Menetapkan Target SEO

Okey, so... sekarang kite sudah tahu dan mengerti untuk apa SEO dilakukan. Kite sudah mengerti kalo ternyata SEO itu perlu dan penting. Sekarang, dengan pengetahuan dan pemahaman itu, apa yang akan kita perbuat? Kate yang nulis ebook SEO ini, satu hal yang tidak boleh kita lakukan adalah mulai mengerjakan SEO tanpa terlebih dulu menetapkan suatu target yang inging dicapai.

Ape sebabnye? Yang penting itukan jalan dulu, masalah tujuan mah... masalah belakangan, betul begitu? Nop, ente salah brur. Menurut si Jerri L. Ledford, yaitu orang yang nulis nih ebook SEO, katenye... salah satu kesalahan terbesar dari sebuah perencanaan SEO adalah, tidak menetapkan tujuan dengan jelas. Alias kurang jelas tujuan SEO nye.

Apa sebabnya? Dan Apa hubungannya? Sebab, menurut si Jerri, jika kita tidak menetapkan tujuan yang jelas terlebih dulu, kita akan mudah sekali menjadi tidak fokus terhadap upaya SEO yang kita lakukan. Bahkan, bukan tidak mungkin bila ternyata semua waktu dan tenaga yang telah kita kerahkan untuk SEO, tidak pernah memberikan apa-apa buat kita.

Lho, koq? Contohnye? Kite semua kan udah pada tahu, kalo search engine itu mahkluk yang senantiasa berubah. Entah ilmu apa yang dimilikinya, hingga dia bisa merubah dirinya setiap saat, sekehendak hatinya.

Misalnya suatu saat search engine sepertinya sangat perduli dan sangat memperhitungkan jumlah link external. Dan karena kita tidak punya tujuan yang jelas, dan karena kita hanya mengikuti arus, maka dengan tergesa-gesa dan terburu nafsu, akhirnya kita mengumpulkan link sebanyak-banyaknya, tanpa memperdulikan apakah link tersebut relevan atau tidak.

Tapi apa yang terjadi setelah banyak link yang berhasil kita dapat? Eh, tahu-tahu search engine berubah lagi. Search engine yang tadinya sangat memperhitungkan link, dan tidak memperdulikan apakah link-link itu relevan atau tidak, eh... sekarang search engine jadi sangat perduli dengan masalah tingkat relevansi dari sebuah link. Dan akibatnya? Semua link yang susah payah didapat, jadi tidak berguna lagi.

Nah, itulah salah satu kerugian yang akan kita alami seandainya kita tidak punya target yang jelas. Menurut Jerri, target dari SEO yang kita lakukan seharusnya seimbang dengan kebutuhan. Sebab ape? Sebab, kebutuhan kite akan SEO itukan laen-laen. Contohnye?

Misalnye kite cuman punya blog yang sederhane, yang isinye cuman cerite-cerite pribadi, dan blog itu dibuat bukan dengan tujuan bisnis. Itu artinye kite kaga perlu ampe ngeluarin duit cuma untuk SEO, kaga balik modal, betul?

Contoh laen, misalnye kite punya rencana dari blog yang sedang kita buat itu, akan kita jadikan sebagai modal untuk membangun merek pribadi, atau sarana untuk mempromosikan diri. Itu artinye, sebuah perencanaan SEO yang simple dan bisa memberikan traffik, mungkin sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan itu.

Laen lagi ceritanye kalo ternyate kite punya sebuah bisnis yang cukup besar. Dan kite ingin memanfaatkan website, blog, atau situs kite sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis tersebut. Berarti kite harus membuat sebuah perencanaan SEO yang benar-benar matang.

Nah, apapun yang menjadi kebutuhan dan keinginan kite, lakukanlah dengan terlebih dulu menetapkan sebuah target yang jelas. Dan pastikan bahwa target kite itu mempunyai arti dan definisi yang spesifik dan jelas. Maksudnya?

Maksudnya begini, anggaplah bahwasanya sekarang ini kite sudah menetapkan bahwa target SEO kite itu adalah untuk "meningkatkan traffik". Hanya "meningkatkan traffik"? Ini adalah sebuah tujuan yang masih sangat umum, tujuan ini masih mempunyai pengertian yang luas. Tentu kite semua pasti ingin meningkatkan traffik, semua orang ingin meningkatkan traffik. Tapi traffik yang bagaimana? Setinggi atau sebanyak apa? Dan untuk apa traffik itu?

Namun jika kite mengubah tujuan itu menjadi "meningkatkan jumlah pengunjung yang akan mengklik iklan yang ditampilkan", maka kita akan mulai mengimplementasikan SEO yang benar-benar bisa membantu mewujudkan target tersebut.

Dengan menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik seperti ini, kate si Jerri kita akan mempunyai peningkatan traffik yang seimbang, yang akhirnya juga akan meningkatkan rangking kite di search engine secara alamiah.

Udah? Itu aje? Belon, masih ade satu lagi pesan Jerri. Selain jelas, dan spesifik, target yang kite tetapkan itu hendaknya juga tidak kaku dan harga mati. Artinye? Artinye, dalam mengejar target tersebut kita memang harus fokus dan berpegang erat pada rencana. Namun jangan pegang terlalu erat. Harus seimbang, flexible dan ikut berkembang seiring perkembangan waktu dan keadaan.

Nah, tuh die tadi pesen-pesen si Jerri. Ternyate repot juga ye. Btw, berarti pembahasan kite mengenai cara menetapkan target SEO ini sudah selesai, berarti elo bisa bernapas dengan lega sekarang. Berarti besok kite sudah bener-bener bisa mulai membuat sebuah perencanaan SEO. Berarti ane harus nulis lagi nih. Berarti elo harus datang lagi besok, dan baca lagi, dan pusing lagi.