Blog Profits Blueprint (7)

Lagi-lagi untuk mengingatkan artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (1), Blog Profits Blueprint (2), Blog Profits Blueprint (3), Blog Profits Blueprint (4), Blog Profits Blueprint (5), dan Blog Profits Blueprint (6) yang merupakan terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Pada bagian ini kita akan membicarakan jalur komunikasi dan kekuatan dari pengaruh.

Communication Channels

Jalur komunikasi. Sepeti yang pernah aku jelaskan ada beberapa format untuk mempraktekkan cara membuat artikel pillar, sekarang aku akan melakukan hal yang sama dalam hal taktik pemasaran. Sebelum aku membuat daftar aktivitas yang aku lakukan untuk membangun traffik bagi blog ku, kamu perlu mengerti mengenai dua kategori yang aku gunakan untuk menjelaskan mengapa teknik yang satu bekerja dengan baik sedangkan yang lain tidak.

Traffic Streams Traffic Rivers
Blog comments Digg front page
Forum comments Del.icio.us popular page
Trackbacks Top blog links to your blog
Blog carnivals Popular newsletter features your blog
Article marketing Newspaper/Magazine coverage

Sepeti yang pernah aku jelaskan sebelumnya, pemasaran blog adalah tentang membangun jalur komunikasi dan secara sederhananya aku kategorikan kedalam dua grup, kecil dan besar atau saluran dan sungai.

Image Hosted by ImageShack.usSebagai contoh jalur komunikasi yang kecil adalah membuat komentar di blog lain, membuat postingan di forum, mengupload artikel pada artikel direktori seperti Ezinearticles.com, mensubmit blo pada blog carnivals, melakukan link exchange dan mensubmit ke direktori. Semua teknik ini mungkin menghasilkan traffik yang bagus, namun rata-rata dan pada kebanyakan orang mereka tidak mendapatkan hasil yang signifikan.

Kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan menggunakan teknik yang mudah ini dengan melakukannya terus-menerus dan melakukannya setiap hari. Ini seperti melakukan penambahan 1+1+1 dan seterusnya setiap hari, metodelogi cara bayi melangkah.

Tidak ada salahnya dengan langkah bayi untuk mencapai sukses melalui blog, tapi itu lambat dan kamu harus kerja keras. Aku tahu ini karena aku membangun blog mengunakan pondasi saluran kecil untuk traffik. Kamu akan belajar banyak, tapi juga membuat frustasi karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membangun traffik yang signifikan.

Apa yang membuat aku bersemangat adalah suatu ketika dalam saluran kecilku itu membawaku kepada sungai traffik yang lebih besar, ledakan traffik dalam waktu yang singkat saat aku membuka jalur komunikasi yang besar.

Image Hosted by ImageShack.usSungai traffik yang besar datang dari saat seorang blogger yang populer memperkenalkan blogmu, atau saat kamu blogmu berada pada halalman depan situs Digg atau Del.ice.us, atau saat kamu diinterview di TV atau radio untuk membicarakan mengenai blogmu. Orang yang mempunyai email newsletter yang luas merekomendasikan blogmu, atau situs yang populer mereferensikan artikel mu dan menghasilkan traffik yang besar. Ada banyak sumber untuk memperkenalkan diri, jalur komuniskasi yang besar, sungai.

Masalah utama kabanyakan blogger saat mereka memulai adalah tidak mempunyai jalur komunikasi yang besar. Orang yang memiliki status sebagai selebritis mempunyai akses ke jalur komunikasi yang besar sesaat setelah mereka mulai ngeblog. Itulah sebabnya mengapa kamu akan selalu mendengarnya saat seorang selebritis mulai ngeblog, hal itu sendiri adalah sebuah berita.

Kamu bisa membeli jalur komunikasi yang besar dengan cara menggunakan uang untuk membayar iklan atau publisitas. Ada cara yang lebih pintar untuk mendapat publisitas tanpa harus menggunakan uang (memasarkan dengan cara bergerilya) itu bisa menghasilkan hit dan kehilangan aktivitas.

Aku akan beramsusi bahwa kamu belum populer dan tidak mempunyai uang untuk membeli traffik bagi blog, jadi kamu perlu membangun jalur komunikasi yang kecil dan bekerja untuk membangun jalur komunikasi yang lebih besar.

The Power of Leverage

Kekuatan pengaruh. Jika kamu mempunyai 100 pembaca perhari dan mempublikasikan artikel yang bagus, hanya 100 orang yang tahu tentang artikel tersebut. Jika kamu beruntung salah satu dari 100 orang tersebut mempunyai blog yang populer, atau mempunyai email newsletter dengan 5000 subssciber dan memutuskan untuk membuat link pada artikel mu itu, lalu bang !! kamu menjadi mendapat jalur komunikasi yang besar dan membangun audience yang signifikan.

Saat kamu mencapai 1.000 pembaca maka kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk membangun jalur komunikasi yang lebih besar lagi, karena kamu memang sudah mempunyai jalur yang cukup besar. Itulah mengapa blog yang besar akan lebih cepat berkembang, mereka mempunyai jalur melalui pembaca setianya.

Saat kamu sudah mempunyai 5.000 pembaca setiap hari dan membuat pillar artikel yang bagus, 5.000 orang akan menjadi jalur kamunikasi yang besar dan jalur komunikasi yang kecil bagimu, membawa lebih banyak pengunjung.

Mungkin dengan cara menulis tentang artikel yang kamu buat di blog mereka sendiri, atau membuat link yang merujuk pada artikel tersebut di forum, berbicara mengenai engkou kepada temannya. Secara efektif audience mu adalah pasar mu, hal itulah mengapa blog yang besar hanya perlu sedikit proaktif dalam hal pemasaran dan terus memfokuskan diri pada membuat artikel yang bagus.

Blog yang populer mempunyai perhatian pada blog populer lainnya dan mereka saling link, berbagi kejayaan dan traffik. Blogger yang kaya akan semakin kaya. Blog yang ngetop juga mendapat keuntungan dari pembaca yang membookmark blog pada situs seperti Digg dan Del.ice.us, semua biasanya dilakukan oleh pembaca setianya.

Jika kamu mempunyai 10.000 pembaca maka akan lebih mudah untuk memicu beberapa ratus diggs agar bisa berada pada halaman depan pada situs Digg hanya melalui pembacanya. Tidak diragukan lagi banyak artikel yang bagus tidak pernah muncul Digg karena dipublikasikan oleh blogger yang tidak cukup ngetop, sementara artikel yang biasa saja bisa sampai kehalaman depan Digg hanya karena artikel tersebut di publikasikan oleh blogger yang ngetop. (Dunia memang kejam Bung !!).

Sebelum kamu uring-uringan dan uring beneran karena tidak pernah mencapai 5.000 pengunjung perhari, atau bahkan 1.000 pengunjung perhari, ingatlah bahwa setiap blog yang ngetop dimulai dengan tanpa pembaca.

Kita semua memulai dari tempat yang sama, pada saat mulai ngeblog dengan angka 0 besar di traffik stat conter (atau angka 1 karena mungkin kamu membaca blog mu sendiri).

Tujuanmu adalah untuk menjadi blogger yang ngetop seperti blogger lain yang sudah ngetop, agar kamu juga bisa menikmati kejayaan, kakayaan, dan kenikmatan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Yang terbaik adalah, jika kamu sudah sampai disana (ngetop) kamu tinggal memfokuskan energi untuk membuat artikel yang bagus dari pada menghabiskannya untuk memasarkan blog karena kamu sudah mempunyai penggemar sendiri yang akan menyebarkan kata-kata mu dan untuk mu.

Pada bagian selanjutnya kita akan membahas mengenai Compound Effects dan Think Big Picture, Work Little Picture.