Blog Profits Blueprint (3)
Artikel ini adalah terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak dan merupakan lanjutan dari artikel-artikel sebelumnya yaitu bagian I, dan bagian II. Untuk memahami bagian ini bacalah bagian-bagian sebelumnya.
How Blogs Make Money
Bagaimana blog bisa menghasilkan uang. Majalah menghasilkan uang dengan cara menjual iklan. Semakin jauh jangkauannya, semakin banyak pula orang yang akan dipengaruhinya, berapa tinggi kualitas pembacanya bisa menggambarkan berapa banyak uang yang majalah tersebut dapatkan. Blog secara intinya adalah sama. Semakin banyak traffik yang didapatkan, berapa tinggi kualitas traffik tersebut, dan seberapa mampu kamu mempengaruhi pembaca, bisa menjelaskan keuntungan yang akan kamu dapat.
Hal inilah yang menyebabkan mengapa blogger (pemilik blog) sangat terobsesi membangun traffik. Bukan masalah bagaimana cara mu untuk menghasilkan uang, mungkin dengan cara menggunakan program periklanan seperti Adsense, affiliate marketting, atau menjual produk sendiri secara langsung, semakin banyak jumlah pembaca yang didapat, secara umum maka semakin banyak uang yang bisa kamu hasilkan.
Kualitas traffik adalah bagian yang juga sangat penting. Jika kamu mempunyai pengaruh yang kuat pada pembaca, maka ketika kamu merekomendasikan sesuatu, seperti merekomendasikan pembaca agar membeli suatu produk yang hendak kita jual melaui program affiliasi, maka semakin besar pula kemungkinannya mereka akan membeli.
Jika kita membagi proses pengkomersilan blog, maka akan menjadi:
- Orang (blogger) membuat blog dengan tujuan untuk dikunjungi oleh orang lain, sebisa mungkin untuk dikunjungi secara teratur, hal ini dimungkinkan jika ada sesuatu yang berharga yang ditawarkannya oleh blog tersebut. Pengunjung yang datang mungkin berasal dari link yang berada pada blog lain, diberitahu oleh teman, atau search engine.
- Menyalurkan pengungjung ke situs lain yang mau membayar untuk traffik. Pembayaran mungkin berupa per klik, perbulan, komisi dari program affiliasi, atau keuntungan dari hasil penjualan produk atau jasa.
Blogger bekerja dengan cara menarik perhatian dan menjual perhatian tersebut kepada pemasang iklan untuk mendapatkan komisi, atau menggunakan perhatian tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari produk atau jasa mereka sendiri. Kunci dari variabel ini adalah "perhatian". Perhatian adalah traffik, pengaruh dan potensi untuk menghasilkan uang. Lalu bagaimana cara mendapat perhatian atau traffik ?
Two Key Ingredients For Attracting Attention
Dua rumus kunci untuk memancing perhatian. Bagian pertama untuk memancing perhatian atau traffik pada blog, adalah nasihat turun temurun yang sudah sering didengar "Tulisan yang bagus" (good content). Jadi betul, pondasi utama untuk membuat blog yang bagus adalah isi atau artikel yang bagus.
Kebanyakan orang akan salah memutuskan mana yang dimaksud dengan isi yang bagus, mereka akan berpikir bahwa isi yang bagus adalah yang memberikan mereka tujuan (biasanya kesalahan terjadi saat menjelaskan apa yang menjadi tujuan, dan strategi yang digunakan untuk mencapainya) dengan beramsusi bahwa isi yang bagus saja sudah cukup.
Kunci lainnya adalah marketing atau pemasaran. Tidakkah aku pernah mengatakan bahwa setiap professional blogger harus mempunyai kemampuan dalam hal bisnis ? Yep, benar, pemasaran (marketing) - teknik-teknik untuk memancing perhatian dan kunci untuk membangun bisnis yang sukses - adalah rumus terpenting untuk sukses dalam dunia blogging. Karena melalui marketing orang bisa menemukan tulisan bagus yang kita buat.
Kita akan mendiskusikan bagaimana cara memasarkan blog nanti, tapi yang pertama, kita harus meyakinkanmu dulu kesalahan pertama yang aku sebutkan diatas, yaitu tidak mempunyai strategi yang tepat untuk membuat jenis tulisan yang akan mengantarmu ke tujuan.
Why Do You Blog?
Mengapa aku ngeblog ? Aku berani taruhan (haram lho hukumnya bagi orang Islam, red) saat ini, jika aku bertanya mengapa kamu membaca ebook ini (Blog Profits Blueprint) kamu akan berkata karena aku ingin tahu bagaimana cara mendapatkan penghasilan tetap dan meningkatkan gaya hidup. Kedua hal tersebut adalah cara mengefektifkan blog, bukan alasan mengapa elo-elo pade ngeblog (betawi nih).
Kita ingin menghasilkan uang melalui blog, jadi kita harus mempertimbangkan keuntungan dan kemungkinan dari mengkomersilkan pembaca. Akan tetapi jika elo menggunakan semua waktu hanya untuk menghasilkan uang melalui blog, elo akan berakhir dengan hasil tanpa traffik alias tanpa pengunjung, dan itu berarti juga tanpa uang (no money no dong).
Mane ade orang nyang mo ngebaca blog yang isinya cuman iklan doang, atau review yang dibuat karena dibayar doang, atawa cuman promosi'in program affiliasi doang, atau cuma mirip blog lain doang. Orang tuh ya pengennya ngebaca sesuatu nyang bisa ngasih pengaruh bagi peningkatan hidup dan kehidupannya. Ngarti kaga lo ..
Motivasi utama saat membuat tulisan yang bagus adalah fokus untuk meningkatkan kehidupan pembaca. Setelah membaca blog lo mereka pade seharusnya ngerase jadi lebih baek, lebih enak, lebih pinter, lebih semangat. Ntu care sederhane untuk ngejelasin ape nyang dimaksud dengan tulisan yang bagus, itu intinye dan itulah tujuan sebenarnye. Fokus untuk menolong, mendidik, dan menghibur melalui kata-katalo dan elo sendiri, akan membantu membangun blok, pillar, dan kesuksessan blog.
Strategi dimulai saat kite memutuskan tipe pembace dari tulisan yang kite buat untuk menarik perhatian. Jike kite membuat tulisan nyang bagus, tapi topiknye.. topiknye nih ye ..campur aduk alisa gado-gado, lo jadi tidak punye cukup topik yang same, tidak fokus pada topik yang niche (ceruk..ato ape ye base betawinye ?) dan konsekuensinye membuat orang jadi berpaling (melengos..bahasa mandarinnye).
Tujuan lo adale membuat segment yang kecil dari populasi yang seneng ame tulisan lo yang bagus, fokus pade topik yang niche. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas mengenai How To Choose Your Blog Topic – Passions Vs. Profits.