Blog Profits Blueprint (2)

Artikel ini adalah lanjutan dari isi ebook Blogs Profits Blueprint, pada bagian ini kita akan mengenal siapa itu Yaro Starak, apa bidang keahliannya, prestasi apa yang telah dicapainya. Selain itu juga akan membahas mengenai apa itu blog, perbedaan dan keistimewaan yang dimilkinya. Jika kamu belum membaca artikel sebelumnya, bacalah terlebih dahulu pada Blog Profits Blueprint dan Blog Profits Blueprint (1) agar lebih memahami maksud dari artikel ini dan artikel selanjutnya.

Who Is Yaro Starak

Yaro Starak Kamu mungkin sudah mengenalku melalui blog ku di Entrepreneurs-Journey.com, atau mungkin pernah mendengar aku melalui podcast tentang Internet business dan blogging, atau mungkin juga mendengarkan interview ku, atau melihat namaku di beberapa blog popular lainnya. Aku juga sering menulis di Problogger.net dan mengenal Darren Rowse secara pribadi. Aku terdaftar pada Rich Schefren’s Internet Business Manifesto yang mengajarkanku tentang bagaimana cara membangun bisnis.

Aku (Yaro Starak) menjadi pembicara mengenai blogging di Daryl dan Andrew Grant’s workshop, dan menjadikan Mike Filsaime dan Mark Joyner sebagai personal contact list. Aku sering mengadakan interview dengan blogger dan pengusaha yang telah sukses, termasuk Brian Clark, Andy Wibbels dan Michael Cheney, dan aku termasuk dalam daftar “top 10” blog di Australia

Aku menjalankan blog traffic tips email newsletter (subscribe secara gratis di BlogTrafficKing.com) dan memberikan pelatihan tentang bagaiman cara menjadikan blogging sebagai pekerjaan paruh waktu, dan menjadikannya sebagai penghasilan penuh waktu melalui program Blog Mastermind. Aku bisa terus menyebutkan prestasiku untuk membuatmu terkesan (atau tidak) , atau memberikan kesaksian dari beberapa orang yang pernah aku bantu mengenai blogging, tapi kemungkinan ini tidak berarti apa-apa bagimu, dan kemungkinan besar kamu juga tidak mengenal orang-orang tersebut, atau bahkan kamu tidak pernah mendengar dan mengenalku sama sekali sebelumnya.

Tapi yang terpenting adalah bahwa aku seorang blogger dan menghasilkan uang melalui itu. Cara terbaik untuk mendemonstrasikan ini kepadamu adalah melalui tulisan ku di I Made $6549.52 From Blogging in March. Benar, judul itu memang benar dan jika kamu mengklik link tersebut kamu akan membaca tentang itu. Jika kamu sudah selesai membacanya aku yakin pertanyaan kamu berikutnya adalah "Bagaimana caraku (Yaro) melakukannya ?" aku menawarkan penjelasannya termasuk setiap cara yang kugunakan untuk menghasilkan uang pada bulan tersebut, Maret 2007, dalam bentuk artikel dan video yang bisa kamu baca dan lihat disini: How I Make Money Blogging.

Setelah membaca kedua tulisan tersebut dan menyaksikan videonya, seharusnya kamu sudah mengetahui alasan mengapa aku menulis ebook (blog profits bluerpint) tersebut. Dan selagi kamu mengunjungi blog ku (Entrepreneurs-Journey.com) aku anjurkan kamu untuk men subscribe ke RSS feed ku agar kamu tidak ketinggalan setiap kali aku membuat tulisan dan podcast yang berupa MP3 dan bisa kamu download.

Aku tingal di Brisbane, Australia. Menjalankan berbagai macam website dan internet bisnis semenjak tahun 1998 dan telah membuat blog semenjak tahun 2004. Saat ini memiliki beberapa situs forum komunitas. Selain itu Aku menjalankan beberapa blog lain, dan memberikan konsultasi mengenai bisnis. Yang terpenting adalah aku mempunyai hasrat yang besar mengenai blogging dan mengajarkannya pada yang lain, agar mereka juga tahu bagaimana cara memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mendapatkan kebebasan dan kebahagian dalam hidup.

Bukankah hal ini yang kamu inginkan, bacalah ebook ini (Blogs Profits Bluerprint) sampai selesai. Dan kamu akan memperoleh keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulainya. Sekarang mari kita mulai dari awal. Pada tahap awal kita akan mempelajari apa itu blog dan perbedaannya dengan website ?

Sekalipun kamu berpikir bahwa kamu tahu apa itu blog dari awal hingga akhir, sangat penting untuk membaca bagian ini karena aku memberikan alasan kunci mengapa blog bisa berhasil. Hal ini agar dapat mengungkap kekuatan dan konsep yang difasilitasi oleh blog. Ini membantu untuk membangun mindset yang benar. Membaca dari awal hingga akhir akan mempermudah untuk memahaminya. Kejelasan akan memberikan tujuan.

What Is A Blog And Why Are They So Popular?

Apa itu blog dan mengapa blog begitu populer ? setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan blog. Aku lebih suka menjelaskan blog dengan cara mengkontraskannya dengan "normal" website, yang secara esensialnya blog juga adalah sebuah website. Blog adalah sebuah website dengan beberapa perbedaan yang sangat mencolok yaitu:

1. Artikel diurutkan secara kronologi dengan cara artikel yang paling atas adalah artikel yang terbaru

Ini adalah elemen yang konsisten pada setiap blog yang pernah aku kunjungi. Artikel didaftar berdasarkan judulnya dan diikuti dengan isinya, dimulai pada bagian atas adalah artikel yang terbaru dan diikuti oleh artikel-artikel sebelumnya. Aspek ini adalah format warisan dari dunia jurnalisme. Istilah dari blog diambil dari Weblog yang intinya berarti online diary atau journal. Catatan diary dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula dengan artikel dalam blog.

Point penting yang harus diingat, meskipun bergaya jurnalistik dan diary, blog sekarang ini tidak hanya berisi tentang kehidupan pribadi si pembuatnya. Beberapa blog memang berisi tentang pemikiran pribadi si pembuatnya, contohnya blog ku (Entrepreneurs-Journey.com), tapi aku tidak membicarakan tentang kucingku atau apa yang kumakan saat sarapan. Aku memilih topik Internet Business dan blogging, dan orang yang tertarik dengan kedua topik tersebut akan datang dan membacanya.

Saat ini blog bisa berisi tentang berbagai subjek, dibuat oleh satu atau beberapa orang dan tentu saja tidak semua adalah diary pribadi. Cerminan, pemikiran pribadi dan berbagai hal lainnya mempunyai tempat di blog, tapi itu tidak memberikan pengaruh atas besar atau luasnya topik yang diliputi.

2. Mudah untuk menambahkan isi

Website normal punya masalah yang kronik untuk membuat atau menambahkan isi setiap hari, karena bersifat terlalu teknik. Sekalipun dengan content management system (cms) yang pintar, untuk membuat sebuah website berada diluar jangkauan kemampuan rata-rata pengguna internet. Blog mengubah hal itu. Blog menyediakan sistim publikasi isi (content publishing system) yang penggunaannya mudah dan bisa dijangkau oleh kemampuan rata-rata pengguna internet. Menambahkan isi blog semudah seperti menulis email, dengan rintangan yang semakin ringan tersebut saat ini dunia telah dipenuhi dengan milyaran blog.

3. Isi di perbarui secara teratur

Masalah lain dari website tradisional adalah bersifat statis. Kebanyakan website tidak pernah diubah dan kita bisa datang lagi pada halaman yang sama dan isinya akan tetap sama. Alasan untuk ini adalah point nomor 2, karena terlalu susah bagi rata-rata orang untuk menambahkan isi dari website. Tentu, banyak website yang populer, isinya selalu di perbarui secara teratur, dan ini bahkan jauh sebelum adanya blog.

Itu dimungkinkan karena website tersebut mempunyai organisasi yang mendukung serta staff dan penulis, atau dibuat oleh orang-orang yang mengerti hal-hal seperti HTML, FTP dan web servers. Kebanyakan orang tidak menggunakan bahasa ini, sebelum akhirnya blog muncul, dahulu sangat susah bagi orang kebanyakan untuk mengemukakan idenya secara online.

Blog membuat halangan tersebut menjadi lebih ringan bagi orang kebanyakan. Dan hasilnya Web dibanjiri oleh blogger yang menulis artikel dan mempublishkannya secara reguler, terkadang beberapa artikel sekaligus perhari. Websites tidak pernah sedinamik seperti blog saat ini. Hal tersebut memberikan effek yang bagus bagi blog di search engine. Search engine seperti Google menyukai situs yang memberikan isi yang berharga dan diperbarui secara konsisten.

Blog yang dibuat dengan tujuan seperti itu (berharga dan konsisten) akan mendapat rangking yang tinggi di search engine.Sebagai hasilnya blog "mencuri" posisi teratas dalam hal rangking search engine. Blog mendapat perhatian yang lebih, menarik perhatian internet marketers dan pemilik bisnis dan memandang blog sebagai sarana yang potensial untuk memasarkan produk dan jasa mereka.

4. Blog membolehkan orang membuat komentar

Perubahan yang paling signifikan jika dibandingkan dengan website tradisional dan blog adalah fungsi komentar. Setiap artikel yang dibuat pada blog mempunyai kotak yang membuat siapapun bisa membuat komentar pada artikel tersebut. Ini yang mengubah website dari sarana satu arah menjadi sarana komunikasi dua arah. Pembaca bisa langsung berkomunikasi dengan pemilik atau penulis, membuat perkacapan yang dimulai oleh artikel dan pada intinya mengubah blog menjadi sebuah komunitas. Point terakhir adalah point yang paling penting, mengapa ? sebab ...

5. Orang lebih percaya dengan blog dari pada website karena blog adalah percakapan

Jika kita kombinasikan semua element diatas, gaya jurnalis dalam hal penulisan, isi yang diperbarui secara teratur, kemampuan untuk berinteraksi dengan pembaca, berarti kita punya formula yang dibutuhkan untuk setiap alat komunikasi. Blog secara alamiah adalah salah satu sumber informasi yang bisa dipercaya. Blog menghubungkan manusia dan sebagai akibatnya pada beberapa blog saat ini, pemilik blog (bloggers) mendapat kepercayaan dan penghargaan sebagai orang yang ahli dibidangnya. Entah memang mereka ahli atau tidak, ini berdasarkan kesuksessan yang diraih melalui blognya.

Point terakhir yang paling signifikan, yang nantinya menjadi element yang paling membedakan antara blog dan website normal adalah: jika orang lebih percaya pada kata-kata yang tertulis pada blog, dan jika orang menjadi suka dan ingin mengenal sipemilik blog, berarti kita sudah mempunyai semua element yang diperlukan untuk membangun sebuah komunitas yang berpusat pada hasil output dari kreatifitas satu orang.

Inilah alasan mengapa setiap orang dengan hasrat, hobby, atau kemampuan, dan motivasi yang cukup untuk membuat tulisan pada beberapa topik, mampu membangun pendengar (audience), mampu membuat orang tetap kembali lagi, dan yang paling utama adalah mampu mengkomersilkan traffik, mempunyai potensi untuk menjadi seorang proffesional blogger.

Apa yang baru aku jelaskan bukanlah hal yang baru bagi sebagian orang, tapi itu merupakan dasar dari sebagian isi ebook ini (Blog Profits Blueprint). Jika konsep dari blog masih tidak cukup jelas bagimu, cari beberapa blog lain dan lihat maksud dari kelima point yang telah di jelaskan diatas agar mengerti kesempatan yang terdapat didalamnya.

Kamu bisa memulainya dengan blogku, Entrepreneurs-Journey.com, dan menjelajahi blogroll and links yang terdapat didalamnya, untuk melihat blog-blog lain. Kini kita tahu apa yang membuat blog berbeda, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana caranya agar kita bisa menghasilkan uang dari blog.

Seperti yang sudah pernah di kemukakan sebelumnya, sangat penting mengerti strategi sebelum mengimplementasikan taktik. Nanti kita akan meninjau taktik, motode untuk menghasilkan uang melalui blog yang bisa digunakan saat ini, dan yang saat ini aku gunakan. Tapi sebelumnya perlu diketahui strategi dibalik cara menghasilkan uang dari blog.

Hal yang lebih penting untuk dipahami adalah strategi dibalik mencari keuntungan melalui blog, daripada mempelajari berbagai cara agar kamu mendapat uang. Taktik dan teknik untuk menghasilkan uang akan selalu berubah dan pilihan baru akan datang tiap hari. Akan tetapi alasan dasar mengapa kita ingin menghasilkan uang tidak pernah berubah, jadi pastikan untuk memberi perhatian pada bagian berikutnya. (bersambung ...)