Blog Profits Blueprint (4)
Seperti biasa aku hanya mengingatkan bahwa artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (1), Blog Profits Blueprint (2) dan Blog Profits Blueprint (3), yang merupakan terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Pada bagian ini kita akan mempelajari bagaimana cara memilih topik, taktik, dan cara mendapatkan traffik.
How To Choose Your Blog Topic – Passions Vs. Profits
Bagaimana memilih topik - Hasrat versus keuntungan. Banyak petunjuk yang bisa kamu dapat diluar sana tentang bagaimana cara memilih topik yang tepat. Beberapa akan mengatakan untuk fokus pada hanya topik yang membawa pada keuntungan. Mereka akan mengatakan carilah topik, yang mana pada topik tersebut banyak orang akan rela mengeluarkan uang disitu, tapi topik tersebut masih jarang digunakan oleh blogger lain.
Yang lainnya akan berkata uang bukanlah masalah, yang penting adalah seberapa peduli kamu tentang topik itu. Jika kamu fokus pada hasrat, hal yang membuatmu merasa senang dan kamu tahu benar tentang itu, maka membuat tulisan yang bagus akan menjadi mudah dan motivasimu akan menjadi kuat.
Aku (Yaro Starak) tidak mempunyai nasihat yang spesifik atau metodologi yang lebih baik. Menurut ku sebaiknya kamu pertimbangkan kedua aspek tersebut, dengan menekankan pada topik yang benar-benar kamu perduli dan mempunyai potensi untuk menghasilkan uang dari topik tersebut.
Setiap orang berbeda, beberapa akan termotivasi karena proses, bukan karena topik. Dan orang seperti ini bisa membuat blog dengan topik yang tidak terlalu mereka perdulikan, itu karena keuntungan yang mereka dapatkan dari proses yang mereka lakukan, dan selama mereka tetap melakukannya.
Tapi hal seperti itu bukan untukku (Yaro Starak). Aku hanya memilih topik yang aku sukai, tapi bukan berarti aku tidak menulis tentang hal yang bisa mendatangkan keuntungan. Kapanpun kamu melakukan promosi dari suatu program affilias, misalnya, membuat review dari suatu produk dan motivasimu yang terbesar adalah komisi, nantinya kamu akan menyadari bahwa penting juga untuk memberikan hal yang berharga pada pembaca.
Hal ini yang merupakan perlambang dalam membedakan professional blogging antara menulis untuk keinginan atau menulis untuk keuntungan. Ini bukan antara jahat dan baik dan yang bisa kamu lakukan adalah pilih mana yang cocok untukmu dan kamu merasa nyaman dengannya.
Konsisten adalah komponen kunci untuk suksesnya blog dan aku menganjurkan untuk melupakan dulu mengenai keuntungan pada tahap-tahap awal, biasanya beberapa bulan bahkan 6 bulan pertama bila perlu, dan fokus pada memberikan sesuatu yang berharga. Inilah alasan mengapa memilih topik yang bisa membuatmu duduk dan menulis sesuatu setiap hari tanpa mendapat apa-apa (tanyakan pada diri sendiri mampukah aku menulis setiap hari pada topik yang dipilih ?).
Sementara dilain pihak, engko ndak pingin selama 12 bulan mendapatkan hasil hanya beberapa sen perhari. Ini juga hal yang penting, dan akhirnya pertimbangkan tipe pembaca yang hendak dicari perhatiannya, apa mereka mau jika disuruh membeli sesuatu, apa kamu bisa menjual sesuatu pada mereka, cari sponsor yang mau membayar dengan cara mengiklankan produk pada pembacamu.
Aku lebih condong percaya bahwa selama kamu mendapatkan traffik, kamu bisa menghasilkan uang, tapi jika kamu melakukan strategi ini dan bersiap untuk nantinya, sedikit penelitian akan membantu agar tidak membuang waktu. Senikmat rasa membangun komunitas, kami disini juga untuk mencari uang Bung !!, dan nggak nikmat lagi rasanya jika kamu tidak efektif mengkomersilkan pembacamu.
Kuncinya adalah memahami pembacamu, motivasi mereka, hasrat dan kebiasaannya. Jika kamu menyukai topik yang kamu pilih, kamu berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengerti pembacamu karena kamu bersama orang-orang yang mempunyai minat yang sama. Kamu tahu apa yang kamu suka, apa yang ingin dibeli, dan karena itulah pembacamu akan menikmatinya dan membeli (semoga).
Jika kamu seorang pemasar yang bagus kamu tidak perlu benar-benar menyukai pasar untuk memahaminya, namun untuk kebanyakan orang aku sarankan untuk memilih topik yang bisa membuatmu enjoy. Ini akan melingkupi 2 syarat kunci untuk menjadi blogger yang sukses, yaitu membuat tulisan yang bagus dan mengkomersilkannya. Hal itu akan menjadi lebih mudah jika kamu perduli dengan topik dan mempunyai traffik atau pembaca.
Let's Talk Tactics
Mari bicara taktik. Sampai pada tahap ini aku telah banyak memjelaskan tentang strategi untuk mengkomersilkan blog. Memberikan pandangan dan mindset yang benar, itu diperlukan untuk memahami bagaimana sesuatu bisa berhasil dalam professional blogging. Kamu mungkin, bertanya-tanya bagaimana semua itu bisa digabungkan dalam aktivitas yang sesugguhnya, dan mewujudkannya menjadi jalan menuju keuntungan melalui blogging.
Mari kita lakukan rekapitulasi. Kita tahu bahwa blog seperti majalah, dan kita bisa mulai menghasilkan uang setelah kita mendapat perhatian dan menjual perhatian tersebut. Kita tahu bahwa traffik dan tulisan yang bagus adalah kunci untuk sukses dalam blogging, tulisan yang bagus yaitu menggunakan kata-kata yang membuat pembaca merasakan perubahan kearah yang lebih baik dalam hidupnya, dan traffik adalah pemasaran.
Kita juga menyadari pentingnya memilih topik yang tepat, yaitu topik yang membuat kita senang menulisnya tapi kita juga menghasilkan uang darinya. Mencari topik yang tepat adalah latihan dalam menuangkan ide, refleksi diri dan penelitian secara online.
Jika kamu melihat kembali mengenai hobby, hasrat, hal-hal yang sering kamu lakukan minggu demi minggu, hal-hal yang pernah kamu pelajari, pengalaman hidup yang pernah kamu alami, maka seharusnya kamu bisa mendapatkan topik yang sesuai dengan hasratmu.
Pernahkah kamu jalan-jalan kesuatu tempat ? apa kamu tergabung dalam suatu club ? pekerjaan apa yang pernah kamu dapatkan dan kamu menguasasi betul dalam pekerjaan tersebut ? hal-hal baru tentang apa yang ingin kamu pelajari ? perrtanyaan-pertanyaan ini seharusnya bisa membuat kamu menemukan topik yang akan kamu jadikan tema dari blog.
Jika kamu sudah membuat daftar mengenai hasratmu tersebut, tapi belum cukup untuk menemukan topik yang menurutmu paling tepat maka kamu bisa melakukan penelitian secara online.
Telusuri toko-toko online seperti Amazon, eBay, disana kamu akan menemukan milyaran produk yang bisa kamu jadikan topik dan menghasilkan uang. Karena kamu bisa menjual produk tersebut melalui program affiliasi. Coba juga Google produk search atau yang biasa disebut Froogle, atau kamu bisa mencoba Yahoo Shooping.
Luangkan waktu untuk melihat-lihat toko-toko buku dan majalah ditempatmu. Melalui majalah kamu akan melihat berbagai macam topik dengan berbagai macam tipe pembaca yang dilingkupinya dan cukup untuk menghidupi majalah tersebut. Ini adalah cara yang bagus untuk mencari topik, karena topik tersebut sudah terbukti mempunyai nilai jual hanya saja saat itu kamu melihatnya dalam bentuk majalah.
Lihat juga blogger lain yang telah banyak menulis dan menikmati kesuksessan pada topik tertentu dan membaginya menjadi sub-sub topik yang lebih spesifik. Misalnya topik mengenai search engine, dimana kita bisa memecahnya menjadi sub topik seperti: Google, Yahoo, MSN, dan lain-lain.
Semua target pasar bisa kamu bagi menjadi target-target yang lebih kecil, dimana pada setiap areal dikuasai oleh provider yang lebih spesifik. Tidak ada salahnya jika kamu hanya memilih satu topik yang memang benar-benar kamu kuasai. Contohnya: Mobil - kamu bisa memilih BMW, memasak - kamu bisa memilih masakan sunda, Pakaian - kamu bisa memilih sepatu.
Kebanyakan topik bisa kita pecah menjadi topik-topik yang lebih kecil dan spesifik, misalnya Mobil menjadi Toyota terus menjadi Kijang. Jika memang semua topik yang kamu ketahui sudah digunakan oleh blogger lain, pilih dan pecah topik tersebut menjadi topik yang lebih sempit dan spesifik dan buatlah blog yang terbaik mengenai topik tersebut.
Dan sebagai hasilnya adalah kamu bisa mengkomersilkan blog dengan lebih mudah karena blog mempunyai informasi dan tipe pembaca yang sangat spesifik. Ada ratusan blog lain yang bisa memberikan ide, kamu hanya perlu mencarinya. Ada unsur keberuntungan yang terlibat, kamu tidak akan pernah tahu sebelum kamu memulainya. Sebagai contoh carilah blog yang telah sukses dengan pembaca yang sangat kecil, dan tirulah.
Content + Marketing = Traffic
Isi + pemasaran = traffik. Setelah kamu menemukan topik yang tepat langkah selanjutnya adalah membangun element pondasi dari sebuah blog yang suksess, yaitu membangun isi dan memasarkan isi. Aku akan mengajari kamu dua prinsip utama yang perlu kamu ketahui untuk sukses dalam blogging, yaitu Pillar (Pillar article) dan jalur komunikasi (communication channel).
Artikel pillar adalah pondasi dari sebuah blog yang baik. Artikel pilar inilah yang menyebabkan mengapa orang memilih blog mu dan menempatkannya ditempat yang pertama. Isinya berupa sesuatu yang berharga yang kamu tawarkan kepada publik.
Jalur komunikasi yaitu jalan agar orang bisa menemukan artikel pillar. Pemasaran intinya adalah komunikasi dan aku menemukan bahwa pemasaran adalah membangun jalur komunikasi, jalan yang membawa orang ke blog, ini adalah cara sederhana untuk mengkonsepkan ide ini.
Jika orang tidak tahu bahwa blog mu ada, betapapun bagusnya tulisanmu, kamu tidak akan bisa membangun komunitas atau pembaca. Kamu harus mempunyai keduanya pillar dan jalur komunikasi untuk mencapai sukses.
Aku yakin inilah alasan utama mengapa blog tidak pernah bisa membangun traffik yang signifikan dan juga keuntungan yang signifikan, ini karena kebanyakan blogger kurang mengerti mengenai pemasaran.
Jika kamu hanya mengikuti anjuran "buat tulisan yang bagus", kamu tidak akan sukses. Kamu juga perlu belajar bagaimana cara menjadi seorang penjual. Sekarang mari kita lihat bagaimana kita bisa mengimplementasikan kedua konsep tersebut untuk membangun sebuah blog yang sukses. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas apa dan bagaimana cara membuat Pillar Article.