Blog Profits Blueprint (6)

Sekedar mengingatkan bahwasanya artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (1), Blog Profits Blueprint (2), Blog Profits Blueprint (3), Blog Profits Blueprint (4), dan Blog Profits Blueprint (5) yang merupakan terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Pada bagian ini kita akan membicarakan teknik-teknik memasarkan blog.

How To Market Your Blog

Bagaimana cara memasarkan blog. Saat sudah membuat artikel pillar dan sudah menyusun rencana untuk terus menulis artikel-artikel sejenis, langkah selanjutnya adalah mengambil bila perlu merampok perhatian orang-orang, dan menunjukkan pada mereka betapa mengagumkan artikel tersebut. Saat inillah pemasaran sangat penting, dan seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, pemasaran blog adalah tentang bagaimana cara membangun jalur komunikasi bagi blog.

Jalur komunikasi (communication channel) adalah cara untuk menarik perhatian orang dan membuat mereka malakukan sesuatu, biasanya adalah mengklik link dan mengunjungi blog. Ada banyak taktik yang bisa digunakan untuk membangun jalur komunikasi, dari yang tercepat, mudah, sampai yang rumit dan membutuhkan banyak energi dan waktu.

Mungkin kamu pernah mendengar pepatah mengatakan kamu akan mendapat apa yang kamu bayar (you get what you pay for). Pepatah seperti ini akan benar-benar terbukti dalam hal cara memasarkan blog. Hal-hal yang mudah dilakukan tidak akan memberikan efek yang dahsyat. Hal-hal yang membutuhkan waktu dan ketekunan, umumnya akan mendapatkan hasil yang lebih baik bagi traffik. Berikut contoh kasusnya: buat komentar di blog lain.

Kita semua tahu dengan cara meninggalkan komentar di blog lain akan memancing perhatian orang untuk mengunjungi blog. Setiap komentar yang kita buat meninggalkan link balik (backlink) pada blog. Yang kita butuhkan hanyalah beberapa detik atau menit, menuliskan satu atau dua baris kata, dan ta..da..., kamu mendapatkan jalur komunikasi yang pertama.

Itu adalah taktik yang paling mudah dan konsekuensinya banyak orang melakukannya. Komentar ada dimana-mana dan itu merupakan bagian yang terintegrasi dalam fenomena blogging, komentar adalah cara pemasaran yang kurang efektif. Komentar hanya bisa memberikan sedikit traffik. Ada cara yang lebih baik untuk membuat komentar menjadi jalur komunikasi yang efektif.

Sebagai contoh, sediakan waktu untuk setiap komentar yang dibuat maka kamu akan memberi nilai tambah dalam percakapan, fokus pada komentar yang panjang dan pada blog-blog yang menjadi kunci, dan gunakan komentar sebagai sarana untuk membangun hubungan dengan high profile blogger (blogger yang ngetop).

Teknik ini untuk memperluas jalur komunikasi dari jalur yang kecil menjadi jalur yang lebih besar, akan tetapi nantinya komentar-komentar seperti ini saja belum cukup. Tulis sekitar 30 halaman berupa laporan dan tempatkan pada blog, kemudian kirim email pada blogger lain agar mereka tahu tentang laporan tersebut.

Teknik yang lebih rumit tersebut membutuhkan waktu untuk membuat laporan yang komprehensif, mempublikasikannya di blog, mengirimkan email kepada blogger lain dan meminta mereka untuk melihatnya. Hasilnya akan sangat bervariasi, tapi jika semua berjalan lancar maka akan banyak blogger yang akan membuat link dan merekomendasikan laporan tersebut, ini akan mengirimkan banyak pembaca. Jika kamu mempunyai artikel pillar diblog, kamu akan mengubah pengunjung pertama menjadi pengunjung tetap, dan bang !! pengikut setia.

Aku menganjurkan menggunakan jalur komunikasi yang signifikan dan terarah ini. Ini seperti membuat sungai yang besar daripada membuat saluran yang kecil. Teknik pemasaran blog yang kuat akan terus memberikan traffik selama berbulan-bulan bahkan sampai ke tahun-tahun yang akan datang. Jika kamu ingin melihat contoh lebih jelas mengenai teknik ini lihat ebook (Blog Profits Blueprint) atau tulisan yang aku (Jewel) buat ini. Patikan untuk memberi tahukan pada teman-teman dan buat artikel untuk merekomendasikannya pada pembacamu. Ntar tak kasih link balik !!

Time vs. Reward

Waktu versus penghargaan. Perbedaan antara taktik yang satu dengan taktik yang lain adalah berapa banyak waktu dan energi yang dibutuhkan untuk melakukan dan menikmati hasilnya. Teknik yang mudah seperti batere yang lemah, maka banyak orang yang melakukannya, dan hasilnya tentu saja hanya sedikit.

Teknik seperti tag dan ping (suatu proses yang memberitahukan website lain bahwa kamu mengupdate isi blog), dahulu adalah teknik yang cukup powefull, namun semenjak hal itu mudah untuk dilakukan, maka banyak blogger yang melakukannya dan hasilnya tentu saja tidak sehebat dulu.

Jika sesuatu membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukannya, dan membutuhkan investasi dan sumberdaya yang signifikan, maka hanya sedikit orang yang mau melakukannya. Dan tentu saja ada hubungan antara kualitas dan usaha. Pada banyak situasi, sesuatu yang kamu lakukan selama satu minggu akan lebih baik jika kamu melakukannya hanya sehari. Ini membingungkan memang, tapi ini adalah hal yang penting untuk diperhatikan karena .....

Most People Are Lazy

Kebanyakan orang adalah pemalas. Kebanyakan blogger itu pemalas. Ebook (blog profits blueprint) yang sedang kamu baca ini akan terus bersikulasi ke ribuan blogger. Orang akan mengerti argumentasi ini "jika kamu menambahkan usaha dalam sesuatu yang kamu kerjakan, kamu akan mendapat hasil yang memuaskan". Dan nantinya mereka akan kembali meluangkan waktu mengerjakan aktivitas seperti biasanya yang hanya berdampak kecil, karena hal itu mudah untuk dilakukan.

Orang yang membaca ebook (blog profits blueprint) ini akan mengerti betapa pentingnya artikel pillar, dan mempelajari semua jenis dan ide-ide pemasaran, akan terinspirasi serta termotivasi untuk menjadikan proffesional blogging sebagai tiket untuk mencapai hidup yang lebih baik. Nantinya, bahkan dengan kesadaran baru ini mereka akan meluangkan waktu untuk membaca blog dan website lain, menonton televisi, dan mengeluh betapa mereka membenci pekerjaannya saat ini.

Image Hosted by ImageShack.us

Orang-orang seperti ini, suka mengeluh dan semakin lama semakin sering mengeluh, tidak ada yang bisa dipersalahkan pada situasi yang mereka hadapi selain diri mereka sendiri. Bagaimana mereka hidup saat ini adalah hasil dari pilihan yang mereka buat dimasa lalu, dan bagaimana mereka akan hidup dimasa depan akan ditentukan oleh apa yang mereka perbuat hari ini. Jika kamu melakukan sesuatu secara terus menerus, maka kamu akan mendapatkan hasil yang sama.

Adalah menjadi tanggung jawab mu sendiri jika kamu dan tidak ingin menjadi orang-orang seperti itu. Singkirkan sifat malas, jangan jadi orang yang terperangkap secara psikologis, fokus pada ide yang powerfull, ambil tindakan, tapi jangan asal bertindak atau bertindak asal, aksi akan seimbang dengan hasil.

Jika tujuanmu untuk mencari uang melalui blog, maka bukankah masuk akal jika kamu menulis satu pillar artikel setiap hari dan luangkan waktu untuk memasarkan blog setiap hari ? Itu hanyalah dua macam aksi yang harus kamu perhatikan jika kamu benar-benar ingin mendapat keuntungan dari blog, dan kamu harus segera melakukannya.