda berikan menurut pasar."


Kata kuncinya adalah, nilai. Penting untuk diketahui bahwa empat faktor menentukan nilai Anda di pasar: penawaran, permintaan, kualitas, dan kuantitas. Menurut pengalaman saya, faktor yang menghadirkan tantangan terbesar bagi kebanyakan orang adalah kuantitas. Faktor kuantitas berarti, berapa banyak nilai Anda yang sebenarnya Anda kirimkan ke pasar?


Cara lain untuk menyatakan ini adalah, berapa banyak orang yang sebenarnya Anda layani atau pengaruhi?


Dalam bisnis saya, misalnya, beberapa pelatih lebih suka mengajar kelompok kecil yang terdiri dari dua puluh orang sekaligus, yang lain merasa nyaman dengan seratus peserta di ruangan itu, yang lain menyukai audiensi lima ratus, dan yang lain lagi menyukai audiensi seribu hingga lima ribu. atau lebih. Apakah ada perbedaan pendapatan di antara para pelatih ini? Anda lebih baik percaya, bahwa perbedaan itu ada!


Pertimbangkan bisnis pemasaran jaringan. Apakah ada perbedaan pendapatan, antara seseorang yang memiliki sepuluh orang donlain, dan seseorang yang memiliki sepuluh ribu orang?


Saya akan berpikir begitu!


Menjelang awal buku ini, saya menyebutkan bahwa saya memiliki rantai toko ritel kebugaran. Sejak saya mempertimbangkan untuk terjun ke bisnis ini, niat saya adalah memiliki seratus toko yang sukses dan memengaruhi puluhan ribu orang. Pesaing saya, di sisi lain, yang memulai enam bulan setelah saya, memiliki niat untuk memiliki satu toko yang sukses. Pada akhirnya, dia mendapatkan kehidupan yang layak. Sedangkan Saya menjadi kaya!


Bagaimana Anda ingin menjalani hidup Anda? Bagaimana Anda ingin memainkan permainan? Apakah Anda ingin bermain di liga besar atau di liga kecil? Apakah Anda akan bermain besar atau bermain kecil? Itu pilihanmu.


Kebanyakan orang, memilih untuk bermain kecil. Kenapa? Pertama, karena takut. Mereka takut setengah mati akan kegagalan, dan mereka bahkan lebih takut akan kesuksesan. Kedua, orang bermain kecil karena merasa kecil. Mereka merasa tidak layak. Mereka tidak merasa cukup baik atau cukup penting untuk membuat perbedaan nyata dalam kehidupan orang.


Tetapi dengarkan ini: Hidup Anda bukan hanya tentang Anda. Melainkan juga tentang berkontribusi kepada orang lain. Ini tentang hidup yang setia pada misi dan alasan Anda, berada di bumi ini, saat ini. Ini tentang menambahkan potongan teka-teki Anda ke dunia. Kebanyakan orang begitu terjebak dalam ego mereka, sehingga semuanya berputar di sekitar saya, saya, dan lebih banyak lagi saya. Tetapi jika Anda ingin menjadi kaya dalam arti sebenarnya, itu tidak bisa hanya tentang Anda. Itu harus mencakup nilai tambah bagi kehidupan orang lain.


Salah satu penemu dan filsuf terhebat di zaman kita, Buckminster Fuller, berkata, "Tujuan hidup kita adalah, untuk menambah nilai bagi orang-orang di generasi ini, dan generasi berikutnya."


Kita masing-masing datang ke bumi ini dengan bakat alami, hal-hal yang secara alami kita kuasai. Karunia ini diberikan kepada Anda karena suatu alasan: untuk digunakan dan dibagikan kepada orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang paling bahagia, adalah mereka yang menggunakan bakat alaminya secara maksimal. Bagian dari misi Anda dalam hidup adalah membagikan hadiah dan nilai Anda, kepada sebanyak mungkin orang. Itu berarti bersedia untuk bermain besar.


Apakah Anda tahu definisi wirausaha? Definisi yang kami gunakan dalam program kami adalah "seseorang yang memecahkan masalah untuk orang lain demi keuntungan." Benar sekali, seorang pengusaha, tidak lebih dari seorang “pemecah masalah”.


Jadi saya bertanya kepada Anda, apakah Anda lebih suka menyelesaikan masalah, untuk lebih banyak orang, atau lebih sedikit orang? Jika Anda menjawab lebih banyak, maka Anda perlu mulai berpikir lebih besar, dan memutuskan untuk membantu banyak orang—ribuan, bahkan jutaan. Produk sampingannya adalah semakin banyak orang yang Anda bantu, semakin "kaya" Anda jadinya, secara mental, emosional, spiri tual, dan tentunya finansial.


Jangan salah, setiap orang di planet ini memiliki misi.


Jika Anda hidup sekarang, ada alasan untuk itu. Richard Bach, dalam bukunya Jonathan Livingston Seagull, ditanya, Bagaimana saya tahu, kapan saya telah menyelesaikan misi saya? Jawabannya? Jika kamu masih bernafas, kamu belum selesai.


Apa yang saya saksikan adalah terlalu banyak orang yang tidak melakukan tugasnya, tidak memenuhi kewajibannya, atau dharma dalam bahasa Sanskerta. Saya melihat terlalu banyak orang bermain terlalu kecil, dan terlalu banyak orang membiarkan diri mereka ,yang berbasis rasa takut, menguasai mereka. Hasilnya adalah, terlalu banyak dari kita, yang tidak memenuhi potensi penuh kita, baik dalam kehidupan kita sendiri maupun kontribusi kita kepada orang lain.


Intinya begini: Jika bukan Anda, lalu siapa?


Sekali lagi, setiap orang memiliki tujuan uniknya masing-masing. Mungkin Anda seorang investor properti, dan membeli properti untuk disewakan, dan menghasilkan uang, dari arus kas dan apresiasi. Apa misi Anda? Bagaimana Anda membantu? Ada kemungkinan besar, Anda memberi nilai tambah bagi komunitas Anda, dengan membantu keluarga, menemukan perumahan yang terjangkau, yang mungkin tidak dapat mereka temukan. Sekarang pertanyaannya adalah berapa banyak keluarga dan orang yang dapat Anda bantu?


Apakah Anda bersedia membantu sepuluh bukannya satu, dua puluh bukannya sepuluh, seratus bukannya dua puluh? Inilah yang saya maksud dengan bermain besar.


Dalam bukunya yang luar biasa A Return to Love, penulis Marianne Williamson mengatakannya seperti ini:


Anda adalah anak Tuhan. Anda bermain kecil tidak melayani dunia. Tidak ada yang tercerahkan tentang menyusut sehingga orang lain tidak merasa tidak aman di sekitar Anda. Kita semua dimaksudkan untuk bersinar, seperti anak-anak. Kita dilahirkan untuk mewujudkan kemuliaan Tuhan, yang ada di dalam diri kita. Itu tidak hanya terjadi pada sebagian dari kita; itu ada pada setiap orang. Dan saat kita membiarkan cahaya kita sendiri bersinar, tanpa sadar kita memberikan izin kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama. Saat kita dibebaskan dari ketakutan kita sendiri, kehadiran kita secara otomatis membebaskan orang lain.


Dunia tidak membutuhkan lebih banyak orang yang bermain kecil. Sudah waktunya untuk berhenti bersembunyi, dan mulai melangkah keluar. Saatnya untuk berhenti membutuhkan dan mulai memimpin. Saatnya untuk mulai membagikan hadiah Anda, alih-alih menimbunnya, atau berpura-pura tidak ada. Sudah saatnya Anda mulai memainkan permainan kehidupan dengan ca ra yang “besar”.


Pada akhirnya, pemikiran kecil dan tindakan kecil menyebabkan keduanya bangkrut dan tidak terpenuhi. Berpikirlah besar, dan bertindaklah besar


Kisah Sukses dari Jim Rosemari


Jika seseorang mengatakan kepada saya, saya akan melipatgandakan penghasilan saya dan sekaligus menggandakan waktu istirahat saya, saya akan mengatakan itu tidak mungkin. Tapi itulah yang telah terjadi.


Dalam satu tahun bisnis kami tumbuh 175 persen, dan pada tahun yang sama kami mengambil total tujuh minggu waktu liburan (sebagian besar dihabiskan untuk seminar)!


Ini mencengangkan, mengingat kami telah mengalami pertumbuhan mini mal, selama lima tahun sebelum nya, dan berjuang untuk mendapatkan waktu istirahat, bahkan dua minggu dalam setahun.


Sebagai hasil dari mengetahui Harv Eker, dan terlibat dengan seminarnya, saya memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang diri saya, dan penghargaan yang lebih besar, atas kelimpahan dalam hidup saya. Hubungan saya dengan istri dan anak-anak saya telah ditingkatkan secara tak terukur. Sekarang saya melihat lebih banyak peluang daripada yang pernah saya bayangkan. Saya merasa bahwa saya benar-benar berada di jalan yang benar, menuju kesuksesan dalam segala aspeknya, mengarah pada memiliki uang dan makna. Pilihan ada pada Anda!


DEKLARASI. Letakkan tangan Anda di dada, dan ucapkan, “Saya berpikir besar! Saya memilih untuk membantu ribuan, jutaan, dan milyaran orang!”


Sentuh kepala Anda dan katakan, "Saya memiliki pikiran milyader!"


TINDAKAN SEORANG MILYADER


1. Tuliskan apa yang Anda yakini sebagai “bakat alami” Anda. Ini adalah hal-hal yang selalu Anda kuasai secara alami. Tulis juga bagaimana dan di mana, Anda dapat menggunakan lebih banyak dari karunia-karunia ini, dalam hidup Anda, dan khususnya kehidupan kerja Anda.


2. Tulis atau tukar pikiran dengan sekelompok orang, bagaimana Anda dapat memecahkan masalah, sepuluh kali lipat jumlah orang, yang Anda pengaruhi dalam pekerjaan, atau bisnis Anda sekarang. Munculkan setidak nya tiga strategi berbeda. Pikirkan "daya ungkit".


Orang kaya, fokus pada peluang. Orang yang tidak kaya, fokus pada rintangan.


Orang kaya melihat peluang. Orang yang tidak kaya, melihat rintangan. Orang kaya melihat potensi pertumbuhan. Orang yang tidak kaya, melihat potensi kerugian. Orang kaya fokus pada hadiah. Orang yang tidak kaya, fokus pada risiko.


Itu sampai pada pertanyaan kuno, "Apakah gelas itu setengah kosong atau setengah penuh?" Kita tidak sedang berbicara tentang berpikir positif di sini, kita sedang berbicara tentang kebiasaan Anda, dalam memandang dunia.


Orang  yang tidak kaya, membuat pilihan berdasarkan rasa takut. Pikiran mereka terus-menerus memindai apa yang salah atau bisa salah dalam situasi apa pun. Pola pikir utama mereka adalah "Bagaimana jika tidak berhasil?" atau, lebih sering, "Itu tidak akan berhasil."


Orang kelas menengah sedikit lebih optimis. Pola pikir mereka adalah "Saya harap ini berhasil."


Orang kaya, seperti yang telah kami katakan sebelum nya, bertanggung jawab atas hasil dalam hidup mereka, dan bertindak berdasarkan pola pikir, "Ini akan berhasil, karena saya akan membuatnya berhasil."


Orang kaya berharap untuk berhasil. Mereka memiliki keyakinan pada kemampuan mereka, mereka memiliki keyakinan pada kreyativitas mereka, dan mereka percaya bahwa jika sesuatu belum berhasil, maka mereka dapat menemukan ca ra lain untuk sukses.


Secara umum, semakin tinggi hadiahnya, semakin tinggi risikonya. Karena mereka selalu melihat peluang, orang kaya bersedia mengambil risiko. Orang kaya percaya bahwa, jika yang terburuk menjadi yang terburuk, mereka selalu dapat menghasilkan uang mereka kembali.


Sebaliknya, orang yang tidak kaya, berharap untuk gagal. Mereka kurang percaya, pada diri mereka sendiri dan kemampuan mereka. Orang  yang tidak kaya, percaya bahwa jika hal-hal tidak berhasil, itu akan menjadi bencana besar. Dan karena mereka selalu melihat rintangan, mereka biasanya tidak mau mengambil resiko. Jika tidak ada risiko, maka tidak akan ada imbalan.


Sebagai catatan, bersedia mengambil risiko tidak selalu berarti Anda bersedia kalah. Orang kaya mengambil risiko terdidik. Ini berarti bahwa mereka meneliti, melakukan uji tuntas, dan membuat keputusan berdasarkan informasi dan fakta yang solid. Apakah orang kaya butuh waktu lama untuk mengenyam pendidikan? Tidak. Mereka melakukan apa yang mereka bisa dalam waktu sesingkat mungkin, kemudian membuat keputusan berdasarkan informasi untuk melakukannya atau tidak.


Meski orang  yang tidak kaya, mengaku sedang mempersiapkan kesempatan, yang biasanya mereka lakukan adalah, mengulur-ulur waktu. Mereka ketakutan setengah mati, mengelim dan mendengus selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bahkan bertahun-tahun, dan pada saat itu kesempatan biasanya menghilang. Kemudian mereka merasionalisasi situasi dengan mengatakan, "Saya sedang bersiap-siap." Benar saja, tetapi sementara mereka "bersiap-siap", orang kaya itu masuk, keluar, dan menghasilkan uang lagi.


Saya tahu, apa yang akan saya katakan mungkin terdengar sedikit aneh, mengingat betapa saya menghargai tanggung jawab diri sendiri. Namun, saya percaya elemen tertentu, dari apa yang oleh banyak orang disebut keberuntungan, dikaitkan dengan menjadi kaya, atau, dalam hal ini, sukses dalam segala hal.


Dalam sepak bola, mungkin pemain tim lawan, meraba-raba garis Anda, dengan sisa waktu kurang dari satu menit, sehingga memungkinkan tim Anda untuk memenangkan permainan. Dalam golf, bisa jadi pukulan salah yang mengenai pohon di luar batas, dan memantul kembali ke lapangan, hanya tiga inci dari lubang.


Dalam bisnis, berapa kali Anda mendengar tentang seorang pria, yang menjatuhkan sejumlah uang di sebidang tanah tandus, dan sepuluh tahun kemudian, beberapa konglomerat memutuskan ingin membangun pusat perbelanjaan, atau gedung perkantoran di atasnya? Investor ini menjadi kaya. Jadi, apakah itu langkah bisnis yang brilian atau keberuntungan semata? Dugaan saya adalah keduanya.


Namun, intinya adalah, bahwa tidak ada keberuntungan—atau hal lain yang berharga—yang akan menghampiri Anda, kecuali Anda mengambil tindakan. Untuk berhasil secara finansial, Anda harus melakukan sesuatu, membeli sesuatu, atau memulai sesuatu. Dan ketika Anda melakukannya, apakah itu keberuntungan, atau apakah alam semesta, atau kekuatan yang lebih tinggi, mendukung Anda dengan caranya yang ajaib, karena memiliki keberanian dan komitmen, untuk melakukannya? Sejauh yang saya ketahui, siapa yang peduli apa itu. Yang penting adalah, itu bisa terjadi!


Prinsip kunci lainnya, yang relevan di sini, adalah orang kaya fokus pada apa yang mereka inginkan, sementara orang yang tidak kaya, fokus pada apa yang tidak mereka inginkan. Sekali lagi, hukum uni versal menyatakan, "Apa yang Anda fokuskan akan berkembang." Karena orang kaya fokus pada peluang dalam segala hal, maka peluang berlimpah bagi mereka. Masalah terbesar mereka adalah, menangani semua kemungkinan menghasilkan uang yang luar biasa, yang mereka lihat. Di sisi lain, karena orang yang tidak kaya, fokus pada rintangan dalam segala hal, maka semakin banyak rintangan bagi mereka, dan masalah terbesar mereka adalah, menangani semua rintangan luar biasa, yang mereka lihat.


Itu mudah. Bidang fokus Anda menentukan apa yang Anda temukan dalam hidup. Fokus pada peluang dan itulah yang Anda temukan. Fokus pada rintangan dan itulah yang Anda temukan. Saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak mengurus masalah. Tentu saja, tangani masalah saat muncul, di masa sekarang. Tapi tetap awasi tujuan Anda, teruslah bergerak menuju target Anda. Luangkan waktu dan energi Anda untuk menciptakan apa yang Anda inginkan. Saat rintangan muncul, tangani, lalu segera fokus kembali pada visi Anda. Anda tidak membuat hidup Anda tentang memecahkan masalah. Anda tidak menghabiskan seluruh waktu Anda untuk memadamkan api. Mereka yang melakukannya, mundur! Anda menghabiskan waktu dan energi Anda dalam pikiran dan perbuatan, bergerak maju dengan mantap, menuju tujuan Anda.


Apakah Anda ingin saran sederhana namun sangat langka? Ini dia. Jika Anda ingin kaya, fokuslah untuk menghasilkan, menyimpan, dan menginvestasikan uang Anda. Jika Anda ingin menjadi tidak kaya, fokuslah untuk membelanjakan uang Anda. Anda dapat membaca seribu buku dan mengikuti seratus kursus tentang kesuksesan, tetapi semuanya bermuara pada hal itu. Ingat, apa yang Anda fokuskan akan berkembang.


Orang kaya juga mengerti bahwa Anda tidak akan pernah tahu, semua informasi sebelum nya. Dalam program kami yang lain, Pelatihan Prajurit Tercerahkan, kami melatih orang, untuk mengakses kekuatan batin mereka, dan berhasil terlepas dari apa pun. Dalam kursus ini, kami mengajarkan prinsip yang dikenal sebagai, Siap, tembak, bidik! Apa yang kami maksud? Bersiaplah sebaik mungkin dalam waktu sesingkat mungkin; mengambil tindakan; lalu perbaiki di sepanjang jalan.


Sangat gila untuk berpikir, Anda bisa mengetahui semua yang mungkin terjadi, di masa depan. Adalah delusi, untuk percaya bahwa Anda dapat bersiap, untuk setiap keadaan yang mungkin terjadi, suatu hari nanti, dan melindungi diri Anda darinya. Tahukah Anda bahwa tidak ada garis lurus di alam semesta? Hidup tidak berjalan dalam garis lurus sempurna. Itu bergerak lebih seperti sungai yang berkelok-kelok. Lebih sering daripada tidak, Anda hanya dapat melihat ke belokan berikutnya, dan hanya ketika Anda mencapai belokan berikutnya, Anda dapat melihat lebih banyak belokan lagi.


Idenya adalah, untuk bermain dengan apa pun yang Anda miliki, dari mana pun Anda berada. Saya menyebutnya memasuki koridor. Misalnya, bertahun-tahun yang lalu, saya berencana membuka kafe makanan penutup di Florida. Saya mempelajari opsi lokasi, pasar, dan menemukan peralatan apa yang saya perlukan. Saya juga meneliti jenis kue, pai, es krim, dan kopi yang tersedia. Masalah besar pertama—saya menjadi sangat gemuk!


Makan penelitian saya tidak membantu. Jadi saya bertanya pada diri sendiri, "Harv, apa ca ra terbaik untuk mempelajari bisnis ini?" Kemudian saya mendengar pria bernama Harv ini, yang jelas jauh lebih pintar dari saya, menjawab, “Jika Anda benar-benar ingin belajar bisnis, masuklah ke dalamnya. Anda tidak harus memiliki barang sialan itu sejak hari pertama.


Dapatkan di koridor dengan mendapatkan pekerjaan di arena. Anda akan belajar lebih banyak dengan menyapu restoran dan mencuci piring, daripada sepuluh tahun penelitian dari luar. Sudah kubilang dia jauh lebih pintar dariku.


Dan itulah yang saya lakukan. Saya mendapat pekerjaan di Mother Butler's Pie Shop. Saya berharap dapat memberi tahu Anda, bahwa mereka segera mengenali bakat luar biasa saya, dan memulai saya sebagai CEO. Namun sayang, entah bagaimana mereka tidak melihat, juga tidak peduli, keterampilan kepemimpinan eksekutif saya, jadi saya mulai sebagai busboy. Benar, menyapu lantai dan membersihkan piring. Lucu bagaimana kekuatan niat bekerja, bukan?


Anda mungkin berpikir, bahwa saya benar-benar harus menelan harga diri saya, untuk melakukan ini. Tetapi sebenarnya, saya tidak pernah memandangnya seperti itu. Saya sedang dalam misi untuk mempelajari bisnis makanan penutup. Saya berterima kasih atas kesempatan, untuk mempelajarinya di "tiket" orang lain, dan membuat uang saku untuk boot.


Selama masa jabatan saya sebagai pie busboy, saya menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk mengobrol dengan manajer, tentang pendapatan dan keuntungan, mencentang kotak untuk mengetahui nama pemasok, dan membantu tukang roti pada pukul 4:00 pagi, untuk mempelajari tentang peralatan, bahan, dan masalah yang mungkin terjadi.


Seminggu penuh berlalu, dan saya kira saya sudah cukup baik dalam pekerjaan saya, karena manajer mendudukkan saya, memberi saya beberapa kue, dan mempromosikan saya menjadi...kasir! Saya memikirkannya lama dan keras, tepat selama satu nanodetik, dan menjawab, "Terima kasih, tapi tidak, terima kasih."


Pertama, tidak mungkin saya bisa belajar banyak, karena terjebak di belakang mesin kasir. Kedua, saya sudah mempelajari apa yang ingin saya pelajari. Misi selesai!


Jadi itulah yang saya maksud dengan berada di “koridor”. Itu berarti memasuki arena di mana Anda ingin berada di masa depan, dalam kapasitas apa pun, untuk memulai. Ini adalah praktek terbaik, untuk belajar tentang bisnis, karena Anda melihatnya dari dalam.


Kedua, Anda dapat membuat kontak yang Anda butuhkan, yang tidak akan pernah Anda buat dari luar. Ketiga, begitu Anda berada di koridor, banyak pintu peluang lain yang mungkin terbuka untuk Anda.


Artinya, begitu Anda menyaksikan apa yang sebenarnya terjadi, Anda mungkin menemukan ceruk untuk diri sendiri, yang belum Anda kenali sebelum nya. Keempat, Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak terlalu menyukai bidang ini, dan syukurlah Anda mengetahuinya, sebelum Anda masuk terlalu dalam!


Jadi mana dari hal di atas yang terjadi pada saya? Pada saat saya selesai dengan Mother Butler's, saya tidak tahan dengan bau atau pemandangan pai. Kedua, tukang roti berhenti sehari setelah saya pergi, menelepon saya, dan menjelaskan bahwa, dia baru saja mengetahui tentang peralatan olahraga baru, yang sedang trend, yang dikenal sebagai sepatu bot versi Gravity Guidance, dan ingin tahu apakah saya tertarik untuk melihatnya. Saya memeriksa semuanya dan memutuskan sepatu bot itu dinamit, tetapi dia tidak, jadi saya terlibat sendiri.


Saya mulai menjual sepatu bot, ke toko barang olahraga dan supermarket. Saya perhatikan semua gerai ritel ini memiliki satu kesamaan, yaitu peralatan olahraga yang payah. Lonceng otak saya mengamuk— Peluang, peluang, peluang. Lucu bagaimana hal-hal terjadi. Ini adalah pengalaman pertama saya menjual peralatan olahraga, yang akhirnya membuat saya, membuka salah satu toko kebugaran eceran pertama di Amerika Utara, dan menghasilkan jutaan pertama saya. Dan itu semua dimulai, dengan saya menjadi seorang pelayan di Toko Pai! Pesan moralnya sederhana, yaitu masuk ke koridor. Anda tidak pernah tahu pintu apa yang akan terbuka bagi Anda.


Saya memiliki moto: "Tindakan selalu mengalahkan kelambanan." Orang kaya memulai. Mereka percaya bahwa begitu mereka masuk ke dalam permainan, mereka dapat membuat keputusan yang cerdas pada saat ini, melakukan koreksi, dan menyesuaikan layar mereka di sepanjang jalan.


Orang yang tidak kaya, tidak percaya pada diri mereka sendiri, atau kemampuan mereka. Jadi mereka percaya, bahwa mereka harus mengetahui segalanya terlebih dahulu, yang sebenarnya tidak mungkin. Sementara itu mereka tidak melakukan squat! Pada akhirnya, dengan sikap positif, "siap, tembak, bidik", orang kaya mengambil tindakan dan biasanya menang.


Pada akhirnya, dengan mengatakan pada diri mereka sendiri, "Saya tidak akan melakukan apa-apa, sampai saya mengidentifikasi setiap masalah, yang mungkin terjadi, dan tahu persis apa yang harus dilakukan," orang yang tidak kaya tidak pernah mengambil tindakan, dan karena itu selalu kalah.


Orang kaya melihat peluang, memanfaatkannya, dan menjadi lebih kaya. Sedangkan orang  yang tidak kaya? Mereka masih "mempersiapkan"!


DEKLARASI. Letakkan tangan Anda di hati Anda dan ucapkan, “Saya fokus pada peluang daripada hambatan.” "Saya bersiap-siap, saya menembak, saya membidik!"


Sentuh kepala Anda dan katakan, "Saya memiliki pikiran milyuner!"


TINDAKAN SEORANG MILYUNER


1. Masuk ke dalam arena permainan. Pertimbangkan situasi atau proyek yang ingin Anda mulai. Apa pun yang Anda tunggu-tunggu, lupakan saja.


Mulailah sekarang dari mana pun Anda berada, dengan apa pun yang Anda miliki. Jika memungkinkan, lakukan sambil bekerja untuk atau dengan orang lain, pertama-tama, untuk mempelajari seluk-beluknya. Jika Anda sudah belajar, tidak ada lagi alasan. Pergi dan lakukan!


2. Latih optimisme. Hari ini, apa pun yang dikatakan orang sebagai masalah atau hambatan, ubah menjadi peluang. Anda akan membuat orang negatif menjadi gila, tapi, hei, peduli amat. Itulah yang terus-menerus mereka lakukan pada diri mereka sendiri!


3. Fokus pada apa yang Anda miliki, bukan pada apa yang tidak Anda miliki. Buatlah daftar sepuluh hal yang Anda syukuri dalam hidup Anda, dan bacalah daftar itu dengan lantang. Kemudian membacanya setiap pagi, selama tiga puluh hari berikutnya. Jika Anda tidak menghargai apa yang Anda miliki, Anda tidak akan mendapatkannya lagi, dan Anda tidak membutuhkannya lagi.